Baru Pertama Kali Dilakukan di Indonesia, Begini Cerita di Balik Penemuan CVR Sriwijaya Air SJ 182 yang Hampir Mustahil Ditemukan, Terungkap Inilah yang Berperan Penting

Kamis, 01 April 2021 | 11:50
Tribun Jogja

Detik-detik penemukan CVR Black Box

Suar.ID - Cockpit voice recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ 182 akhirnya ditemukan pada Selasa (30/3/2021) malam.

CVR yang merupakan bagian penting dari black box yang merekam percakapan pilot dan co-pilot.

Karenanya, untuk mengetahui penyebab kecelakaan sebuah pesawat terbang, CVR sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Ini Detik-detik Ditemukannya CVR Kotak Hitam Lion Air JT 610: Pokoknya yang Warna Oranye Kami Angkat Saja

Pencarian CVR Sriwijaya Air SJ 182 yang dramatis pun terungkap.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soejanto Tjahjono menceritakan penemuan Cockpit Voice Recorder atau CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021.

CVR ditemukan pada Selasa (30/3/2021) malam, menyusul flight data recorder (FDR) yang sudah ditemukan beberapa waktu lalu.

Soerjanto mengatakan, awalnya pencarian CVR dilakukan secara manual, dengan menerjunkan sekitar 40 penyelam dari berbagai instansi pada area 90x90 meter.

Namun, kata Soerjanto, setelah dilakukan penyisiran pada area tersebut secara bergantian selama berhari-hari, tetap tidak ditemukan juga CVR SJ-182.

Baca Juga: Black Box CVR Lion Air JT 610 Ditemukan oleh Kopaska, Ini Kehebatan Pasukan Khusus TNI AL yang Sudah Mendunia

"Sekali menyelam itu hanya bisa 20 menit, dan tangan penyelam banyak yang luka-luka karena banyaknya serpihan, jadi kemampuan penyelam menjadi terbatas," ujar Soerjanto di Dermaga JITC, Jakarta, saat konferensi pers bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (31/2/2021).

Setelah melihat kondisi penyelaman yang luka-luka, Soerjanto akhirnya memutuskan pencarian CVR menggunakan kapal penyedot lumpur TSHD King Arthur 8, beberapa hari sebelum pencarian dihentikan.

"Baru lima hari menggunakan kapal penyedot lumpur di area 90x90 meter, akhirnya ditemukan CVR yang tertimbun lumpur sedalam satu meter dari dasar laut," ujarnya.

Ia menyebut, total kedalaman CVR ditemukan dari permukaan laut sedalam 17 meter.

"Sekitar 16 meter kedalaman dari permukaan laut, setelah digali menjadi 17 meter. Kalau menyelam tidak terlihat, karena tertutup lumpur, ini sebuah mujizat," tuturnya.

Baca Juga: Black Box CVR Lion Air JT 610 Ditemukan, Isinya Percakapan Pilot dan Sangat Penting untuk Proses Investigasi

Ia menyebut, pencarian CVR menggunakan kapal penyedot lumpur baru pertama kali dilakukan di Indonesia, karena sebelumnya dicari dengan teknik menyelam.

"Belum pernah dilakukan negara lain, ini baru pertama kali," paparnya.

Setelah ditemukan, CVR akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan proses pembacaan data selama tiga sampai tujuh hari.

Setelah itu, kata Soerjanto, pihaknya akan mencocokkan data dengan FDR untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam kokpit pesawat Sriwijaya.

"Tanpa CVR, memang dalam kasus Sriwijaya SJ-182 ini akan sangat sulit menentukan penyebab jatuhnya pesawat," papar .

Namun, Soerjanto tidak dapat mengatakan kapan hasil pembacaan data secara lengkap untuk diumumkan ke publik, terkait penyebab pasti jatuhnya Sriwijaya di Perairan Kepulauan Seribu.

"Kami belum bisa ngomong, tapi FDR sudah kami dapat dan CVR juga dalam keadaan bagus," ucapnya.

Baca Juga: Sudah Tenggelam 2 Bulan, Black Box CVR Lion Air JT-610 Akhirnya Ditemukan

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya