Ada 250 Virus Zoonosis di Dunia, Virus-virus Inilah yang Paling Mungkin Memicu Pandemi Berikutnya Menurut Para Ilmuwan

Senin, 12 April 2021 | 18:30

kelelawar buah Mesir (Rousettus aegyptiacus)

Suar.ID - Sebuah alat telah memberi peringkat terhadap virus berdasarkan potensi menularnya dari hewan ke manusia dan menyebabkan pandemi.

Virus corona baru SARS-CoV-2 adalah patogen terbaru yang "menyebar" dari hewan ke manusia.

Tetapi ratusan ribu virus lain yang bersembunyi di hewan dapat menimbulkan ancaman serupa.

Sekarang, alat online baru memberi peringkat virus berdasarkan potensinya untuk berpindah dari hewan ke manusia dan menyebabkan pandemi.

Baca Juga: Nasi Sudah Menjadi Bubur, Atta Halilintar Nekat Bongkar Kelakuan Istri yang Seperti Ini di Atas Ranjang, Aurel Hermansyah: Bohong!

Alat, yang disebut SpillOver, pada dasarnya membuat "daftar pantauan" dari virus hewan yang baru ditemukan yang menimbulkan ancaman terbesar bagi kesehatan manusia.

Para peneliti berharap alat ini dapat diakses terbuka dan digunakan oleh ilmuwan lain.

"SARS-CoV-2 hanyalah satu contoh dari ribuan virus di luar sana yang berpotensi menyebar dari hewan ke manusia," Zoe Grange, yang memimpin pengembangan SpillOver sebagai peneliti pascadoktoral dengan One Health Institute di University of California, Davis (UC Davis), mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami tidak hanya perlu mengidentifikasi, tetapi juga memprioritaskan, ancaman virus dengan risiko limpahan terbesar sebelum pandemi dahsyat lainnya terjadi."

Baca Juga: Bak Tabuh Genderang Perang, Hotma Sitompul Sebut Hotman Paris 'Banci Tampil' usai Bantu Kasus Desiree Tarigan Sang Pengacara Flamboyan Beri Balasan Menohok: Saya tidak Menganggap Dia Saingan Hotman

Risiko Virus

Sekitar 250 virus dikenal sebagai "zoonosis", yang berarti mereka telah menyebar dari hewan ke manusia.

Dilansir dari Live Science, diperkirakan lebih dari 500.000 virus memiliki potensi menular, tulis para peneliti dalam sebuah makalah tentang alat SpillOver, yang diterbitkan Senin (5 April) dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Tetapi kemungkinan setiap virus untuk berpindah dari hewan ke manusia tidak sama satu sama lain.

Baca Juga: Waduh! Suami Siti Badriah 'Ngamuk' kepada Boy William Gara-gara Pertanyaan Soal Urutan Pedangdut 'Suara Jelek': Apa Pantas Membandingkan Rekan Sesama Profesi!

Jadi para peneliti menciptakan skor "seperti kredit" untuk virus sebagai cara menilai dan membandingkan risikonya.

Untuk mendapatkan skor, alat tersebut mempertimbangkan 32 faktor risiko yang terkait dengan virus dan inangnya.

Misalnya seperti berapa banyak spesies hewan yang terinfeksi dan seberapa sering manusia berinteraksi dengan hewan liar di area tempat virus terdeteksi.

Kemudian, para peneliti menggunakan alat tersebut untuk memberi peringkat 887 virus satwa liar berdasarkan risikonya.

Baca Juga: Jadi Aib Seumur Hidup Putranya Kedapatan Tidur Bareng Gisel Yang Sudah Bersuami Hingga Videonya Tersebar Luas, Ternyata Ini Yang Dialami Ibu Michael Yuikonobu Hingga Saat Ini

Sebagian besar virus yang termasuk dalam peringkat baru ditemukan, tetapi beberapa sudah diketahui bersifat zoonosis.

12 virus teratas dalam daftar adalah patogen zoonosis, dengan virus Lassa menempati urutan pertama, SARS-CoV-2 kedua, dan virus Ebola ketiga.

Hewan inang utama virus Lassa adalah tikus dan inang utama virus Ebola diyakini kelelawar.

Hewan inang utama untuk SARS-CoV-2 tidak diketahui, tetapi virus telah ditemukan menginfeksi cerpelai, singa, dan harimau.

Baca Juga: Dulu Patuh jadi Ajudan Veronica Tan, kini Kehidupan Puput Nastiti Devi Berubah Drastis usai Dinikahi Ahok

Para penulis mengatakan mereka mengharapkan hasil ini - peringkat zoonosis yang diketahui di atas - dan menggunakannya untuk memvalidasi alat tersebut.

Tetapi mengingat ancamannya yang luas sekarang terhadap kesehatan manusia, mengapa SARS-CoV-2 tidak menempati urutan pertama?

Para peneliti mengatakan alat mereka memberi peringkat potensi untuk peristiwa penyebaran di masa depan.

Beberapa informasi penting tentang SARS-CoV-2 masih belum diketahui, misalnya jumlah spesies inang yang diinfeksinya.

Dan itu bisa menempati posisi teratas ketika para peneliti mempelajarinya lebih lanjut, kata para penulis.

Di antara virus yang belum zoonosis, virus peringkat teratas adalah coronavirus 229E (strain kelelawar), yang termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan SARS-CoV-2 dan menginfeksi kelelawar di Afrika, menurut informasi dari SpillOver.

Virus peringkat teratas lainnya adalah virus corona PREDICT CoV-35, yang juga termasuk dalam keluarga virus corona dan menginfeksi kelelawar di Afrika dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Kuliti Habis Air Mata Desiree Tarigan dan Kemarahan Hotma Sitompul, Pakar Mikro Ekpresi ini Pun Ungkap Kalau Keduanya Jago Sandiwara: Sudah Ada Perpecahan Tapi Tetap Manis, Hati-hati Aktor Keren Dua-duanya!

Para penulis mencatat bahwa SpillOver adalah platform crowdsourcing yang memungkinkan peneliti lain untuk menyumbangkan data tentang virus yang sudah termasuk dalam daftar atau menambahkan virus ke daftar, dan peringkat dapat berubah saat data baru ditambahkan.

"Alat ini dimaksudkan untuk memulai percakapan global yang akan memungkinkan kita untuk melampaui pemikiran kita tentang peringkat virus di masa lalu dan memungkinkan kolaborasi ilmiah waktu nyata untuk mengidentifikasi ancaman baru lebih awal," rekan penulis studi Jonna Mazet, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Hewan UC Davis, kata dalam pernyataan itu.

"SpillOver dapat membantu memajukan pemahaman kita tentang ancaman kesehatan virus dan memungkinkan kita bertindak untuk mengurangi risiko sebelum pandemi dapat menyebar."

(*)

Editor : Muflika Nur Fuaddah

Baca Lainnya