Para Tentaranya Menderita Gizi Buruk, Militer Korea Utara Perintahkan Anggotanya Bawakan 300 Kilogram Makanan, Imbalannya Menggiurkan

Jumat, 04 Juni 2021 | 20:50
KCNA

Ilustrasi tentara Korea Utara

Intisari-Online.com - Pada awal Mei lalu, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un mengatakan bahwa tentaranya dalam kondisi gizi yang berbahaya.

Dia pun memerintahkan unit militer untuk memastikan asupan gizi prajuritnya.

Diperintahkan agar tentara diberikan setidaknya satu makanan berbahan dasar kacang dalam sehari, misalnya bubur kedelai atau susu kedelai.

Bahkan, ancaman diarahkan kepada para pejabat militer yang gagal memberi makan kacang kepada tentara. Mereka akan dihukum tanpa ampun.

Baca Juga: Hidupnya Bahagia saat Berstatus Pacar Kim Jong Un, Mantan Kekasih Sang Pemimpin Korea Utara Ini Alami Hal Tragis setelah Putus

Atas kondisi tersebut, muncul dugaan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada kondisi militer di Korea Utara.

Dengan kondisi kesehatan para tentara Korea Utara, dikhawatirkan akan menyebabkan desersi dan penyimpangan lain dalam kedisiplinan militer.

Salah satu upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, seperti yang dilaporkan Daily NK, otoritas Korut memerintahkan pendirian rumah sakit pemulihan untuk merawat tentara yang menderita gizi buruk.

Sementara itu, terkait upaya pengadaan makanan untuk para tentara, Korps Sembilan Korea Utara perintahkan anggotanya membawa makanan sebanyak 300 kilogram dengan imbalan yang menggiurkan.

Baca Juga: Berawal dari Mimpi Hamil Anak Kedua, Wanita ini Mendadak Mendapat Rejeki Nomplok, Berikut 4 Arti Mimpi Hamil Lagi Menurut Primbon Jawa...

Menurut laporan Daily NK pada (4/6/2021), Korps Sembilan Korea Utara akan memberikan 'imbalan' berupa izin cuti untuk anggota militernya yang bisa membawa persediaan makanan untuk unit mereka.

Makanan itu bisa berupa biji, gandum, atau beras yang dibutuhkan oleh unit.

Militer menyebut hak istimewa itu sebagai 'cuti gandum'.

Sementara sumber di Provinsi Hamgyong Utara mengatakan kepada media Korea Utara ini bahwa tentara yang punya kekuatan finansial diberikan cuti.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bakal Dipinang Rizky Billar, Rizki DA Akui Bersedia Lakukan Hal Ini Bersama Lesty Kejora Seperti saat Masih Memadu Kasih: Kenapa Enggak?

Kebijakan seperti itu sebenarnya telah diterapkan militer Korea Utara sejak lama.

Tentara akan diizinkan cuti selama 10 hingga 20 hari untuk mencari makanan bagi unit mereka.

Prajurit Korps Sembilan yang baru saja cuti diharapkan bisa menyelesaikan 'misi' tersebut sebelum kembali ke pangkalan militer.

Namun, hak istimewa itu bisa saja menjadi seperti 'hukuman' jika mereka kesulitan mendapatkan makanan yang menjadi syarat.

Baca Juga: Campur Aduk, Pria Ini Nikahi Saudara Calon Istrinya yang Meninggal di Hari Pernikahan di Samping sang Jenazah, Sang Ibu Histeris

Otoritas militer menekankan bahwa para prajurit yang mendapatkan cuti tersebut harus kembali ke unit mereka 10 hingga 14 hari sebelum pelatihan militer musim panas pada 1 Juli dimulai.

Oleh karena itu, para tentara dipaksa mengumpulkan makanan dan membawanya kembali ke pangkalan militer dalam waktu singkat.

Bahkan, dikhawatirkan beban untuk mencari bahan makanan akan dialihkan para tentara kepada masyarakat di sekitar mereka.

Muncul juga spekulasi bahwa tentara nekat mencuri jika mereka tidak berhasil menjalankan misi tersebut.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Nadya Mustika Sempat Diisukan Hamil Duluan, Rizki DA Ternyata Sudah Jatuhkan Talak | Bilqis Putri Ayu Ting Ting Semakin Berbakat, Ayah Kandungnya Dijamin Nyesel Seumur Hidup

Departemen logistik Korps Sembilan mulai memilih tentara yang relatif mampu secara ekonomi.

Staf umum unit langsung mengeluarkan surat perintah perjalanan kepada para personel yang terpilih.

Agar tidak tertangkap inspeksi, prajurit yang diberikan 'cuti gandum' akan dibekali izin untuk melakukan tugas tertentu.

Sebelumnya, mereka menyebut kebijakan itu sebagai 'cuti kacang' namun kali ini mereka menyebutnya 'cuti gandum'.

Baca Juga: Santer Dikabarkan Bakal Tinggalkan Status Janda dengan Seorang Pengusaha Kaya Raya, Nikita Mirzani Bakal Pensiun dari Dunia Hiburan: Iya Gua Mau Pensiun

(*)

Editor : Khaerunisa

Baca Lainnya