Heboh Vaksin Pfizer Bikin Cowok Jadi Gay, Kandungan Sinovac Bi Penis Gede, dr.Tirta: Itu Semua Hoaks

Selasa, 26 Januari 2021 | 18:45
Kompas.com

Banyak tenaga kesehatan yang batal dapat vaksinasi Covid-19.

HAI-Online.com -Sempat viral di awal tahun soal vaksin covid-19 yang disinyalir memiliki efek samping tertentu.

Dua vaksin yang disebut punya egek nyeleneh adalahPfizer/BioNTech dan Sinovac buatan Tiongkok.
Pemimpin agama Yahudi atau yang disebut Rabbi dari sekte ultra-ortodoks di Israel misalnya sempat membuat pernyataanheboh soal vaksin tersebut.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19, Remaja Ini Ngaku Kebal dan Ikut Pesta, Eh Terinfeksi Lagi Sampai Meninggal Dunia Rabbi Danel Ansor menyebut bahwa vaksinasiadalah bentuk kerja pemerintah jahat global yang mencoba membangun sebuah tatanan dunia baru di mana ia menyebut bahwa virus covid-19 sebuah konspirasi.

Ia juga menyebut bahwa WHO dan raksasa pengembang vaksin corona Pfizer/BioNTech adalah organisasi kriminal yang telah memberikan data palsu soal kemanjuran.

"Setiap vaksin yang dibuat menggunakan substrat embrionik, di mana kami punya bukti soal efek samping ini, yaitu menyebabkan adanya kecenderungan yang berlawanan.

"Vaksin yang diambil dari substrat embrio dan mereka melakukannya di sini, jadi, itu dapat menyebabkan kecenderungan yang berlawanan," ujarnya mengisyaratkan efek jadi kaum homoseksualitas.

Soalefek samping vaksin COVID-19 yang disebut Rabbi itu,dokter Tirta pernah menanggapinyamelalui tayangan YouTube Deddy Corbuzier.

"Kaum antivaksin, sudah ada dari zaman BCG. Hoaks itu nggak benar," katanya.

Tak hanya dr.Tirta, jurubicara vaksinasi COVID-19 dari BPOM, Lucia Rizka Andalusia juga menegaskan informasi yang menyebutkan bahwa kandunganvaksin Sinovac bisa memperpanjang ukuran penis 2-3 inci atau sekitar 5-7 cm, itu berita keliru.

Baca Juga: Viral Video Artis TikTok Asal Solo Jumpa Fans, Penggemar Ngumpul Nggak Pake Jaga Jarak

Jadi awalnya heboh dalam satu cuitan, bahwa Sinovac, memiliki efek samping yang tak biasa yang dapat menguntungkan kaum pria.

Postingandi Twitter itu juga membagikan foto artikel koran yang menyebut vaksin Sinovac dapat memperbesar ukuran penis lebih dari 7 sentimeter, wadidow!

"Efek samping macam apa ini," tulis Lucia Rizka Andalusia tak setuju dengan berita palsu soal efek samping vaksin yang disebut-sebut juga masuk ke dalam jurnal penelitian medis di Inggris.

Menyanggahsoal ini, dr. Sepriani Timurtini Limbongmengatakan, efek samping vaksin Sinovac yang bisa memperbesar penis itu hanya pelintiran jurnal ilmiah.

“Sejauh pencarian literatur, berita atau pernyataan yang mengatakan vaksin virus corona bisa memperbesar penis itu salah. Vaksin virus corona memang punya efek samping yangrange-nya ringan sampai berat. Tapi, tidak ada efek samping yang mengatakan bahwa vaksin COVID-19 bisa memperbesar penis,” ujar dr. Sepriani.

Baca Juga: Cowok Harus Tahu Bedanya Bau Penis Sehat Versus yang Sakit, Ini Penjelasannya!

Menurut penelusurannya seperti HAI kutip dari klikdokter, aslinya jurnalpenelitian vaksin COVID-19 itu diterbitkan olehThe New England Journal of Medicinedalam judul yang benarPhase 1-2 Trial of a SARS-Cov-2 Recombinant Spike Protein Nanoparticle Vaccine.

Namun dipelintir dan diubah, sehingga penelitian tersebut jadi berjudulSARS-CoV-2 Recombinant COVID-19 Vaccine has shown to increase penis length by 3 inches in some individuals.

So, jangan mudah percaya berita sekilas, harua cek terus kebenarannya sebelum menyebarluaskannya. (*)

.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya