Find Us On Social Media :

Hari Kemenangan di Depan Mata, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Beserta Bacaan Niatnya

Niat bayar zakat fitrah

Gridhot.ID - Bulan ramadan ini, tiap umat muslim diwajibkan untuk segera melaksanakan zakat fitrah.

Dikutip Gridhot dari Wikipedia, Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Kewajiban zakat ini disebutkan dalam hadist Ibnu Umar ra:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha' kurma atau satu sha' gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat." (HR Bukhari Muslim).

Waktu melaksanakan zakat fitrah adalah di Bulan Ramadan, namun lebih utama sebelum sholat Idul Fitri atau pada hari teraihir bulan Ramadan.

Zakat Fitrah bertujuan untuk mensucikan harta yang dimiliki seseorang dari segala kotoran yang selama ini terkumpul saat bermuamalah dengan sesama manusia.

Selain itu, zakat fitrah juga dapat membersihkan (Fitrah) diri dan jiwa.

 Baca Juga: Perseteruan Bobby Nasution vs Gubernur Sumut Makin Panas, Edy Rahmayadi Balas Sindiran Menantu Jokowi: Kerjaan Bukan Sendiri-sendiri, Ini Tim!

Lantas bagaimana tata cara bayarnya? Simak penjelasan berikut.

Tata cara bayar zakat fitrah pakai beras

Dikutip Gridhot dari Surya, Ustadz Abdul Somad menerangkan jumlah berasa yang seharusnya dibayarkan untuk zakat fitrah.

"3 kilo. Saya bayar 3 kilo karena saya memilih pendapat 1 sha 4 mud, 1 mud sama dengan 7,5 ons. Sementara 7,5 ons 3 kali pas 3 kilo.