Berawal Kecintaanya Minum Es Teh, Ginjal Pria ini Malah Berakhir Mengerikan, Hati Hati Bagi Para Pecinta Minuman Dingin!

Selasa, 17 November 2020 | 14:30
Freepik

Berawal Kecintaanya Minum Es Teh, Ginjal Pria ini Malah Berakhir Mengerikan, Hati Hati Bagi Para Pecinta Minuman Dingin!

Suar.ID -Ketika cuaca panas meminum minuman dingin memanglah terasa enak.

Apalagi jika minuman tersebut adalah es teh.

Bahkan di Indonesia, es teh ini sering kali diminum setelah makan.

Meski demikian, es teh bisa berubah menjadi minuman yang membahayakan bagi kesehatan jika diminum secara berlebih.

Baca Juga: Mulai Sekarang Coba Minum Air Rebusan Pare Secara Rutin, Dijamin Penyakit Mematikan ini Tak Akan Menyerang Anda!

Sama halnya dengan kisah tentang seorang lelaki asal Arkansas yang minum es teh begitu banyak sehingga membuatnya menderita gagal ginjal.

Dikutip dari Reuters, Tiga dokter Arkansas, Amerika Serikat menggambarkan kasus itu dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine.

Pria berusia 56 tahun itu dilaporkan muncul di rumah sakit dengan kelemahan, kelelahan, dan nyeri tubuh, bersama dengan kreatinin tingkat tinggi, yang digunakan sebagai indikator fungsi ginjal.

Baca Juga: Masih Sayang Nyawa, Jangan Lagi Makan Roti Tawar dengan Dua Topping yang Kerap Jadi Favorit Masyarakat Indonesia ini, Bisa Sebabkan Hal Mengerikan ini Pada Tubuh!

Namun, dokter dibuat bingung karena pria itu tak memiliki sakit ginjal, maupun riwayat sakit ginjal di keluarganya.

Karena dokter kebingungan, pria itu pun mengaku minum 16 gelas es teh setiap hari.

Pexels
Pexels

Ilustrasi es teh.

Teh hitam diketahui kaya akan oksalat, merupakan senyawa kimia yang dapat berdampak negatif pada ginjal.

Baca Juga: Seolah Mantapkan Julukan Sultan Andara, Raffi Ahmad Berikan Kejutan Mewah Ini untuk Sule dan Nathalie Holscher: Widih, The Best!

Karena pasien mengonsumsi tiga hingga 10 kali lebih banyak asupan oksalat lebih banyak dari normalnya, tidaklah mengejutkan jika ginjalnya langsung berhenti berfungsi dengan baik.

"Dalam kasus ini ada kristal oksalat di dalam ginjal, dan itu menghasilkan reaksi inflamasi," kata Umbar Ghaffar dari University of Arkansas for Medical Sciences kepada Reuters.

dr Gaffar menyebutkan makanan lain seperti stroberi dan bayam juga kaya akan oksalat, sehingga perlu dikontrol mengonsumsinya.

"Jika itu tidak terselesaikan, itu akan menyebabkan jaringan parut dan kehilangan jaringan ginjal. Jadi itulah yang mungkin terjadi pada pasien ini," tuturnya.

Baca Juga: Peringati 12 Tahun Pernikahannya, BCL Kenang Cerita Pengalaman Hidup Hingga Bocorkan Momen yang Buat Ashraf Sinclair Malu Setengah Mati: Leluconmu yang Lucu, Aku Merindukannya...

Sementara itu penyakit ginjal kronis kerap disebut sebagai the silent killer.

freepik
freepik

Ilustrasi ginjal

Sering kali penderita tidak merasakan gejala tertentu hingga penyakit sudah memasuki stadium lanjut dan fungsi ginjal telah menurun.

"Penyakit ini baru diketahui orang umumnya ketika sudah mencapai stadium tiga sampai empat. Pasien heran saat disuruh cuci darah karena tidak tahu sudah terkena penyakit ginjal sebelumnya," ujar Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Parlindungan Siregar, seperti dikutip dari Kompas.com Rabu(20/11/2019).

Keterlambatan deteksi dan penanganan penyakit tersebut menyebabkan prevalensi kematian akibat ginjal kronis di beberapa negara cukup tinggi.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Selama Ini Digosipkan Mau Kawin Dengan Afgan, Rossa Malah Mengaku Punya 4 Pacar | Resmi Jadi Istrinya, Nathalia Holscher Mengaku Pura-pura Di Depan Sule Untuk Tutup Hal Ini

(Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul, “Seorang Pria Ginjalnya Rusak Akibat Kebanyakan Minum Es Teh, Peringatan Bagi Penggemar Minuman Ini!”.

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya