Malah Makin Tajir! Inilah Orang-orang yang Tak Terpengaruh Pandemi Virus Corona, Salah Satunya Pengusaha asal Prancis

Selasa, 24 November 2020 | 11:45
Christophe Morin | Bloomberg

Bernard Arnault

Suar.ID -Orang-orang inisepertinya tidak mengalami kemerosotan pendapatan saat pandemivirus corona.

Bahkan sebaliknya, pengusaha barang mewah asal Prancis Bernard Arnault malah makin kayasetelah memproduksi vaksin Covid-19.

Hal ini mendorong harga saham perusahaan miliknya LVMH melonjak.

Dengan kenaikan saham LVMH itu, Arnault bergabung dengan Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Elon Musk di klub yang orang paling tajir sejagat.

Baca Juga: Millen Cyrus Ditahan di Sel Pria Padahal Artis Transgender Lucinta Luna Mendekam di Sel Wanita, Mengapa?

Mengutip dari Bloomberg Billionaires Index, ada lima orang di dunia yang untuk pertama kalinya memiliki kekayaan melebihi 100 miliar dolar AS atau setara Rp 1.420 triliun (kurs Rp 14.200).

Secara keseluruhan, grup tersebut menambahkan 68 miliar dolar AS ke kekayaan kolektif mereka hari ini.

Terlepas dari semua kekacauan dan krisisnya, tahun 2020 telah menjadi tahun pamer kekayaan bagi orang terkaya di dunia.

Dari 500 orang taipan yang dilacak oleh Bloomberg Billionaires Index, tercatat 1,2 triliun dolar AS kekayaan telah ditambahkan sejak Januari, kenaikan 21% dibantu oleh lonjakan pasar saham, likuiditas yang cukup dan kemampuan untuk memanfaatkan penilaian yang tertekan.

Baca Juga: Roy Suryo Yakin Video Syur Mirip Gisep Bukan Hasil Rekayasa, Tapi Ada 1 Hal Yang Membuat Politikus Demokrat Menaruh Curiga, Apa Itu?

Laju perolehan kekayaan yang sangat cepat di antara orang-orang terkaya di dunia dicontohkan oleh mereka yang menempati slot teratas indeks.

Dua tahun lalu, hanya ada satu centibillionaire di bumi: pendiri Amazon.com Inc.

Bezos, yang sekarang menjadi centibillionaire dua kali lipat meskipun terjadi perceraian yang mengakibatkan dia menyerahkan jutaan saham Amazon kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott.

"Ini bukan tonggak penting untuk dirayakan, tetapi lebih merupakan cerminan bermasalah dari sistem ekonomi global yang rusak," kata Chuck Collins, direktur Program tentang Ketimpangan dan Kebaikan Bersama di Institut Studi Kebijakan.

Peraih keuntungan terbesar pada indeks Bloomberg pada Senin adalah taipan ritel Spanyol Amancio Ortega, pendiri induk Zara Inditex SA.

Kekayaan bersihnya melonjak 7,6 miliar dolar AS karena ada dugaan investor kemungkinan kembali ke toko fisik.

Setelah menjadi orang terkaya kedua di dunia, kekayaan Ortega yang berfokus pada ritel sangat terpukul oleh pandemi.

Baca Juga: Sadar Koleksi Pribadi, Sule Langsung Videoin Aksinya Di Malam Pertama Usai Menikah Dengan Nathalie Holscher: Cuma Saya Yang Tahu

Peningkatan pada hari Senin menghapus hampir setengah dari penurunannya untuk tahun ini.

Tidak semua miliarder dunia mengalami hari yang positif.

Mereka yang kekayaannya terikat dengan perusahaan yang berkembang selama pergolakan pandemi mengalami penurunan kekayaan bersih karena pasar membebani masa depan jangka pendek yang tidak terlalu bergantung pada konferensi video dan hiburan di rumah.

Kekayaan bersih Kepala Eksekutif Zoom Video Communications Inc. -Eric Yuan - anjlok 20%, atau 5,1 miliar dolar AS, karena saham perusahaan merosot.

Pendiri Peloton Interactive Inc. -John Foley - menjadi miliarder tahun ini karena kenaikan harga saham perusahaan kebugaran rumah, kehilangan 300 juta dolar AS.

Tag :

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya