Find Us On Social Media :

Berhasil Bangun Kereta Api Supercepat Pertama di Dunia, Ternyata Biayanya Bikin Jepang Punya Utang Menggunung, Desainernya sampai Harus Menganggur

By Khaerunisa, Jumat, 26 Februari 2021 | 10:50 WIB

Hideo Shima - Kereta Api Supercepat pertama di dunia buatan Jepang

Intisari-Online.com - Kereta api supercepat pertama di dunia dibangun oleh Jepang, yang dikenal dengan nama kereta Shinkansen.

Berhasilnya Jepang membangun kereta Shinkasen membuatnya jadi pelopor era kereta api supercepat dunia.

Hal itu juga menjadi kebanggaan Jepang, menandai awal kebangkitan negara ini dari kebangkrutan pasca-Perang Dunia II sekaligus menjadi awal negara adidaya ekonomi.

Namun rupanya, pembangunan kereta api supercepat pertama di dunia ini memaksa Jepang menanggung utang menggunung.

Baca Juga: Pembuatannya Diiringi Kontroversi, Inilah Kereta Buatan Jepang yang Jadi Pelopor Era Kereta Api Supercepat di Dunia, Berapa Kecepatannya?

Bahkan, desainer bersama dengan presiden perkeretaapian nasional mengundurkan diri dari jabatannya sebelum peresmian kerata Shinkasen.

Hideo Shima, merupakan seorang desainer dan sosok penggerak di belakang pembangunan kereta api supercepat pertama Jepang, yang disebut juga kereta peluru.

Pada awal 1960-an, sebagai kepala teknisi Perkeretaapian Nasional Jepang yang saat itu dikelola negara, ia membantu mendorong rencana rel kereta api berkecepatan tinggi baru yang menghubungkan Tokyo dan Osaka dengan melalui kerumitan birokrasi dan keraguan.

Pelaksanaan proyek mahal itu banyak dipertanyakan dan menjadi kontroversi, meski pada akhirnya berubah menjadi kebanggaan.