Cek Fakta: Benarkah Video Tukang AC Mirip Jack Ma Adalah Pendiri Alibaba?

Jumat, 08 Januari 2021 | 18:00
Instagram | Kompas

Viral video tukang reparasi AC mirip Jack Ma, ini faktanya.

Suar.ID - Berita hilangnya Jack Ma hingga kini masih menjadi misteri.

Hingga artikel ini ditulis (8/1/2021), Jack Ma masih belum ada kabar.

Jack Ma dilaporkan tidak terlihat di publik sejak dua bulan lalu.

Baca Juga: Sosok Ini Prediksi 2 Akhir Mengerikan Kehidupan Jack Ma Yang Hingga Kini Dikabarkan Menghilang Setelah Kritik Pemerintah China, Benar-benar MisteriusOrang terkaya nomor 25 versi Bloomberg's Billionaires Index ini diduga hilang setelah ada perselisihan dengan Pemerintah China.

Namun beberapa hari setelah berita Jack Ma hilang, ada video seorang pria, yang terlihat seperti miliarder China dan pendiri Alibaba tersebut.

Uniknya, dia sedang memperbaiki AC dan menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Dunia Tiba-tiba Heboh Karena Jack Ma Dikabarkan Menghilang, Menurut Prediksi Video Yang Viral Ini Kalau Enggak Tewas Ya Dipenjara, Gara-gara Kritik Pemerintah China?

Unggahan media sosial tersebut mengklaim bahwa pria dalam video yang tergantung di unit AC tersebut adalah Jack Ma, tidak jelas apakah itu dimaksudkan untuk lelucon.

Beberapa postingan media sosial bahkan mengklaim Jack Ma "tetap rendah hati".

Namun, video tersebut berasal dari tahun 2018.

Mengutip dari desilyricshub.com, memposting video yang sama pada tanggal 2 Juli 2018.

Portal web tersebut menulis, "Petugas reparasi AC ini terlihat sangat mirip dengan salah satu orang terkaya di China, Jack Ma yang mendirikan perusahaan e-commerce Alibaba."Seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, Jack Ma tidak muncul di depan umum dalam dua bulan terakhir.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Tukang Galon Ini Geser Posisi Jack Ma dan Jadi Orang Terkaya di China!

Pertanyaan telah diajukan tentang keberadaan pendiri Alibaba.

Pada hari Rabu, CNN melaporkan bahwa wirausahawan berusia 56 tahun itu "cenderung bersembunyi dan tidak terlihat dengan sengaja".

Menurut laporan itu, Jack Ma berada di kota Hangzhou, China.

Pendiri Alibaba tersebut dilaporkan hilang sejak pemerintah China menghentikan IPO Ant Grupnya.Perselisihan Jack Ma dengan pemerintah China dimulai ketika Shanghai Stock Exchange (SSE) pada November menunda pencatatan Ant Group senilai 37 miliar dolar.

Bursa Efek Shanghai mengutip perubahan peraturan sebagai alasan di balik penangguhan mendadak ini.Saham Alibaba anjlok hampir 10 persen di Hong Kong setelah berita itu, Ma kehilangan lebih dari 3 miliar dolar kekayaan bersihnya.

Sejak itu, Ma hampir tidak bisa dilacak.

Baca Juga: Wow Ada-Ada Saja, Jack Ma Ingin Pegawainya Berhubungan Intim Sehari Sekali dalam 6 Hari

Pada 26 Desember, People’s Bank of China, bank sentral negara itu, memanggil Ant Group untuk pembicaraan regulasi, mengumumkan rencana besar-besaran bagi perusahaan untuk "memperbaiki" regulasi.Kesimpulan:

Pria dalam video tersebut bukanlah Jack Ma, tapi mirip dengannya.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Instagram, desilyricshub.com

Baca Lainnya