Wow! Pria Ini Pecahkan Rekor untuk Tahan Napas Selama 24 Menit Lebih di Bawah Air, Ini Videonya yang Mendebarkan

Selasa, 30 Maret 2021 | 20:00
Oddity Central

Budimir Buda Šobat

Suar.ID - Budimir Buda Šobat, pria 54 tahun asal Kroasia ini berhasil mencetak rekor dunia baru untuk waktu tahan napas terlama di bawah air.

Pria itu berhasil menghabiskan 24 menit dan 33 detik waktunya di bawah air tanpa keluar udara dari hidungnya.Prestasi luar biasa ini diadakan di sebuah kolam renang di kota Sisak.

Di sana ada dokter, wartawan dan tim pendukung untuk melihat penyelam berusia 54 tahun itu "mendorong tubuhnya" hingga batas maksimal.

Setelah menghabiskan beberapa menit melakukan hiperventilasi pada oksigen murni, untuk meningkatkan oksigenasi tubuh, Šobat menghabiskan hampir setengah jam telungkup di kolam, tanpa keluar untuk menghirup udara.

Kedengarannya seperti pencapaian yang mustahil untuk manusia biasa, tetapi bagi pria pemberani Kroasia itu adalah pencapaian puncak dari pelatihan dan pengkondisian selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Was-was Istrinya Ngamuk Gegara Dapat Hadiah dari Nikita Mirzani, Begini Reaksi Denny Cagur Dapat Kiriman Foto Nyai Pakai Bikini: Takut Bini Gue LihatBeberapa tahun yang lalu, Budimir menyerah pada hasratnya, binaraga, dan segera menjadi salah satu dari 10 penyelam statis terbaik dunia.

Dia berhasil memecahkan penghalang 24 menit tiga tahun lalu, tetapi akhir pekan ini dia memecahkan Rekor Guinness-nya sendiri (24:11), dengan menghabiskan waktu 24 menit dan 33 detik yang gila di bawah air.Rekor dunia untuk apnea statis - suatu disiplin yang mengharuskan saluran pernapasan dibenamkan, dengan tubuh di dalam air atau di permukaan - berada pada 11 menit dan 54 detik.

Itu ditetapkan pada 2014 oleh Branko Petrovic, di Dubai.

Baca Juga: Sudah 400 Warga Myanmar Gugur, Bukannya Mereda Junta Malah Makin Brutal,Militer Amerika Saja Sampai Bergidik Ngeri Lihat Kelakukan Kudeta Militer Myanmar, 'Itu Sangat Mengerikan!'

Namun, itulah versi tantangan tanpa bantuan, sedangkan Šobat melakukan variasi yang berbeda di mana penyelam diperbolehkan menghirup oksigen murni hingga 30 menit untuk meningkatkan oksigenasi tubuh.Meskipun oksigen murni jelas membuat perbedaan besar, sebagaimana dibuktikan dengan perbedaan waktu antara kedua rekaman tersebut, 24 menit setengah masih merupakan waktu yang sangat lama untuk menghabiskan waktu di bawah air tanpa menghirup udara.

Diperlukan persiapan dan pelatihan bertahun-tahun tubuh untuk memompa darah beroksigen dengan kecepatan yang sangat lambat ke seluruh tubuh, karena kita harus menahan oksigen untuk jangka waktu yang lama.

Bahkan dengan bantuan persiapan oksigen murni, apnea statis memiliki risiko serius bagi tubuh, terutama otak, yang kehilangan kadar oksigen normal.

Setelah sekitar 18 menit, Šobat mulai mengalami kontraksi yang tidak disengaja, kejang otot karena kekurangan oksigen, jadi dia berusaha untuk mempertahankan kesadaran.Budimir Buda Šobat selalu terinspirasi untuk mendorong batasan dari apa yang dianggap mungkin secara fisik oleh putrinya yang berusia 20 tahun, Saša, yang telah berjuang melawan cerebral palsy, autisme, dan epilepsi sejak masa kanak-kanak.

Baca Juga: Baru Terungkap, Ternyata Fadel Islami Bukan Orang Sembarangan, Pantas Muzdalifah Langsung Klepek-klepek

Usahanya juga memiliki aspek kemanusiaan, karena membantu menggalang dana untuk anak-anak Sisak, daerah yang terkena dampak gempa bumi dahsyat yang mengguncang Kroasia pada Desember 2020.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Oddity Central

Baca Lainnya