Terungkap Sosok Sebenarnya Wanita Muda yang Serang Mabes Polri hingga Latar Belakangnya, Punya Prestasi Cemerlang

Jumat, 02 April 2021 | 17:30
Youtube Kompas.TV

Pelaku penyerang Mabes Polri Jakarta Selatan

Suar.ID - Sosok Zakiah Aini (25) belakangan menjadi sorotan pasca penyerangan yang ia lakukan di kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021).

Dalam tayangan video Kompas TV, Zakiah yang mengenakan kerudung biru dan baju gamis hitam beraksi seorang diri dengan menodongkan pistol ke petugas kepolisian.

Setelah mengeluarkan beberapa tembakan, Zakiah akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas oleh polisi.

Baca Juga: Ditembak Mati oleh Petugas Kepolisian, Ternyata Ini Tujuan Terduga Teroris yang Melakukan Penyerangan ke Mabes Polri

Peluru yang menembus jantungnya membuat Zakiah tewas di tempat.

Lalu, siapa sebenarnya wanita muda yang menyerang Mabes Polri ini dan apa latar belakangnya?

Melansir dari Kompas.com, Zakiah Aini dikabarkan pernah berkuliah selama 4 semester di Universitas Gunadarma Depok, Jawa Barat.

Pihak kampus pun membenarkan bahwa wanita muda itu pernah berkuliah di universitas tersebut.

Namun, ia tak menyelesaikan studinya.

Baca Juga: Sakit Hati Masih Banyak Warga yang Nekat Mudik, Ibu Iik Mencurahkan Perasaannya tak bisa Membantu Ibunya yang sudah Sakit-sakitan kepada Najwa Shihab: Saya hanya Ingin Melihat Ibu Tersenyum, Penuh Bahagia

"Memang benar pernah kuliah di Gunadarma, hanya saja keaktifan yang bersangkutan hanya sampai semester empat," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma, Irwan Bastian, kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

"Jadi yang bersangkutan itu masuk tahun 2013. Kemudian semester lima dan seterusnya tidak aktif. Artinya, sesuai aturan yang berlaku di Gunadarma, yang bersangkutan tidak lagi menjadi mahasiswa Gunadarma," jelasnya.

Tidak diketahui persis alasan mengapa Zakiah tidak melanjutkan studinya.

Ditilik dari riwayat akademisnya, Zakiah mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang cukup baik selama hampir dua tahun masa studinya.

"Yang bersangkutan dari sisi akademis mempunyai prestasi akademis yang baik selama tiga semester. Kalau tidak salah (IPK Zakiah Aini) sekitar 3,2 atau 3,1," tambah Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Budi Prijanto.

Selain berprestasi, Zakiah juga dikenal warga merupakan sosok yang penyendiri.

Menurut kesaksian Ketua RT 003/010, Kasdi, Zakiah lebih senang berada di kamarnya ketimbang berbaur dengan keluarga ataupun warga sekitar.

"Saya sendiri enggak pernah melihat. Kata kakaknya, pelaku (Zakiah) keluar di teras itu paling beberapa menit saja. Setelah itu langsung balik tuh masuk ke dalam kamar," ujar Kasdi kepada Kompas.com, Kamis (1/4/2021) siang.

Baca Juga: Terduga Teroris Penyerangan Mabes Polri ini Sikap Kesehariannya Dibongkar Habis Oleh Eks Teman Sekampus, Sebut Supel, Baik dan Terbilang Pintar, Namun Perlahan Berubah Tertutup Bahkan Pada Keluarganya: Perasaan Dia Baik, Enggak yang Diem Banget

Kasdi mengatakan, anaknya sering main ke rumah Zakiah. Hanya saja, dia tidak berinteraksi dengan pelaku teror tersebut karena selalu mengurung diri di kamar.

"Dia betahnya di kamar. Anak saya sering main ke rumahnya, jarang ketemu. Anak saya mainnya sama keponakannya (Zakiah)," sambungnya.

Kasdi mengaku mendapat informasi dari keluarga Zakiah bahwa si putri bungsu kerap berganti nomor telepon seluler (ponsel).

Hal tersebut menjadi masalah saat keluarga mencoba menghubungi Zakiah yang tak kunjung pulang ke rumah di hari penembakan.

"Pas kejadian kemarin, keluarganya sempat cari Zakiah. Tapi nomor HP pelaku ini gonta ganti dan tiap kali ngelacak, nomor pelaku enggak pernah ketemu," terang Kasdi.

Zakiah, menurut sepengetahuan Kasdi, pamit meninggalkan rumah sekitar pukul 08.30 WIB. "Pelaku (Zakiah) pukul 08.30 WIB, dia pamit ke orangtuanya bilangnya mau keluar sebentar. Tetapi nyatanya sampai seharian itu," ucap Kasdi.

Karena tak kunjung pulang dan tanpa kabar, keluarga disebut sempat melapor ke kantor polisi sebelum akhirnya mendapat informasi terkait penembakan di Mabes Polri.

"Keluarga sempat lapor kepolisian karena anaknya tak kunjung pulang. Orang Polda (Metro Jaya) juga datang ke sini nanyain ke rumah saya. Saya kaget juga dari Polda, ada apa nih," sambungnya.

Baca Juga: Sambil Bergetar Suaranya, Ayah Kandung ZA Sang Lone Wolf Tak Mampu Bendung Kesedihan Tahu Putrinya Tewas di Mabes Polri: Kan Dia Anaknya Nurut

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya