Suar.ID - Tampaknya menjadi kurir bukanlah hal yang mudah di Indonesia.
Pasalnya masih banyak pembeli yang kurang paham dengan aturan belanja dengan sistem Cash on Delivery (COD).
Dalam konteks belanja online via marketplsce, COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli.
Pembeli yang melakukan COD tidak boleh membuka kemasan apabila tidak jadi memesan.
Bila kemasan atau paket dibuka, maka pembeli tidak boleh mengembalikannya.
Memang sistem COD masih rumit karena banyak penjual yang terdampak oleh tangan iseng pembeli.
Misalnya saja dengan adanya pembelian fiktif.
Namun yang paling terdampak adalah kurir.
Mengutip dari Instagram @lambe_turah (16/5/2021), aksi seorang emak-emak yang mengamuk kepada kurir baru-baru ini viral di media sosial.
Hal itu ia lakukan karena merasa tidak puas dan merasa tertipu dengan barang yang ia beli.
Emak-emak itu sudah diingatkan kurir bahwa jangan membuka paket, namun dia tetap ngotot membukanya.
Menurut emak-emak tersebut, isi paketnya tidak sesuai dengan yang dia pesan.
Alih-alih mengajukan keberatan ke penjual, emak-emak tersebut malah menjadikan kurir COD sebagai sasaran amarahnya.
Kurir telah menjelaskan bahwa protes seharusnya diajukan ke penjual karena kurir hanya bertugas mengirimkan barang.
Namun emak-emak tersebut terlihat masih tidak paham dan terus memaki sang kurir dengan kata-kata kasar.
Banyak netizen yang menyayangkan sikap emak-emak tersebut.
"Kok kesel ya denger si ibu," tulis akun @indahherbalcosmetik."Autooo mintak maaff pakek nangis, plis mas kurir jangan mau damaiii," tulis akun @intanafitri22."Anak ama ibu sama-sama yee kelakuannya, udah ditunggu materai 10 rebu, aman permintaan maafnya..," tulis akun @iqbal.afandy89."Si cewe ngvideo, niatnya nyari pembelaan ehh mlah dia yang bakalan kena ciduk," tulis akun @fitrasaputra_16.
"Abangnya yang dimaki-maki, gw yang sakit hati. Astaghfirullah..," tulis akun @ronigunnawann_12.