Kini Lepas Duda Nikahi Gadis yang Masih 19 Tahun, Ustaz Kondang Ini Angkat Bicara Fakta Perceraiannya dengan Sang Mantan Istri: Permsalahan Terjadi sebelum Menjadi Pendakwah Populer

Minggu, 02 Mei 2021 | 06:09
Instagram @ustadzabdulsomad_official/@mizyanhadziq

Nikahi Gadis 19 Tahun, Ustaz Abdul Somad ungkap fakta perceraiannya dengan sang Mantan Istri.

Suar.ID -Kini Lepas Duda Nikahi Gadis yang Masih 19 Tahun, UstazAbdul SomadAngkat Bicara Fakta Perceraiannya dengan Sang Mantan Istri.

Ustaz Abdul Somadkini telah resmi menikah dengan Fatimah Az Zahra yang masih berusia 19 tahun pada 28 April 2021.

Kabar bahagia ini mematahkan kabar sebelumnya yang menyebut rencana pernikahan itu akan dilangsungkan setelah Lebaran pada Mei nanti.

Hal itu terlihat dari unggahan di Instagram resmi Ustaz Abdul Somad.

Baca Juga: Disaat Pernikahannya dengan Gadis Cantik Berusia 19 Tahun ini Masih Seumur Jagung, Kini Terungkap Kalau Ustaz Abdul Somad ini Sudah 3 Kali Menikah, Siapa Sajakah Mereka?

Dalam unggahan itu, terlihat Ustaz Abdul Somad menggandeng sang istri, Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

"When the Prophet congratulated a man on his marriage, he said: May Allah bless for you, and may He bless on you, and combine both of you in good (works)," tulis Ustaz Abdul Somad melalui unggahan itu.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad dikabarkan akan menikah setelah Lebaran pada Mei 2021 nanti.

Tapi tak mau menunggu lama, Ustaz Abdul Somad akhirnya menikahi Fatimah Az Zahra pada 16 Ramadan 1442 Hijriah yang sekaligus bertepatan dengan 28 April 2021 pada pukul 16.30 WIB.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar ke Publik, Demi Nikahi Gadis 19 Tahun, Segini Jumlah Mahar yang Diberikan Ustaz Abdul Somad ke Fatimah Az Zahra

Sebelum menikahi Fatimah Az Zahra, Ustaz Abdul Somad sempat nikah dengan seorang wanita bernama Mellya Juniarti.

Namun, Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti resmi bercerai pada Selasa (3/12/2019).

Beberapa waktu lalu, Pihak Ustaz Abdul Somad memberikan klarifikasinnya terkait kabar berakhirnya rumah tangganya dengan sang mantan istri, Mellya Juniarti.

Kala itu, kabar perceraian UAS dengan Mellya Juniarti ini mendadak menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Instagram @mizyanhadziq

Foto pernikahan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Mellya Juniarti

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Lepas Duda Nikahi Gadis yang Masih 19 Tahun, Ternyata Sang Mantan Istri Masih Sempat tak Terima Alasan Ditalak Cerai Sang Pendakwah hingga Pajang Foto Cium Tangan UAS: Semua akan Dimintai Pertanggungjawaban

Tidak mengherankan, dikenal sebagai ulama kondang, banyak yang terkejut mendapat kabar Uztaz Abdul Somad bercerai.

Menghindari kabar liar terkait perceraiannya, Ustaz Abdul Somad melalui Kuasa hukumnya, H Hasan Basri SAg SH MH, memberikan klarifikasi.

Kuasa hukum menjelaskan klarifikasi ini diberikan terkait berita perceraian antara UAS dan Mellya Juniarti.

instagram mizyanhadziq

Ustaz Abdul Somad, Mellya Juniarti dan anak semata wayangnya

Baca Juga: Usia Istri Baru Masih 19 Tahun, Terbongkar Ternyata Ini Alasan Ustaz Abdul Somad Mantap Kawin Dengan Fatimah Az Zahra, Sosok Tak Sembarangan Ini Bongkar Semua Motif Sang Pendakwah

Berikut isi lengkap klarifikasi dari Ustaz Abdul Somad yang diunggah lewat channel Hendri Official:

1. Bahwa Ustaz Abdul Somad dan Bu Mellya Juniarti menikah pada tgl 20 Oktober 2012 dan dikaruniai anak laki-laki bernama Mizyan Hadziq Abdillah bin Abdul Somad Batubara

2. Bahwa permasalahan rumah tangga Ustaz Abdul Somad sudah lama terjadi, hampir empat tahun yang lalu, jauh sebelum UAS sebagai pendakwah yang populer dan viral di media sosial.

Berbagai usaha telah dilakukan oleh UAS untuk mempertahankan rumahtangganya terutama sebagai kepala rumah tangga dalam mendidik Mellya Juniarti.

Namun, tetap tidak berhasil dan tidak berubah.

UAS telah melakukan tahapan tahapan sesuai ajaran syariat Islam: nasehat, pisah ranjang, musyawarah dan konsultasi keluarga talak satu dan talak dua yang berakhir tahap berpisah tempat tinggal pada bulan Mei 2016 sampai saat sekarang ini.

3. Bahwa oleh karena tidak ingin berlarut-larut yang tentunya akan menimbulkan fitnah dan mudharat yang lebih besar di kemudian hari.

Hal ini sesuai dengan kaidah fikih yang berbunyi dar'ul mafasid aula min jalbi al-mashalih, mengantisipasi dampak negatif harus diprioritaskan daripada mengejar kemaslahatan yang belum jelas.

Apabila berlawanan antara satu maksadat dengan maslahat, maka yang didahulukan adalah mencegah maksadatnya, As-Suyuti, Al-Asybah Wa An-Nazhair

4. Bahwa UAS walaupun sudah berpisah lebih kurang sejak empat tahun yang lalu, namun tetap bertanggung jawab memberikan nafkah bulanan dan fasilitas untuk Bu Mellya Juniarti terkhusus ananda yang tercinta Mizyan Hadziq Abdillah.

UAS selalu menyediakan waktu secara khusus dalam kesibukan dakwahnya untuk tahap tetap bersama menemani bermain, jalan-jalan dan lain, layaknya orangtua yang selalu menyayangi dan mendidik anaknya.

5. Bahwa UAS sebagai warga negara yang baik maka pada tanggal 12 Juli 2019 mengajukan secara resmi permohonan cerai talak ke pengadilan agama Bangkinang dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn dan telah diputus oleh majelis hakim pada proses persidangan ke-11 pada hari Selasa, tanggal 3 Desember 2019 dengan diktum putusan memberi izin kepada pemohon Abdul Somad Batubara bin Bachtiar untuk menjatuhkan talak 1 raj’i terhadap termohon Mellya Juniarti binti Asman di depan sidang Pengadilan Agama Bangkinang

6. Bahwa di saat ketidakharmonisan rumah tangga terus terjadi dan tanpa solusi, perceraian bukan langkah mundur.

Mungkin bisa terjadi pada siapapun dan manusiawi.

Ustaz Abdul Somad sangat menyadari bahwa Allah SWT berkuasa atas semua takdir manusia dan Allah SWT akan menguji hambanya sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

7. Bahwa setiap orang akan membaca dan berpikir dengan cara berbeda.

Kebaikan tidak selalu dihargai, keburukan tidak selalu dinistai.

"Aku tidak perlu menjelaskan tentang diriku karena musuhku tidak percaya dan sahabat-sahabatku tidak memerlukan itu", ungkapan Sayyidina Ali Karamallahu Wajhah.

8. Bahwa hidup bukanlah siapa yang terbaik tetapi seberapa banyak kebaikan yang bisa kita lakukan apapun cobaan yang menimpa harus kita hadapi dengan sikap positif.

Semoga dapat dimaklumi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Instagram, Tribun Pekanbaru, Youtube

Baca Lainnya