Viral Kabar Pulau Komodo akan Dijadikan 'Jurassic Park', DPR: Jadi Pulau Mang Dodo

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:30
Tribun Travel

Tagar #SaveKomodo Trending, Bentuk Penolakan Netizen Terhadap Pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca

Suar.ID - Indonesia masih heboh terkait pembangunan yang terjadi sekitar pulau Komodo.

Bahkan banyak warga merasa pembangunan yang sedang dilaksanakan di kawasan Pulau Komodo dapat mengganggu habitat asli hewan tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi masalah lingkungan dan konservasi, Dedi Mulyadi, meminta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tak mengusik habitat komodo di Taman nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Lagu 'Lelaki Buaya Darat' Bocor ke Publik, Dibongkar oleh Dul Jaelani, Maia Estianty Syok Si Bungsu Tahu: Siapa yang Ngomong?

Hal itu Dedi disampaikan terkait rencana Pemprov NTT untuk membangun 'Jurassic Park' di kawasan itu.

Menurut Dedi, spesies hewan Komodo di pulau itu merupakan habitat asli yang seharusnya menjadi prioritas untuk dilindungi.

"Namun habitat aslinya itu adalah Komodo. Dengan demikian, yang benar-benar dilindungi ya komodo. Pemerintah harus fokus pada perlindungan Komodo," kata Dedi, mengutip Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: Katanya Cinta Mati dengan Aurel Hermansyah yang Ngebet Dia Kawini, Atta Halilintar Malah Kepergok Lakukan Hal Jahat Ini ke Putri Sulung Anang Hermansyah, Kok Berantem Terus Sih?

Dedi menambahkan, pengembangan industri pariwisata di kawasan taman nasional komodo jangan sampai mengganggu habitat asli hewan endemik Indonesia ini.

Ia pun mengaku khawatir hal ini dapat mengganggu proses reproduksi satwa khas Indonesia ini yang dapat berunjung pada kepunahan hewan ini.

"Jangan sampai Pulau Komodo berubah jadi pulau Mang Dodo karena kebanyakan malah dihuni manusia. Sementara habitat aslinya tersingkir," tambah Dedi.

Diberitakan Kompas.com, pulau habitat hewan langka Komodo rencananya akan disulap besar-besaran oleh pemerintah dan investor swasta sebagai destinasi wisata premium.

Diketahui juga kalo Pulau Komodo dan Pulau Rinca udah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980 untuk melindungi satwa Komodo atau Varanus komodoensis, hewan endemik purba yang hanya bisa ditemukan di NTT.

Namun, proyek di TN Komodo tersebut kini telah dimasukkan dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Buka-bukaan Rasakan Rasa Sakit Yang Menyayat Pada Bagian Intimnya, Nikita Mirzani Bongkar Kondisinya Setelah Operasi Organ Intim

Sampai saat ini, proyek bertajuk "Jurassic Park" ini masih terus menuai polemik dan protes dari berbagai pihak.

Bahkan, tagar #savekomodo menjadi trending di Twitter usai beredar foto seekor Komodo yang 'menghadang' sebuah truk proyek dari pembangunan tersebut.

Foto itu segera ramai komentar warganet yang menganggap kalo proyek tersebut sejatinya akan sangat berimbas pada lingkungan hidup hewan Komodo.

Artikel ini telah tayang di Hai Online dengan judul Komentar Soal 'Jurassic Park' di NTT, Anggota DPR RI Khawatir Pulau Komodo Berubah Jadi Pulau 'Mang Dodo'

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya