Mulai Ketakutan? Inilah Alasan Kim Jong-un Sudah Jarang Muncul di Depan Publik

Sabtu, 26 September 2020 | 12:15
National Interest

Kim Jong-un

Suar.ID- Pandemi corona masih menjadi momok menakutkan di beberapa negara.

Salah satunya adalah Korea Utara.

Virus ini pun tak disangka mampu membuat sang diktator Kim Jong Un ketakutan.

Sehingga Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un pun jarang terlihat di depan publik.

Hal ini ternyata dilakukan untuk mencegah pandemi virus corona.

Baca Juga: Sudah Cerai dengan Galih Ginanjar, kini Barbie Kumalasari Langsung Pamer Pacar Baru asal Perancis: Tahun Depan Menikah

Berdasarkan data Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Kim muncul di depan umum hanya 39 kali selama periode Januari-September 2020.

Jumlah tersebut merupakan yang terendah sejak Kim menjabat sebagai pemimpin tertinggi menggantikan sang ayah Kim Jong-il, yang meninggal pada akhir 2011 lalu.

Rata-rata tahunan dari penampilan publik Kim Jong-un selama lima tahun menjabat capai 164.

Sedangkan rata-rata dalam tiga tahunan terakhir 93 penampilan publik.

Baca Juga: Panas-panasi KD yang Ceraikannya Demi Pria Lain, Anang Pernah Sengaja Pertemukan Sang Mantan dengan Calon Istri Barunya Ini

Penurunan jumlah penampilan publik Kim dikabarkan karena Korea Utara dalam kondisi siaga tinggi dalam menangkal wabah Covid-19.

Para ahli mengatakan, berkurangnya eksposur publik tahun ini mungkin karena kehati-hatian ekstra untuk menghindari tertular virus tersebut.

Kim telah keluar dari pandangan publik selama berminggu-minggu sebelum muncul kembali pada awal Mei, memicu spekulasi tentang kesehatannya dan kemungkinan dia terinfeksi virus corona.

Meskipun lebih sedikit aktivitas publik, Kim baru-baru ini meningkatkan penampilannya di pertemuan partai besar karena negara itu berjuang untuk pulih dari topan dan banjir yang beruntun terjadi.

Berdasarkan laporan yang sama, Kim telah memimpin lebih dari 54 pertemuan Partai Pekerja sejak menjabat. Dari total, dia memimpin 15 pertemuan seperti itu terjadi di tahun ini saja.

Dari pertemuan partai yang dia hadiri, tujuh terkait dengan upaya antivirus, dengan empat sesi terkait dengan kerusakan akibat topan dan banjir.

Dia juga baru-baru ini meningkatkan perjalanan "panduan lapangan" ke daerah-daerah yang dilanda topan.

Baca Juga: Diwarnai Isu Makan Teman, Terkuak Bukti Kuat Syahrini Pernah Main ke Apartemen Mewah Reino Barack saat Kedekatan Keduanya Maish Ditutup-tutupi

Dia telah mengunjungi daerah yang terkena dampak lima kali sejak Agustus.

Para pengamat melihat peningkatan penampilannya baru-baru ini di pertemuan partai dan inspeksi di tempat yang dimaksudkan untuk menyoroti citranya sebagai pemimpin yang peduli dengan orang-orang yang menderita akibat upaya antivirus yang berkepanjangan, banjir, dan sanksi global.

Artikel ii telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Antisipasi corona, penampilan publik Kim Jong-un turun drastis di tahun ini"

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya