Selalu Miliki Nama 'Tak Biasa', Nama Cucu Keempat Presiden Joko Widodo Miliki Arti Mendalam, Gabungan dari Jawa, Arab, dan Batak

Selasa, 11 Agustus 2020 | 08:30
Instagram

Bobby umumkan nama anak keduanya

Suar.ID - Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution memberikan nama Panembahan Al Nahyan Nasution kepada anak keduanya.Diketahui, istri Bobby, Kahiyang Ayu melahirkan anak kedua berjenis kelamin laki-laki pada Senin (3/8/2020) lalu di RS YPK Mandiri Jakarta.Nama cucu keempat Jokowi itu diungkap oleh Bobby lewat postingan di akun instagramnya pada Senin (10/8/2020) malam.

Baca Juga: Sikap Anak Tiri Ahmad Dhani Langsung jadi Sorotan saat Diperkenalkan ke Sandiaga Uno: Mulan Banget!"Assalamualaikum...halo om, tante, kakak & abang semuanya...

Kenalkan namaku "Panembahan Al Nahyan Nasution", adeknya kak Sedah Mirah NasutionKesayangan Papa @bobbynst & Mama @ayanggkahiyang," tulis Bobby di akun @bobbynst.Dalam postingan tersebut, Bobby tidak menjelaskan arti nama anaknya itu.

Baca Juga: Peringatan 75 Tahun Bom Atom Hitoshima-Nagasaki, Viral Foto Korban Bocah yang Menggendong Jenazah Adiknya, Berikan Pesan Mendalam: Betapa Berharganya Perdamaian dan Malapetaka yang Ditimbulkan PerangTribunnews.com mencoba melakukan penelusuran soal arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution. Penelusuran Tribunnews.com, nama anak Bobby-Kahiyang itu gabungan dari bahasa Jawa, Arab dan Batak.Kata Panembahan yang menjadi kata pertama berasal dari Bahasa Jawa.Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Panembahan berarti raja atau gelar kebangsawanan.Salah satu raja di Jawa yang menyandang gelar Penembahan adalah Danang Sutawijaya yang merupakan pendiri Kesultanan Mataram. Bergelar Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawa, ia memerintah pada tahun 1587-1601.

Sementara Al Nahyan berasal dari bahasa Arab yang artinya bijak atau yang mencegah dari tindakan yang tercela.Adapun Nasution adalah nama marga Suku Mandahiling di Sumatera Utara. Marga Nasution juga dipakai pada nama anak pertama Bobby-Kahiyang yang berjenis kelamin perempuan yakni Sedah Mirah Nasution.

Baca Juga: Agar Langsung Masuk ke Rekening Anda, Begini Syarat Pencairan Bantuan Rp 2,4 Juta untuk Pekerja Bergaji Dibawah Rp 5 JutaLahir Lebih Cepat dari HPLDokter Anak Rumah Sakit YPK Mandiri, Rina yang menangani persalinan Kahiyang Ayu menjelaskan, anak kedua Bobby dan Kahiyang lahir lebih cepat dari Hari Perkiraan Lahir atau HPL.Kahiyang melahirkan melalui proses sesar dan kini telah dalam keadaan sehat."Memang bayi ini lahir lebih cepat melalui sesar, tapi Alhamdulillah sehat," terang Dokter Rina.Anak kedua Kahiyang dan Bobby lahir bertepatan dengan peringatan Hari ASI Internasional.Pada kesempatan yang sama, Bobby pun menjelaskan kondisi anak keduanya saat lahir.Adik dari Sedah Mirah atau cucu keempat Jokowi berjenis kelamin laki-laki.

Dengan berat 3,4 kilogram serta panjang 49,5 sentimeter."Pada tanggal 3 Agustus 2020, pukul 20.21 WIB istri saya melahirkan anak kami yang kedua berjenis kelamin laki-laki," ungkap Bobby."Alhamdulillah sehat wal afiat dengan berat badan 3,4 kilogram serta tingginya itu 49,5 sentimeter," lanjutnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Selasa 11 Agustus 2020: Aquarius Diikuti Keberuntungan Meski sedang Melewati Perjuangan Berat, Virgo Terlalu BorosBobby mengatakan ada pertimbangan medis dari dokter terkait keputusan proses melahirkan melalui sesar.Ia pun mengucapkan terima kasih atas doa yang sudah diberikan dari keluarga dan rekan.Serta pihak RS YPK Mandiri, beserta tim dokter kandungan serta dokter anak."Proses kelahirannya sesar dengan ada pertimbangan medis yang disampaikan oleh dokter," jelas Bobby."Saya dan keluarga berterima kasih kepada seluruh saudara dan teman-teman yang sudah mendoakan.""Khususnya juga kepada tim dokter di RS YPK Mandiri, ada Prof. Endi dan dr. Rina sebagai dokter anak," tambahnya.Saat itu, Bobby dan Kahiyang masih merahasiakan nama putranya itu. Dalam momen itu, Bobby hanya memberikan bocoran soal nama belakang sang anak.Bobby menuturkan, nama belakang putranya akan menggunakan nama keluarga Nasution. (Daryono)

Baca Juga: Kebijakannya selama Pandemi Kerap Dikritik Orangtua, Siswa dan Guru, DPR Berharap Kurikulum Darurat bisa Menjadi Titik Awal bagi Kemendikbud untuk Memperbaiki Sistem Pendidikan Indonesia yang Carut MarutArtikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya