Selama 250 Tahun Menjadi Misteri, Kisah Tragis dari Bangkai Kapal 'Butter Boat' Akhirnya Terungkap!

Kamis, 17 Desember 2020 | 15:00
Mirror

Misteri bangkai kapal "Butter Boat" akhirnya terungkap.

Suar.ID - Misteri bangkai kapal di lepas pantai Irlandia akhirnya terpecahkan setelah tenggelam 250 tahun yang lalu.Mengutip dari Mirror.co.uk, sisa-sisa bangkai kapal besar yang dikenal sebagai "Butter Boat" bisa terlihat saat air surut.Objek wisata populer County Sligo tersebut telah menarik rasa penasaran banyak orang selama bertahun-tahun - tetapi asal muasalnya tidak pernah sepenuhnya diketahui.

Baca Juga: Ditegur Kerabat Lesty Kejora, Kelakuan Rizky Billar pada Sang Pedangdut Tuai Reaksi Orang Sekitar sampai Diminta Berhenti

Bangkai kapal itu disebut sebagai bagian dari Armada Spanyol yang terkenal di abad ke-16.Namun, berkat penelitian arkeologi dan arsip baru oleh Layanan Monumen Nasional Irlandia, teori itu dikesampingkan dan kisah tragis dari kapal itu kini telah terungkap.Sampel dari kayu di bangkai kapal menunjukkan bahwa pembangunan kapal terjadi pada paruh pertama abad ke-18, beberapa saat setelah 1712.

Baca Juga: Pantas Saja Ketakutan, Teddy Ternyata Sudah Jual Rumah Mewah Milik Lina, Sule Juga Beberkan Soal Perkara Mobil dan Tantang: Datang ke Tambun, Saya Nggak ke Mana-mana!

Sampel juga menunjukkan bahwa kayu tersebut mungkin bersumber dari English Midlands, kemungkinan Yorkshire.Penelitian lebih lanjut berdasarkan catatan sejarah abad ke-18, kapal tersebut diidentifikasi sebagai Greyhound, sebuah kapal perdagangan pesisir dari pelabuhan Whitby di Yorkshire di Inggris, yang dimiliki oleh Nyonya Allely.Dua puluh orang tewas ketika tenggelam pada malam 12 Desember 1770.

Mirror

Misteri bangkai kapal "Butter Boat" akhirnya terungkap.

Greyhound terjebak dalam badai di lepas pantai Mayo dan, karena tidak dapat mencari pelabuhan yang aman di Teluk Broadhaven, kapal berlabuh di posisi berbahaya di bawah tebing yang menjulang di Erris Head.Awak kapal terpaksa meninggalkan kapal tetapi karena kelalaian, seorang awak kabin tertinggal di kapal.Saat mengetahui nasib awak kabin itu, beberapa awak kapal, Mary dari Galway, dan sukarelawan lokal dari Broadhaven Bay berusaha menyelamatkan bocah dan kapal yang tertimpa bencana.

Baca Juga: Waspada Menggunakan PIN ATM dengan Tanggal Lahir! Saldo Penumpang Travel Rp 11 Juta Lenyap karena Pelaku Lakukan Hal Ini

Sementara tim penyelamat berhasil naik ke Greyhound dan memindahkan kapal dari tebing, kapal itu terdorong lebih jauh ke laut oleh kekuatan badai dengan beberapa awak sukarelawan dan awak kabin yang masih berada di kapal.Malamnya, kapal karam di Streedagh Strand, 100 kilometer ke timur, dengan 20 nyawa tewas.

Mirror

Misteri bangkai kapal "Butter Boat" akhirnya terungkap.

Hanya satu orang - Tuan Williams "dari Erris" - yang selamat dari kecelakaan nahas itu.Sabtu lalu (12/12/2020), ada peringatan 250 tahun untuk kapal yang tenggelam tersebut, penduduk setempat dan anggota tim Monumen Nasional yang mengungkap cerita tersebut mengadakan upacara untuk memberi penghormatan kepada mereka yang meninggal.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Mirror

Baca Lainnya