'Ya Tuhan Ampuni Kami' Ucap Salah Seorang Dokter saat Hendak Masukkan Bayi yang Baru Lahir ke Freezer Hidup-hidup, Enggan Selamatkan sang Bayi Meski Sempat Melihat Kakinya Bergerak

Kamis, 21 Januari 2021 | 16:00
Pixabay

Ilustrasi jenazah bayi

Suar.ID - Di balik lahirnya seorang bayi tentu ada peran penting dokter di belakangnya.

Tentu orangtua bayi sangat percaya dengan dokter tersebut apapun yang terjadi.

Namun, apa jadinya jika dokter yang sangat kita percaya malah melakukan hal tak terduga pada pasiennya?

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Dokter Langsung Menjerit Histeris Usai Bantu Kelahiran Bayi Kembar Ini, Sang Ibu Kaget Bukan Main | Aduh, Lama Tak Kelihatan Jeremy Teti Tiba-tiba Pingsan Gegara Penyakit Mematikan Ini

Dua dokter senior dan seorang bidan di Kazakhstan dipenjara, setelah mereka memasukkan bayi yang baru lahir ke freezer hidup-hidup.

Bayi yang lahir prematur itu dinyatakan mati, meski diketahui masih bergerak, saat dimasukkan ke lemari pendingin mayat.

Pengadilan di Kazakhstan mencatat, si dokter enggan berusaha menyelamatkan bayi itu meski sempat melihat kakinya bergerak.

Sebab seperti diberitakan Daily Mirror Rabu (20/1/2021), pusat data rumah sakit sudah menyatakan anak itu meninggal.

Jaksa penuntut negara Askarbek Ermukashev menyatakan, tiga tenaga medis itu didakwa melakukan pembunuhan berencana untuk menutupi kelalaian mereka.

Baca Juga: Dokter Tiba-tiba Menjerit usai Bantu Kelahiran Bayi Kembar, Sang Ibu yang Penasaran Kaget saat Lihat Kondisi Anaknya, sementara Sang Suami hanya bisa Menangis

Menurut bukti yang terpapar, ketiganya bahkan mendiskusikan apakah perlu menenggelamkan si bayi, sebelum memutuskan memasukannya ke freezer.

Pengadilan tidak merinci jenis kelamin anak itu. Namun menurut harian lokal mgorod.kz, korban adalah perempuan.

"Ya Tuhan, ampuni kami," begitulah ucapan salah satu dokter dalam rekaman rahasia saat berdiskusi melalui telepon.

Dokter kepala Kuanysh Nysanbaev dilaporkan memerintahkan agar anak itu segera dimasukkan lemari es khusus jenazah.

Padahal seperti tertuang dalam keterangan pengadilan, Nysanbaev melihat kaki anak itu bergerak yang berarti dia masih hidup.

Tim medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak Atyrau mengaku gagal menyelamatkan nyawanya, meski pakar berpendapat sebaliknya.

Baca Juga: Nekat Lompat dari Apartemen Sambil Dekap Bayinya, Gadis Sosialita Ditemukan Tewas Bunuh Diri Tanpa Sehelai Benang pun Tutupi Tubuhnya

Atas perbuatannya, Dr Nysanbaev dipenjara 18 tahun. Koleganya, dokter kandungan Askar Kairzhan mendapat vonis 16 tahun penjara.

Sementara bidan yang bernama Jamilya Kulbatyrova dihukum 15 tahun.

Dia bersalah memasukkan bayi itu atas perintah dua dokter senior.

Dua tenaga medis lain, Ruslan Nurmakhanbetov dan Dariga Dzhumabayeva mendapat hukuman percobaan 3,5 tahun karena tak melaporkan insiden itu.

Pembunuhan itu muncul ke permukaan setelah detektif menyadap ponsel Nysanbaev, yang juga diperiksa atas dugaan penyuapan.

Kepala polisi anti-korupsi Shyngys Kabdula menuturkan, tim medis dengan ceroboh mendaftarkan anak itu sudah mati, padahal masih hidup.

"Setelah si bayi menunjukkan tanda kehidupan, mereka malah berusaha untuk membunuhnya daripada mengubah laporan," papar Kabdula.

Wakil Menteri Kesehatan Lyazzat Aktayeva langsung melayangkan permintaan maaf kepada keluarga, terutama ibu si bayi.

Baca Juga: 9 Bulan Mengira Dirinya Hamil, Ibu Ini Harus Telan Pil Pahit saat Tanya Kapan Melahirkan, Bukan Bayi yang Dikandungnya, Dokter: Pernah Test Pack, Positif

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Daily Mirror

Baca Lainnya