Jarang yang Tahu, Ternyata Rambut dan Kuku yang Sehat Membutuhkan Cara Ini

Kamis, 13 Mei 2021 | 05:03
Pixabay

Ilustrasi rambut dan kuku.

Suar.ID - Rambut dan kuku kita bukanlah sekadar "jaringan mati" seperti yang mungkin ingin dipercayai oleh beberapa orang.

Kuku dan rambut mencerminkan kesehatan kita secara keseluruhan, itulah sebabnya perawatan kuku dan rambut yang tepat sangat penting.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan kuku Anda dari Dr Deepa Krishnamurthy, Konsultan, Dermatologi dan Tata Rias, Rumah Sakit Columbia Asia Sarjapur Road, Bangalore.

Baca Juga: Nenek Nathalie Holscher Geram Beberkan Kondisi Cucunya, Putri Delina Mendadak Sebut Kebenaran yang Terungkap, Ada Apa?RambutJika Anda harus berurusan dengan rambut berantakan atau tebal, jangan khawatir.

Beberapa tip sederhana akan membantu Anda mendapatkan rambut halus berkilau yang Anda butuhkan.

Rambut sehat membutuhkan komitmen.

Rambut terkena banyak faktor eksternal setiap hari yang menyebabkan kerusakannya.Kita semua memiliki hari-hari rambut yang bagus dan juga hari-hari rambut yang buruk.

Rambut yang bagus tidak hanya bergantung pada genetika, pola makan, air, cuaca, kotoran.

Baca Juga: Ingat Nama Rahmawati Kekeyi? Tiba-tiba Ada Sosok Penjual Mie Ayam Pinggir Jalan yang Mengajaknya Nikah!

Rutinitas perawatan rambut Anda juga memainkan peran penting dalam memelihara rambut yang bagus.

Nah, mari kita simak bagaimana cara menjaga kesehatan rambut kita.1. Pahami rambut Anda: Ketahui jenis rambut, tekstur, sampo, dan produk yang sesuai dengan rambut dan kulit kepala Anda.

Setiap jenis rambut dan kulit kepala berbeda, dan Anda perlu menyesuaikan produk Anda.2. Mencuci rambut: Seberapa sering Anda mencuci rambut?

Jika kulit kepala Anda berminyak, Anda mungkin perlu sering-sering mencucinya.

Beberapa mungkin harus mencucinya setiap hari.

Jika Anda memiliki rambut yang dirawat secara kimiawi, rambut Anda mungkin lebih kering, jadi Anda mungkin ingin lebih jarang keramas.

Seiring bertambahnya usia, kulit kepala Anda menghasilkan lebih sedikit minyak, jadi Anda mungkin tidak perlu keramas terlalu sering.

Tetapi jika Anda melihat serpihan di rambut Anda, Anda mungkin tidak cukup keramas.

Hal ini dapat menyebabkan ketombe dan penyakit kulit kepala lainnya.3. Shampo yang tepat: Memilih sampo yang tepat sangatlah penting.

Pilih produk yang tepat untuk jenis rambut Anda dan atasi masalah apa pun seperti ketombe.

Cobalah untuk menghindari sampo dengan bahan yang keras, seperti ammonium lauryl sulphate atau sodium lauryl sulphate.4. Penggunaan kondisioner yang tepat: Menggunakan kondisioner dapat secara signifikan memperbaiki tampilan rambut yang rusak atau lapuk dengan meningkatkan kilau, mengurangi listrik statis, meningkatkan kekuatan, dan menawarkan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

Gunakan kondisioner di ujung rambut.

Baca Juga: Mertua Aurel Hermansyah Ungkap Kerap jadi Tempat Keluh Kesah sang Sulung, Atta Halilintar Ungkap Rasa Setelah 2 Minggu Menikah: Ah Shiap Mantap!

5. Perawatan rambut: Keringkan rambut setelah dicuci.

Jika menggunakan pengering, pertahankan pengaturan panas rendah.

Potong ujungnya secara teratur untuk menghindari ujung bercabang6. Makan dengan pola makan yang benar: Diet protein tinggi dibutuhkan untuk rambut yang sehat.

Daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, telur, dll adalah sumber protein yang baik.

Hindari mode seperti diet ketat karena tindakan tersebut juga menyebabkan rambut rontok.KukuKuku mencerminkan kesehatan kita secara keseluruhan, itulah mengapa perawatan kuku yang tepat sangat penting.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda masukkan ke dalam rangkaian perawatan kuku Anda untuk mendapatkan hasil terbaik:1. Jaga kuku tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur.2. Potong kuku secara teratur untuk menjaga kesehatan kuku.

Bulatkan kuku sedikit di ujung dan sudut untuk kekuatan maksimal.3. Jangan menggigit kuku atau menghilangkan kutikula.

Ini dapat merusak kuku dan menyebabkan infeksi.

Jaga agar kuku dan kutikula tetap lembab.

Baca Juga: Sebut Muka Perawat Kayak Tong Sampah, Ratu Entok Disomasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia

4. Pangkas kuku kaki secara teratur.

Menjaga agar tetap pendek akan meminimalkan risiko trauma dan cedera. Kenakan sepatu yang pas. 5. Minimalkan manikur dan pedikur.

Merawat kuku tangan dan kaki dengan bahan kimia dan abrasi yang lebih sedikit.6. Suplemen makanan seperti biotin juga membantu kesehatan kuku.7. Tetap waspada dan konsultasikan dengan dokter jika Anda mengamati adanya perubahan warna, bentuk, pertumbuhan ke dalam, pendarahan, pembengkakan, nyeri pada kuku.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Timesnownews.com

Baca Lainnya