Catat Ini Bisa Mengancam Kita Sehari-hari, WHO Baru Saja Daftar 9 Virus Dan Penyakit Berbahaya Yang Mengancam Dunia, Ada 1 Yang Sangat Dekat Dengan Kita

Kamis, 25 Februari 2021 | 08:40
Freepict.com

Badana Kesehatan Dunia WHO mencatat ada sembilan virus dan penyakit mematikan yang harus kita waspadai karena keganasannya.

Suar.ID -Walau sekarang paling dekat dengan kita, Covid-19 bukanlah satu-satunya virus atau penyakit yang siap mengancam kita.

Badana Kesehatan Dunia WHO paling tidak telah mencatat, ada sembilan virus dan penyakit yang harus kita waspadai karena keganasannya.

Menurut laporan Mirror, tanpa penelitian yang memadai, daftar patogen tersebut bisa menjadi ancaman besar terhadap umat manusia.

Dari sembilan itu, Covid-19 menduduki daftar paling atas--dan yang paling dekat dengan kita sekarang.

"Di seluruh dunia, jumlah patogen potensial sangat besaar," tulis WHO dalam laporannya.

"Sementara sumber daya untuk penelitian dan pengembangan (R&D) terbatas."

Itulah kenapa WHO fokus ke sembilan patogen yang disebut paling mengancam ini.

Daftar tersebut memperlihatkan sembilan penyakit yang membuat para ilmuwan khawatir.

Dikatakan penyakit itu dapat 'menimbulkan risiko kesehatan masyarakat terbesar' karena 'potensi epidemi' dan terkait kurangnya, atau kebutuhan, tindakan pencegahan yang tepat.

Covid-19 saat ini berada di urutan teratas daftar mereka.

Namun delapan lainnya semuanya mematikan dan dapat menyebabkan ancaman lain bagi umat manusia kecuali ada tindakan diambil, para ilmuwan memperingatkan.

Lantas, apa saja delapan virus atau penyakit 'prioritas' lainnya? Berikut daftarnya.

1. Virus Nipah

Virus nipah mengakibatkan pembengkakan di otak, punya tingkat kematian hingga 75 persen--berpotensi jadi virus besar berikutnya.

Gejalanya:muntah, kejang, dan pembengkakan otak.

Virus ini disebut pertama kali melompat dari babi ke peternak di Malaysia pada 1999 lalu.

Beberapa orang juga bisa mengalami pneumonia dan masalah pernapasan yang parah, termasuk gangguan pernapasan akut.

Cara penularan virus Nipah yang terjadi di Malaysia dan Bangladesh.

Ensefalitis dan kejang terjadi pada kasus yang parah, berkembang menjadi koma dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Tingkat kematian Nipah berkisar antara 40 hingga 75 persen, jauh lebih tinggi daripada tingkat kematian akibat virus corona, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

2. Ebola

Virus Ebola juga tak kalah parah dan berakibat fatal.

Ia menyerang manusia setelah ditularkan dari hewan liar, seperti kelelawar buah, primata, dan landak.

Virus kemudian menyebar pada manusia melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi.

Ebola memiliki tingkat kematian rata-rata sekitar 50 persen.

Gejala bisa muncul tiba-tiba dan mungkin termasuk demam, kelelahan, otot, nyeri, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Gejala diikuti dengan muntah, diare, ruam, gejala gangguan fungsi ginjal dan hati, dan dalam beberapa kasus terjadi pendarahan internal dan eksternal.

Wabah Ebola baru baru-baru ini diumumkan di Guinea setelah tiga orang meninggal dan empat lainnya jatuh sakit.

Wabah itu merupakan kemunculan pertama penyakit di sana sejak wabah terburuk terjadi antara tahun 2013 dan 2016.

3. Zika

Virus Zika, terutama ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi, sempat memicu kekhawatiran epidemi pada 2019.

Sebagian besar Eropa utara diyakini terancam karena nyamuk Aedes berpindah dari Afrika.

Ada kekhawatiran khusus bagi wanita hamil karena penyakit ini ditularkan dari ibu ke janinnya, serta melalui hubungan seksual atau transfusi darah.

PIXABAY/WIKIIMAGES

Nyamuk Aedes aegypti penyebar virus Zika yang menyebabkan penyakit GBS (Guillain Barre Syndrome).

Belum ada vaksin yang tersedia untuk pencegahan atau pengobatan infeksi virus Zika.

Gejala umumnya ringan termasuk demam, ruam, konjungtivitis, nyeri otot dan sendi, malaise, dan sakit kepala.

Tetapi infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan mikrosefali - di mana kepala bayi kecil, dan kelainan bawaan lainnya pada janin yang sedang berkembang dan bayi baru lahir.

4. MERS and SARS

WHO menulis kedua penyakit ini bersama-sama dalam daftar.

Middle East respiratory syndrome atau MERS adalah virus yang ditularkan ke manusia dari unta yang terinfeksi.

Penyakit parah dapat menyebabkan gagal napas yang membutuhkan ventilator dan dukungan di unit perawatan intensif.

Virus ini tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih parah pada orang tua, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, dan orang dengan penyakit kronis.

Sekitar 35 persen pasien dengan MERS-CoV telah meninggal.

Sementara itu, severe acute respiratory syndrome atau SARS adalah penyakit pernapasan virus yang disebabkan oleh virus corona terkait SARS.

SARS pertama kali diidentifikasi pada akhir Februari 2003 saat wabah yang muncul di China dan menyebar ke empat negara lain.

SARS adalah virus yang menyebar melalui udara dan dapat menyebar melalui tetesan kecil air liur dengan cara yang mirip dengan Covid-19.

Gejala pertama penyakit ini umumnya demam yang berujung pada batuk kering. Dalam 10 hingga 20 persen kasus, penyakit pernapasan cukup parah sehingga memerlukan intubasi dan ventilasi mekanis.

Tingkat kematian sekitar tiga persen.

5. Demam berdarah Krimea-Kongo

Crimean-Congo haemorrhagic fever atau demam berdarah Krimea-Kongo adalah virus yang ditularkan oleh kutu dan juga dapat tertular melalui kontak dengan hewan yang disembelih.

Gejala timbul tiba-tiba, dengan demam, nyeri otot, pusing, sakit leher, sakit punggung, sakit kepala, sakit mata dan fotofobia (sensitif terhadap cahaya).

Pasien yang sakit parah mungkin mengalami kerusakan ginjal yang cepat, gagal hati mendadak, atau gagal paru setelah hari kelima sakit.

Demam memiliki rasio kematian kasus yang tinggi dari 10 hingga 40 persen.

6. Demam Lassa

Manusia biasanya terinfeksi virus Lassa melalui paparan makanan atau barang-barang rumah tangga yang terkontaminasi air seni atau kotoran tikus Mastomys yang terinfeksi.

Penyakit ini endemik pada populasi hewan pengerat di beberapa bagian Afrika Barat.

Infeksi dari orang ke orang dan penularan laboratorium juga dapat terjadi, terutama di tempat perawatan kesehatan jika tidak ada tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi yang memadai.

Tingkat fatalitas kasus secara keseluruhan adalah 1 persen. Sekitar 80 persen orang yang terinfeksi virus Lassa tidak memiliki gejala.

Satu dari lima infeksi mengakibatkan penyakit parah, di mana virus menyerang beberapa organ seperti hati, limpa dan ginjal.

7. Demam Rift Valley

Demam Rift Valley, pertama kali diidentifikasi di Kenya pada 1931, sebagian besar menyerang hewan tetapi juga dapat menginfeksi manusia. Rift Valley ditularkan oleh nyamuk dan lalat pemakan darah.

Pada manusia, penyakit ini berkisar dari penyakit mirip flu ringan hingga demam berdarah parah yang bisa mematikan.

Ketika ternak terinfeksi, penyakit ini dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan karena tingginya angka kematian pada hewan muda serta kegagalan kehamilan.

Meskipun beberapa infeksi manusia disebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi, sebagian besar infeksi pada manusia disebabkan oleh kontak dengan darah atau organ hewan yang terinfeksi.

Belum ada penularan dari manusia ke manusia yang didokumentasikan.

Pada tahun 2000, kasus penyakit pertama yang dilaporkan di luar benua Afrika berasal dari Arab Saudi dan Yaman.

8. Penyakit X

Penyakit X adalah nama placeholder yang diadopsi oleh Organisasi Kesehatan Dunia tiga tahun lalu, mewakili patogen hipotetis yang belum diketahui yang dapat menyebabkan epidemi di masa mendatang.

Mark Woolhouse, profesor epidemiologi penyakit menular di Universitas Edinburgh, mengatakan bahwa pada 2017, ia dan rekan-rekannya meminta WHO untuk menambahkan Penyakit X ke dalam daftar penyakit prioritasnya.

Virus baru yang potensial ini dapat disebabkan oleh penyakit "zoonosis" - yaitu ketika virus berpindah dari hewan ke manusia.

WHO mengatakan bahwa 'epidemi global yang serius' dapat disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui penyebab penyakit pada manusia. (Mirror/Tribun)

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : tribunnews, Mirror

Baca Lainnya