Inilah Penjelajah Viking Terhebat dari Leif Erickson Hingga Gudrid Thorbjarnardottir

Selasa, 18 Mei 2021 | 17:00
Metro

Tamu-tamu dalam perjamuan pernikahan ala Viking

Suar.ID – Pejuang yang menakutkan, pedagang sukses, pelancong pemberani, tidak banyak yang tidak bisa dilakukan oleh Viking.

Dilengkapi dengan teknik pelayaran yang canggih, mereka meledak keluar dari Skandinavia selama abad ke-8 M dan berhasil menyebar ke seluruh dunia.

Selama tiga abad berikutnya, dari Amerika hingga Timur Jauh, orang-orang petualang ini meninggalkan jejak mereka di dunia sekitar mereka.

Berikut ini beberapa penjelajah Viking terhebat yang pernah hidup.

Baca Juga: Wanita Viking Miliki Pengaruh Besar pada Perampokan, Perdagangan, dan Pemukiman, Bahkan Dikenang dan Dihormati Sebagaimana Mestinya

1. Naddodd

Pada awal 800-an, Viking Norse mulai menetap di Kepulauan Faroe.

Berasal dari Norwegia, seorang pria bernama Naddodd berharap bisa pergi ke pulau-pulau itu tetapi selama perjalanannya, kapalnya tertiup angin.

Tersesat di laut, dia akhirnya terbawa arus ke pantai timur Islandia, menjadi orang pertama yang menemukannya, meskipun secara tidak sengaja.

Baca Juga: Rahasia Negara Ikut Terkuak, Keluarga Ini Temukan Fakta Rumah Mereka Berdiri di Atas Kuburan Kuno saat Renovasi

Setelah mendaki gunung dan gagal menemukan tanda-tanda aktivitas manusia, dia kembali ke perahunya karena salju mulai turun.

Dia memutuskan untuk menamai tanah yang baru ditemukan 'Snowland'. Seorang Swedia bernama Garðar Svavarsson terlempar keluar jalur dalam perjalanannya ke Hebrides dan menjadi Viking berikutnya yang tiba di pantai Islandia.

Dia adalah orang pertama yang mengelilingi Islandia, membuktikan fakta bahwa Islandia adalah sebuah pulau.

Sekali lagi, dia tidak bertahan lama tetapi merasa cukup terdorong sehingga tanah baru itu harus dinamai 'Garðarshólmi', sesuai namanya sendiri.

Setelah kembali ke Norwegia, Naddodd menyebarkan berita tentang penemuannya dan menginspirasi sesama orang Norwegia, Flóki Vilgerðarson, untuk menjadi orang Norseman pertama yang dengan sengaja berlayar ke Islandia yang baru ditemukan.

Flóki menghabiskan satu musim dingin di sana bersama keluarganya dan kisah-kisah itu mengatakan dialah yang memberi Islandia nama saat ini setelah mendaki gunung dan melihat fyord yang penuh dengan gunung es.

Pada awal 870-an, Ingólfr Arnarson menjadi pemukim Norse pertama di Islandia bersama istri dan saudara laki-lakinya.

Menurut tradisi, mereka mendirikan Reykjavík pada 874 M. Tidak lama kemudian pemukiman tersebut telah berkembang menjadi sekitar 20.000 orang.

2. Erik si Merah

Salah satu putra Islandia yang paling terkenal adalah seorang pejuang agresif yang legendaris bernama Erik the Red.

Baca Juga: Video Penumpang Terpontang-panting dalam Kapal Pesiar Mewah yang Gagal Mesin di Tengah Ombak Besar

Meski awalnya dari Norwegia, ayah Erik mencopot keluarga di awal kehidupan Erik dan bermigrasi ke Islandia.

Alasannya? Ayahnya dinyatakan bersalah atas beberapa pembunuhan.

Kekerasan jelas ada dalam darah Erik dan sebagai seorang pemuda, dia juga menemukan dirinya dalam pengasingan sementara dari Islandia setelah beberapa pembunuhan.

Namun, Erik juga diberkati dengan jiwa petualang dan menggunakan waktunya di sumur pengasingan, menemukan Greenland sekitar 982 Masehi.

Meskipun seorang Norwegia bernama Gunnbjörn Ulfsson sering dikreditkan sebagai orang pertama yang melihat Greenland, Erik the Red diakui sebagai pendiri pemukiman pertamanya, setelah membujuk sekitar 500 orang Islandia untuk menemaninya mendirikan koloni di sana.

Penamaannya atas tanah yang baru ditemukan sebagai 'Greenland' adalah upaya untuk membuat pulau itu terdengar lebih menarik.

Pada akhirnya, koloninya bertahan hingga pertengahan abad ke-15.

3. Leif Erikson

Meskipun Viking menggunakan teknik navigasi tingkat lanjut saat berada di laut, termasuk kompas matahari, mereka masih bergantung pada angin.

Baca Juga: Ritual Pernikahan Unik Bangsa Viking, Harus Ada Saksi Saat Pasangan Menghabiskan Malam Pertama Mereka

Seorang Norseman Islandia bernama Bjarni Herjólfsson mendapati dirinya tertipu dalam perjalanannya dari Islandia ke Greenland dan dalam prosesnya akhirnya menjadi orang Eropa pertama yang diketahui melihat Amerika Utara pada 986 Masehi.

Setelah akhirnya mencapai Greenland, dia berbicara tentang penemuannya atas tanah di barat.

Sekitar enam belas tahun kemudian, Leif Erikson, putra Erik si Merah, berharap untuk menelusuri kembali jejak Herjólfsson dan menjadi orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di tanah misterius hutan dan pegunungan yang telah begitu banyak didengarnya.

Membeli kapal yang sama dengan yang digunakan Herjólfsson ketika dia melihat Amerika Utara, Leif mengumpulkan kru dan berlayar.

Sejarawan percaya bahwa Leif mendarat di Pulau Baffin dan Labrador sebelum akhirnya membuat kemah di Newfoundland, menginjakkan kaki di tanah Amerika Utara sekitar 500 tahun sebelum Christopher Columbus.

Bangsa Viking menyebutnya 'Vinland', karena anggur liar yang tumbuh di sana.

Setelah musim dingin di Vinland menjelajahi daerah sekitarnya, Leif kembali ke Greenland untuk menceritakan penemuannya yang menakjubkan.

4. Gudrid Thorbjarnardottir

Dengan standar apa pun, Gudrid Thorbjarnardottir adalah orang yang sering bepergian, yang tercermin dalam julukannya 'penjelajah jauh'.

Baca Juga: Sadis, Ritual Pemakaman Raja Viking Melibatkan Pelayan Wanita yang Sengaja Dibunuh untuk Menemaninya ke Alam Baka

Lahir di Islandia pada akhir 900-an M, kisah hidupnya didokumentasikan dalam dua saga Old Norse, 'The Saga of Erik the Red' dan 'The Saga of the Greenlanders '.

Kisahnya dimulai dalam perjalanan dengan ayahnya dari Islandia ke Greenland untuk bergabung dengan koloni baru Erik si Merah yang telah didirikan di sana.

Kisah-kisah itu berbeda dalam catatan mereka tentang apa yang akan terjadi selanjutnya tetapi intinya melihatnya tiba dengan selamat di Greenland.

Dia akan menghabiskan beberapa musim dingin berikutnya hidup dalam kondisi yang keras karena kelaparan dan penyakit melanda koloni yang masih muda itu.

Dia dikatakan menikahi Thorstein, putra Erik si Merah dan adik dari Leif Erikson.

Pernikahan mereka berumur pendek karena Thorstein meninggal karena sakit tidak lama setelah mereka menikah.

Pernikahan berikutnya adalah dengan seorang pedagang Islandia bernama Thorfinn Karlsefni.

Dia membujuk Thorfinn untuk berlayar bersamanya ke Vinland.

Baca Juga: Apakah Merupakan Salah Satu Harta Karun Paling Luar Biasa Sepanjang Masa? Inilah Lima Barang Sebagai Kunci Penemuan Peninggalan Abad Pertengahan

Bersama dengan sekitar enam puluh pria, lima wanita dan berbagai ternak, pasangan itu memimpin upaya untuk menyelesaikan tanah yang baru ditemukan.

Sementara di Vinland, Gudrid melahirkan seorang putra bernama Snorri yang menjadi orang Eropa pertama yang lahir di Amerika Utara.

Diyakini Gudrid tinggal di Vinland selama tiga tahun sebelum kembali ke Islandia dan di tahun-tahun berikutnya dia bahkan pergi ke Roma; penjelajah pemberani sampai akhir.

Baca Juga: Ahli Geologi Kaget saat Pergi ke Hutan Belantara, Mereka Menemukan Sebuah Keluarga yang Masih Hidup dari Abad Pertengahan!

Editor : K. Tatik Wardayati

Baca Lainnya