Siapkan Kain Kafan hingga Batang Nisan Seolah Akan Pergi Esok Hari, Dorce Gamalama Tak Mau Repotkan Orang Lain usai Idap 2 Penyakit Mematikan Ini

Senin, 18 Januari 2021 | 05:00
Kolase Instagram - TRANS7 Official

Dorce Gamalama

Suar.ID - Nama Dorce Gamalama pasti sudah akrab di teling masyarakat.

Walau sudah tak eksis lagi di dunia hiburan, nyatanya hampir semua orang masih kenal dan inget dengan sosok yang akrab disebut "Bunda Dorce" ini.

Dorce mencapai puncak kejayaan kariernya ketika ia membawakan sebuah program talkshow Dorce Show pada tahun 2009.

Baca Juga: Belum Ketemu Jodoh Meski Usianya Sudah Setengah Abad, Thomas Djorghi Kepikiran Ingin Adopsi Anak, Dorce Gamalama Langsung Beri Wejangan Ini

Lama tak terdengar kabarnya, Dorce justru datang dengan kabar kurang baik soal kesehatannya.

Sampai-sampai, Ia sudah menyiapkan kain kafan, lo.

Tak seeksis dulu sebagai artis, Dorce Gamalama kini mengaku diserang dua penyakit.

Dua penyakit itu yakni batu ginjal dan diabetes.

Dikutip dari tayangan Selebrita Pagi di kanal YouTube TRANS7 Official yang diunggah Minggu (12/5/2019), Dorce Gamalama mengungkapkan kondisinya kini.

Baca Juga: Reaksi Ashanty Dipuji Setinggi Langit Jadi Sorotan, Istri Anang Beberkan Sifat Aslinya ke Anak Bikin Dorce Tak Percaya: Lihatnya Beda

Dorce Gamalama mengatakan, kondisinya sudah membaik karena minum obat tradisional.

Ia seperti enggan melakukan tindakan operasi seperti yang disarankan dokter.

Artis berusia 56 tahun ini mengungkapkan, dirinya juga tak menggunakan resep dokter untuk meredakan penyakitnya.

"Tapi saya Alhamdulillah nggak minum obat apa-apa, paling air zam-zam. Kalau ada yang ke Mekah titip air zam-zam 5 liter, 10 liter," ungkap Dorce Gamalama.

Di samping itu, Dorce juga mengurangi mengonsumsi makanan yang dapat membahayakan kesehatannya.

"Santen ya, paling makanan bersantan, lemak. Kalau pete, jengkol nggak bisa saya dari nenek moyang ya. Sekarang saya misal makan gulai apa gitu, terus dua minggu lagi jangan," ungkap Dorce Gamalama.

Meski penyakitnya sempat kambuh, tetapi Dorce Gamalama tak ingin kesehatannya menjadi kabar buruk.

Baca Juga: Tak Sampai Seminggu Putuskan Berhenti jadi Sopir Sultan, Dorce Gamalama Dapat Hadiah Perpisahan Mahal Ini dari Raffi Ahmad: Aduh Gue Mau Nangis Deh

Ia hanya ingin diingat oleh masyarakat bahwa dirinya dalam kondisinya sehat.

"Nah ini. Saya tidak boleh dengar kata drop, jadi makanya saya nggak boleh drop,"

"Dibantu teman-teman media infotainment, media sosial, cetak, mengabarkan Dorce masih ada, masih sehat. Walau sebagian pernah bilang Dorce udah nggak ada, meninggal, sakit keras, tapi mungkin itu caranya untuk mengenalkan kita ke masyarakat itu aja sih," tutup Dorce Gamalama.

Dalam sebuah program talkshow yang ditayangkan oleh kanal YouTube Good Friend edisi Selasa (6/11/2018), Dorce mengungkap jika dirinya sudah siapkan makam untuk masa depannya.

Baginya hidup didunia ini tidak ada yang abadi, sehingga tidak ada salahnya jika ia mempersiapkan sebelum hal tersebut terjadi.

Persiapan masa depan yang Dorce lakukan ini bukan lagi rahasia, bahkan dirinya termasuk ke jajaran artis yang telah mempersiapkan makam untuk dirinya sendiri.

Mulai dari kavling, kain kafan, kurung batang sampai nisan sudah disiapkan Dorce seolah-olah dirinya akan pergi esok hari.

Baca Juga: Dorce Gamalama Sampai Tumbang Hingga Akhirnya Diinfus Padahal Baru Kemari Sore Jadi Sopir Raffi Ahmad, Sebut Tak Kuat Makan Makanan Orang Kaya: Perut Orang Biasa Makan Makanan Orang Kaya...

Sebagai presenter acara tersebut, Melaney Ricardo tetap merasa hal yang dilakukan Dorce tersebut tabu dan bahkan dihindari oleh mayoritas publik.

Sambil tertawa Dorce menjawab jika hal tersebut ia lakukan karena dirinya tidak ingin merepotkan orang lain.

Ia ingin ketika dirinya meninggal nanti, orang-orang tidak menghadapi kesulitan ketika mengurus pemakamannya.

"Orang bakal berpikir 'yang namanya Dorce itu siapa itu? Laki apa perempuan?' nggak usah bingung-bingung, semua udah gue siapin," kata Dorce menjelaskan.

Terlepas dari keadaannya sekarang ini, Dorce mengungkapkan jika persiapannya ini adalah wasiat untuk orang-orang yang ia tinggalkan.

Dorce berharap jika keluarganya tidak akan kesulitan ketika ia meninggal nanti dengan semua persiapan yang telah ia persiapkan sebelumnya.

Baca Juga: Telat Antar Raffi Ahmad ke Tempat Syuting, Dorce Gamalama Nyaris Dimaki-maki: Bintang Tamu Udah Datang Semua

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya