Ampun Bang Jago, Belum Lama jadi Presiden AS, Joe Biden Langsung Semprot Xi Jinping: Ini Bukan Kritik, Ini Kenyataan!

Sabtu, 13 Februari 2021 | 16:00
Nikkei Asia

Xi Jinping dan Joe Biden.

Suar.ID - Dalam panggilan telepon pertamanya sebagai presiden dengan Xi Jinping, Joe Biden melontarkan dugaan pelanggaran hak asasi manusia di China.

Dilansir dari Express, Kamis (11/2/2021), Biden berbicara dengan Ketua Komunis China melalui telepon kemarin.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih merinci prioritas AS di Indo-Pasifik dan menyerukan dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur di Xinjiang.

Biden "menegaskan" kepada pemimpin China bahwa AS akan memprioritaskan keamanan Amerika dan "menggarisbawahi" keprihatinannya dengan Beijing.

Baca Juga: Joe Biden Syok Berat saat Tahu Kelakuan Donal Trump: Habiskan Uang Rakyat Rp 300 Triliun hanya untuk Membangun Ini

Menurut pernyataan Gedung Putih, setelah bertukar ucapan selamat liburan Tahun Baru Imlek, Biden "menegaskan prioritasnya untuk melindungi keamanan, kemakmuran, kesehatan, dan cara hidup rakyat Amerika, serta menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

"Presiden Biden menggarisbawahi keprihatinan fundamentalnya tentang praktik ekonomi Beijing yang memaksa dan tidak adil, tindakan keras di Hong Kong, pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, dan tindakan yang semakin tegas di kawasan itu, termasuk terhadap Taiwan."

"Kedua pemimpin juga bertukar pandangan perihal melawan pandemi COVID-19, dan tantangan bersama dari keamanan kesehatan global, perubahan iklim, dan pencegahan proliferasi senjata."

"Biden berkomitmen untuk mengejar keterlibatan praktis dan berorientasi pada hasil jika hal itu memajukan kepentingan rakyat Amerika dan sekutu kita."

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ternyata Inilah Pekerjaan Istri Joe Biden yang Sangat Mulia dan Bikin Banyak Orang Kagum

Seorang pejabat senior di pemerintahan Biden menyarankan agar Biden bersikap "praktis, keras kepala, bermata jernih" ketika berhadapan dengan Xi.

Tetapi pejabat itu menambahkan kepada wartawan, Biden ingin memastikan mereka berdua memiliki kesempatan untuk komunikasi terbuka, terlepas dari kekhawatiran AS tentang perilaku China.

Mereka kemudian mengatakan seruan itu datang pada saat Amerika Serikat yakin berada dalam posisi yang kuat.

Yakni setelah berkonsultasi dengan sekutu dan mitra, untuk mengutarakan kekhawatiran inti tentang "aktivitas dan pelanggaran agresif" China.

Pemerintahan Biden akan melihat "pembatasan baru yang ditargetkan" untuk ekspor teknologi ke China, dan tidak ada alasan untuk mencabut tarif perdagangan Donald Trump di China.

Biden telah berulang kali menyatakan dia akan berperilaku "keras" terhadap China.

Ia juga telah mendukung latihan militer di Laut China Selatan.

Dalam wawancara dengan CBS pada hari Minggu, Presiden menyebut Beijing sebagai “pesaing paling serius” Washington.

Baca Juga: Joe Biden Menang, Warga Londong Ini Langsung Kaya Raya setelah Dapat Rezeki Nomplok Rp 18 Miliar, Kok Bisa?

Menandakan perubahan dalam hubungan dari sikap agresif Trump terhadap China, Biden mengatakan hubungan Washington dan Beijing akan ditandai oleh "persaingan ekstrim".

Biden berkata tentang Xi, "Dia tidak punya (demokrasi) - ini bukan kritik, namun kenyataan, dia tidak memiliki demokrasi, dengan cara apapun."

Ini mengikuti Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS Biden, berbicara dengan diplomat China Yang Jiechi.

Mirip dengan panggilan telepon Presiden, Blinken memperingatkan diplomat Washington akan membela hak asasi manusia di Xinjiang, Tibet dan Hong Kong.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Yang memperingatkan bahwa peristiwa administrasi Biden di Xinjiang, Tibet dan Hong Kong adalah urusan dalam negeri dan tidak menjadi perhatian AS.

Dia berkata, "Itu merupakan garis merah yang tidak boleh dilintasi."

"Setiap pelanggaran akan merusak hubungan China-AS, dan kepentingan Amerika Serikat sendiri. "

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Inilah Alasan Presiden Meksiko Tak Sudi Mengucapkan Selamat kepada Joe Biden

Saat menjabat sebagai Wakil Presiden untuk Barack Obama, Biden mengaku menghabiskan 24 hingga 25 jam pertemuan pribadi dengan Xi Jinping dan telah melakukan perjalanan sejauh 17.000 mil dengannya.

Pada hari Selasa, USS Nimitz dan USS Theodore Roosevelt melakukan latihan angkatan laut bersama di Laut Cina Selatan.

Laksamana Muda Doug Verissimo berkata:

“Melalui operasi seperti ini, kami memastikan bahwa kami ahli secara taktis untuk memenuhi tantangan dalam menjaga perdamaian dan kami dapat terus menunjukkan kepada mitra dan sekutu bahwa kami berkomitmen untuk mempromosikan Kebebasan dan Open Indo-Pacific.”

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya