Dianggap Pengkhianat Israel, Pria Ini 'Dibuat Perjaka' dalam Penjara dan Menderita karena Cinta

Jumat, 26 Februari 2021 | 11:30
Wikipedia

Vanunu pada tahun 2009

Suar.ID -Sebagai agen intelijen dan mata-mata Israel, Mossad dianggap paling terampil di dunia, dan bahkan setara dengan agen rahasia CIA (Amerika Serikat) maupun MI6 (Inggris).

Dalam menangkap musuhnya, agen Mossad akan menghalalkan segala cara.

Termasuk menggunakan agen wanita untuk memperdaya musuhnya agar bisa ditangkap dengan mudah.

Salah satu operasi agen wanita Mossad yang terkenal adalah saat penangkapan Mordechai Vanunu.

Baca Juga: Angkatan Udara Israel Termasuk yang Terkuat di Dunia, Ternyata bukan hanya karena Terampil, Namun karena Hal Ini

Mordechai Vanunu adalah mantan teknisi nuklir Israel yang kemudian mengungkapkan rincian program senjata nuklir Israel kepada pers Inggris pada tahun 1986 sebagai bentuk penentangan atas senjata pemusnah massal tersebut.

Melansir The Telegraph, setelah dibebaskan dari tahanan Israel, Vanunu kemudian mengungkapkan bahwa diamempertanyakan seorang agen Mossadwanita atas identitas aslinya sebelum jatuh cinta pada pesonanya dan menemaninya ke Roma, tempat dia diculik.

Dalam wawancara pertamanya sejak dibebaskan setelah menjalani hukuman penjara 18 tahun karena spionase dan pengkhianatan, Vanunu mengatakan dia memiliki kecurigaan tentang agen berambut pirang segera setelah dia bertemu dengannya.

Agen wanita itu dikenal sebagai "Cindy".

Baca Juga: Nggak Pakai Lama! Israel Sudah Berikan 75 Persen Vaksinasi Covid-19 kepada Warganya Dalam Waktu yang Singkat

Mereka bertemu dalam pertemuan yang diatur agar tampak kebetulan di Leicester Square.

Dia mengklaim bahwa dia mengonfrontasi agen itu, mengenai apakah dia bekerja untuk agen mata-mata Israel, tetapi Cindy berhasil mengalihkan perhatiannya dengan berpura-pura tidak tahu tentang Mossad.

Diketahui nama asli agen wanita itu adalah Cheryl Hanin dan sekarang tinggal di Amerika Serikat.

Vanunu dulunya bekerja sebagai teknisi di kompleks nuklir Dimona.

Dia memicu kehebohan internasional ketika memberikan rincian program senjata rahasia Israel kepada The Sunday Times pada tahun 1986.

Sebelum ceritanya diterbitkan, dia menghilang, setelah terbang dengan "Cindy" ke Italia.

Di sama, Vanunu diculik oleh Mossad dan diselundupkan ke Israel untuk diadili.

Baca Juga: Ya Ampun, Militer Israel Makin Gagah setelah Borong Senjata-senjata Canggih dari Amerika Serikat! Ini Daftarnya

Pejabat keamanan Israel memicu kemarahan publik ketika mereka menangkap Peter Hounam, jurnalis The Sunday Times yang memecahkan cerita aslinya, di Yerusalem.

Mereka menyita salinan wawancara, tetapi tim yang memproduksi film tersebut berhasil mengeluarkan rekaman duplikatnya ke luar negeri.

Dalam film tersebut, Vanunu mengatakan bahwa setelah dia tiba di London dia memperingatkan dirinya sendiri untuk "berhati-hati".

Tapi dalam tiga minggu dia bertemu "Cindy", yang menyamar sebagai turis Amerika, dan tergoda.

Dia berkata, "Itu adalah perangkap pot madu. Dia berdiri di suatu tempat untuk membeli rokok dan saya melihatnya dan berbicara dengannya. Saya bertanya apakah dia adalah mata-mata Mossad. Dia berkata, 'Tidak, tidak, tidak. Mossad?'"

Vanunumengatakan bahwa dia pergi bersamaCindy ke Roma karena dia pikir agen Mossad mencarinya di London.

"Pekerjaannya sederhana: membawaku ke tempat di mana mereka bisa menculikku. Dia tidak tertarik dengan apa yang aku katakan dan lakukan," jelas Vanunu.

Baca Juga: Teknologi Tentara Israel Makin Mengerikan dan Tak Terkalahkan, Kini Kembangkan Pelatihan melalui Pemahaman Neuroplastisitas

Kemudahan kecurigaannya tentang "Cindy" menegaskan ketakutan para eksekutif surat kabar pada saat itu bahwa Vanunu, seperti dikatakan, "putus asa untuk bercinta".

Ivan Fallon, wakil editor The Sunday Times, menulis di Independent: "Segera menjadi jelas bahwa secara seksual dia (Vanunu) masih perjaka pada usia 31 dan sangat ingin mengubah status itu ... Cahaya terang dari London Barat End dan Soho menahannya."

Pejabat keamanan Israel mengklaim bahwa Vanunu sering "membayangkan sesuatu", dan menggambarkannya sebagai "sakit hati dan dendam" sejak dibebaskan.

Wawancara dengan Vanunu dilakukan di Yerusalem oleh seorang Israel untuk melewati batasan yang diberlakukan setelah pembebasannya.

Dia mengatakan dia tidak menyesal membocorkan rincian kemampuan nuklir Israel, percaya dia menyelamatkan negara itu dari "bencana baru".

Editor : Adrie Saputra

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya