Dikenal Sebagai Orang Yang Sangat Baik Dan Rajin Ibadah, Begini Kesan-kesan Sahabat Terhadap Kapten Afwan Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Yang Jatuh Di Laut Jawa

Minggu, 10 Januari 2021 | 09:45
Ist

Dikenal Sebagai Orang Yang Sangat Baik Dan Rajin Ibadah, Begini Kesan-kesan Sahabat Terhadap Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-182 Yang Jatuh Di Laut Jawa

Dikenal Sebagai Orang Yang Sangat Baik Dan Rajin Ibadah, Begini Kesan-kesan Sahabat Terhadap Kapten Afwan Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Yang Jatuh Di Laut Jawa

Suar.ID -Kapten Afwan, pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Laut Jawa Sabtu (9/1) dikenal sebagai sosok yang baik dan rajin ibadah.

Karena kegemarannya mengenakan peci putih, Kapten Afwan sering dipanggil dengan sebutan "Pak Haji".

Baca Juga: Ditemukan Sisa-sisa Kabel Dan Potongan Celana Jins, Diduga Bagian Dari Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Yang Jatuh Di Laut Jawa

Ini profilKapten Afwan:

Kapten Afwan tercatat sebagai mantan penerbang TNI AU periode 1987-1998.

Saat masih aktif di TNI AU, Kapten Afwan bertugas di Skadron Udara 4 dan Akadron Udara 31.

Kapten Afwan juga merupakan alumni Ikatan Dinas Pendek (IDP) IV Tahun 1987.

"Capt Afwan adalah Penerbang TNI AU periode 1987-1998, beliau terbang di Skadron Udara 4 dan Akadron Udara 31. Alumni dari IDP IV tahun 1987," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang, saat dikonfirmasi, Sabtu (9/1/2021).

Melansir dari Antara, Kapten Afwan dikenal alim di lingkungan Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Baik orangnya santun, rajin sholat, kalau libur pasti selalu ke masjid" ungkap Ketua RT setempat, Agus Pramudibyo di kediaman Kapten Afwan, Sabtu malam.

Baca Juga: Kisah Yaman Zai, Langsung Menangis Histeris Karena Istri Dan 3 Anaknya Merupakan Penumpang Sriwijaya Air SJ-182 Yang Hilang Di Laut Jawa Kemarin

Menurutnya, Kapten Afwan yang juga sempat menjadi bendahara masjid dan mantan ketua RT setempat sering memberi tausiah dalam setiap kegiatan keagamaan di lingkungan komplek.

"Beliau sering ngisi tausiah di arisan RT, ataupun kalau ada kegiatan-kegiatan di lingkungan perumahan sini" terang Agus.

Ia menyebutkan bahwa meski Kapten Afwan belum ber-KTP Bogor, tapi ia sudah tinggal di RT 01/10 Perumahan BCE, Kabupaten Bogor sejak 10 tahun silam.

Ia diketahui tinggal bersama seorang istri dan tiga anak, paling sulung masih duduk di bangku kelas 1 SMP dan paling bungsu masih duduk di bangku TK.

Kesan orang yang pernah mengenalnya

"Seorang pilot yg sholih. Ternyata beliau tinggal satu kecamatan dgn saya. Mari doakan yg terbaik utk seluruh crew & penumpang pesawat SJ-182. Lahumul faatihah...," tulis Hilmi Firdausi.

Baca Juga: Kapal Patroli Kementerian Perhubungan Menemukan Serpihan Daging di Lokasi yang Diduga Menjadi Titik Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

"Capt. Afwan, Dari pertama beliau pindah ke perumahan ini emang langsung ramah, kalau lagi ga terbang pun selalu solat 5 waktu di masjid, kadang beliau selalu bawa anak perempuannya buat solat jamaah," tulis Tulus Hudabio.

"Dulu, aku pernah bertemu dgn Captain Afwan (pilot Sriwijaya yg nahas). Yg aku ingat dari almarhum, almarhum bersedia dijadwalkan utk terbang pada hari apa saja, asalkan jgn hari Jum'at!" tulis Anna Masue.

"Capt. Afwan salah satu capt. terbaik yg pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dgn baik dan sabar, dermawan bgt lagi orangnyaWajah menangis kencang dan selalu identik dengan kopyah putihnya. Safeflight to jannah captWajah tersenyum dengan lingkaran cahaya #SJ182," tulis Rizki Anoob.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya