Ketika Diperiksa, Penusuk Syekh Ali Jaber Malah Lancar Berikan Keterangan, Dokter Sebut Adanya Kemungkinan Manipulasi: Perlu Kita Nilai dari Berbagai Aspek...

Senin, 14 September 2020 | 12:45
Kolase Tribun Style

Ketika Diperiksa, Penusuk Syekh Ali Jaber Malah Lancar Berikan Keterangan, Dokter Sebut Adanya Kemungkinana Manipulasi: Perlu Kita Nilai dari Berbagai Aspek...

Suar.ID -Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penusukan Syekh Ali Jaber.

Penusukan tersebutdilakukan oleh pelaku yang berinisal AA (24).

Terkait penaganan pelaku penusukan yang berinisial AA (24), dokter Rumah Sakit Jiwa Pesawaran Lampung yang bernama dr. Tendry Septa pun memberikan keterangan.

Diketahui AA menjadi tersangka penusukan Syekh Ali Jaber yang tengah memberikan dakwah di Masjid Falahudin, Jalan Tamin, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Baca Juga: Tiba-tiba Diserang Pemuda Tak Dikenal saat Sedang Ceramah, Polisi Berhasil Ringkus PelakuPenusukan Syekh Ali Jaber, Ditemukan Beberapa Kejanggalan

Pihak keluarga lalu mengklaim tindakan AA dipengaruhi kondisi mentalnya.

Dokter Tendry menjelaskan keterangan pihak keluarga itu masih perlu dicek kebenarannya, mengingat AA terlihat lancar menjawab pemeriksaan polisi.

"Seperti yang disampaikan Pak Kapolda, proses pikirnya masih bisa dipahami. Sehingga kalau orang yang tidak memahami, diasumsikan biasa-biasa saja," papar dr Tendry.

Baca Juga: Mendadak Kejang-kejang, Seorang PSK Tewas di Kamar Hotel Usai Layani Pelanggan, Suaminya Menunggu di Kamar Berbeda

"Jadi perlu kita nilai dari berbagai aspek. Pikiran itu sendiri bukan hanya prosesnya yang kita nilai," tambahnya.

"Ada isi pikirnya, ada arus pikirnya, dan lain-lain," lanjut dia.

Capture YouTube Lampung TV
Capture YouTube Lampung TV

Dokter Rumah Sakit Jiwa Pesawaran Lampung, dr Tendry Septa, yang menangani AA, tersangka penusuk Syekh Ali Jaber, Minggu (13/9/2020).

Ia mengaku belum dapat mendiagnosis apapun pada tersangka penikaman tersebut.

Baca Juga: Sekali Manggung Bisa Hasilkan Rp 300 Juta, Sosok Ini Tiba-tiba Bongkar Karakter Asli Lesty Kejora: Saya Harap Orangtuanya Bisa Mendampingi

"Jadi kita tidak bisa pasti dia gangguan jiwa atau tidak. Besok harus kita observasi, termasuk konsistensi jawaban," tegasnya.

Selain itu, ia menjelaskan harus melihat rekam medik dari tersangka.

Pasalnya klaim gangguan jiwa itu hanya datang secara sepihak dari keluarga tersangka.

Dokter Tendry menjelaskan observasi juga harus dilakukan secara jangka panjang, mengingat AA sempat dihakimi massa setelah kejadian.

Baca Juga: Dulu Pesta Pernikahannya Dihujat hingga Jabatan Suami Sebagai Kapolsek Kembangan Dicopot, Unggahan Rica Andriani saat Ini Tiba-tiba Dibanjiri Doa, Ada Apa?

Ia menduga jawaban yang muncul dari AA saat diperiksa adalah akibat berada di bawah tekanan.

"Kita harus berpikir, harus ada istirahat supaya kita melihat gangguannya itu memang benar-benar gangguan, bukan karena kelelahan," kata dr Tendry.

Dalam tayangan yang sama, sebelumnya ia menjelaskan pihak dokter akan memberikan visum et repertum psikiatrikum sebagai satu dari alat bukti.

Ia menyebutkan visum tersebut perlu mengingat ada kemungkinan manipulasi terkait kondisi kejiwaan AA.

Baca Juga: Alasan di Balik Foto Wajah Anak Denada yang Ditutup Skiter saat Diunggah ke Media Sosial Akhirnya Terungkap ke Publik

"Kalau Peraturan Menteri Kesehatan itu disebutkan sekitar 1 sampai 14 hari yang harus kita lakukan penilaian, pengukuran, analisis, observasi apakah yang bersangkutan ini konsisten atau tidak," terang dr Tendry.

Instagram warung jurnalis

Sosok pelaku penusukan Syek Ali Jaber

"Ada juga yang namanya malingering, namanya memanipulasi. Jadi kita tetap memintakan pembuatan visum ke kitanya," tambahnya.

Baca Juga: Bisa-Bisa Ditikung Kakaknya, Dul Jaelani Panik Tahu El Rumi Buat Janji Ketemuan dengan Amanda Caesa di Inggris , Si Bungsu Bilang Begini

AA nantinya akan diobservasi di rumah sakit jiwa untuk diketahui kondisi mentalnya.

Lihat videonya mulai menit 8:40

Baca Juga: Batal jadi Calon Mantu, Lutfi Agizal Ternyata Masih Coba Minta Maaf dan Bujuk Iis Dahlia Agar Diberi Kesempatan Kedua, Salahkan Netizen: Kenapa Bawa-Bawa Orang Sekitar Saya?

(Brigitta Winasis)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul "Penusuk Syekh Ali Jaber Lancar Jawab saat Diperiksa, Dokter Ungkap Kemungkinan Manipulasi: Tak Pasti".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya