Inilah Kendaraan Paling Hemat di Dunia, 1 Liter Bensin Bisa Bawa Penumpang ke Separuh Belahan Bumi!

Sabtu, 14 November 2020 | 06:00
Facebook Desbo Electric

Eximus IV kendaraan paling hemat di dunia.

Suar.ID -Eximus IV, gerbong kereta buatan siswa yang telah mencetak rekor efisiensi bahan bakar sejak 2016, sekali lagi membuktikan sebagai kendaraan paling efisien di dunia dalam kontes tahunan Delsbo Electric.

Setiap tahun, tim dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke trek yang dibuat khusus di Swedia untuk menguji kendaraan ultra hemat energi mereka yang dirancang untuk menempuh jarak sejauh mungkin dengan bahan bakar sesedikit mungkin.

Kontestan ditugaskan untuk mengemudikan kendaraannya di lintasan rel sepanjang 3,36 kilometer untuk meminimalisir hambatan yang dapat membuat mobil berguling.

Selain itu, mereka juga membawa total enam penumpang, dengan berat rata-rata 50 kg per orang.

Baca Juga: Bukan Presiden Atau Suaminya Yang Kaya Raya, Ternyata Sosok Ini Yang Sukses Bikin Nia Ramadhani Rela Naik Mobil Pikap, Sehebat Apa Sih Dia?

Sejak memasuki kompetisi empat tahun lalu, Eximus IV telah menjadi legenda dalam kompetisi tersebut.

Tak terkecuali tahun ini, sekali lagi mereka kembali membuktikan menjadi yang terbaik.

Konsumsi energi untuk kendaraan yang berpartisipasi diukur dalam watt-jam dan kemudian dibagi dengan jumlah penumpang di dalamnya.

Pada tahun pertama berpartisipasi dalam kontes Delsbo Electric, Eximus IV, yang terbuat dari bahan pesawat ultra-ringan, memenangkan tempat pertama dengan 0,840 watt-jam per orang-per kilometer.

Baca Juga: Kerap Terlihat Sederhana Bahkan Rela Makan Cuma Beralasakan Daun Pisang, Terkuak Inilah Pabrik Penghasil Uang yang Bikin Ariel NOAH Tajir Melintir Sampai Punya Motor Seharga 2 Mobil Innova Baru!

Namun, rekor itu meningkat setiap tahun.

Tahun lalu, tim Eximus IV, berkolaborasi dengan Dalarna University dan Chalmers Technical University di Swedia, kembali mencetak rekor baru, dengan 0,603 watt-hour per orang-per kilometer.

Kompetisi tahun ini yang baru saja berlangsung bulan lalu, sekali lagi memperlihatkan kendaraan super ringan tersebut mengalahkan para pesaingnya dengan efisiensi tercatat 0,517 watt-jam per orang-per kilometer.

Untuk lebih jelasnya, semua kendaraan yang bersaing dalam kompetisi Delsbo Electric sangat hemat bahan bakar.

Baca Juga: Terlihat Mesra Tapi Ternyata Jarang Satu Mobil dengan Sarwendah, Ruben Onsu Bongkar Alasan: Orang Kan Mikirnya Ada Apa

Berbagai kendaraan tersebut menggunakan energilebih sedikit daripada lampu depan mobil biasa.

Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada yang bisa mendekati Eximus IV.

“Secara teori, Eximus IV dapat mengangkut seseorang hampir di belahan dunia menggunakan energi yang terkandung hanya dalam satu liter (0,26 gal) bensin,” kata CTO Delsbo Electric, Profesor Henrik Rödjegård, menyadur dari Oddity Central.

Menariknya, meskipun balapan di Delsbo Electric sangat kompetitif, balapannya juga sangat lambat.

Baca Juga: Bikin Malu Pemerintah! Dua Oknum ASN ini Malah Kepergok Mesum Sampai Nyaris Telanjang Saat Dipergoki Warga Dalam Mobil Di Pinggir Pantai, Kini Terungkap Identitas Keduanya!

Seseorang dapat dengan mudah mengikuti kendaraan saat mengendarai sepeda.

Namun hal itu tidak terlalu relevan, karena kontes ini membahas tentang efisiensi bahan bakar, bukan kecepatan.

Lintasan yang dibuat khusus di Delsbo Electric dilengkapi dengan peralatan pengukur mutakhir yang memungkinkan tim untuk memantau kinerja kendaraan dengan cermat.

Baca Juga: Kaya Raya Tapi Tak Perlu Harus Koar-koar Seperti Yang Lain, Pelawak Senior Ini Ternyata Miliki 30 Rumah Dan 13 Mobil, Kekayaan Raffi Ahmad Nggak Ada Apa-apanya

Hal ini memungkinkan tim Eximus IV untuk melihat lonjakan konsumsi yang tidak biasa selama lap pertama yang ternyata disebabkan oleh jarak 8 mm antara roda dan satu titik di rel.

Mereka membuat penyesuaian yang diperlukan pada jarak sumbu roda dan melanjutkan untuk mencetak rekor dunia baru.

Meskipun Eximus IV bukanlah kendaraan yang diproduksi secara massal, inovasi yang diperkenalkan penciptanya setiap tahun membantu penelitian lebih lanjut di bidang efisiensi bahan bakar untuk kendaraan komersial.(Ervananto Ekadilla/Adrie Saputra/Suar.ID)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Oddity Central

Baca Lainnya