Find Us On Social Media :

Usianya Capai 2.000 Tahun, Arkeolog di Mesir Temukan Mumi Berlidah Emas, Temuan Lainnya Mumi Bermahkota Tanduk dan Ular Kobra

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 4 Februari 2021 | 11:48 WIB

Mumi dengan Lidah Emas

Intisari-Online.com - Para arkeolog yang melakukan penggalian di kuil Taposiris Magna di barat Alexandria, Mesir, telah menemukan mumi berlidah emas berusia 2.000 tahun.

Seperti yang dilaporkan Nihal Samir untuk Daily News Egypt, para peneliti menemukan mumi berlidah emas saat mengamati 16 kuburan yang tidak terawetkan dengan baik yang terbungkus dalam potongan batu — bentuk pemakaman yang populer selama periode Yunani-Romawi Mesir.

Dibuat dari kertas emas, jimat berbentuk lidah kemungkinan ditempatkan di mulut almarhum untuk memastikan mereka dapat berbicara di akhirat, menurut pernyataan dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Baca Juga: Viral Pasar Muamalah di Depok Pakai Dirham dan Dinar Sebagai Alat Tukar, Inilah 5 Mata Uang Tertua dalam Sejarah Indonesia

(Al-Masry Al-Youm dari Egypt Independent melaporkan bahwa para peneliti di Museum Nasional Alexandria sekarang mempelajari dua jimat foil emas tersebut, serta delapan serpihan emas yang melambangkan daun sebuah karangan bunga.)

Jika seseorang bertemu dengan Osiris, dewa dunia bawah, mereka akan membutuhkan cara untuk berkomunikasi dengan dewa.

Dilansir Smithsonian Magazine, Rabu (3/2/2021), tim tidak yakin apakah mumi itu memiliki gangguan bicara semasa hidup dan mengapa lidah buatan itu terbuat dari emas.

Dalam pernyataan tersebut, arkeolog utama Kathleen Martinez dari Universitas Santo Domingo mengatakan bahwa dua mumi paling signifikan yang ditemukan di situs itu dibungkus dengan karton berlapis emas, atau lapisan linen atau papirus yang diplester.

Baca Juga: Kerap Bikin Militer Israel Kalang Kabut, Ini Fakta-fakta Mengejutkan 'Rudal Bodoh' Katyusha Andalan Pejuang Hizbullah