Inilah Detik-detik Ledakan Besar yang Terjadi di Pelabuhan Beirut Libanon, Dampak Ledakan Hingga 10 Km Serta Puluhan Orang Tewas!

Rabu, 05 Agustus 2020 | 11:15
Kolase: Twitter/BestTweet__

Inilah Detik-detik Ledakan Besar yang Terjadi di Pelabuhan Beirut Libanon, Dampak Ledakan Hingga 10 KM Serta Puluhan Orang Tewas!

Suar.ID -Pada Selasa (4/8) waktu setempat, sebuah ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut.

Dilaporkan ada banyak korban tewas hingga terluka dalam insiden tersebut.

Tak cuma itu bahkan ledakan tersebut sampai merusak bangunan di sekitar tempat kejadian.

Dikutip dari CNN (4/8/2020) sumber ledakan pada awalnya diyakini sebagai kebakaran besar di sebuah gudang penyimpanan petasan di dekat pelabuhan di Beirut.

Baca Juga: Ketiban Batu Luar Angkasa saat Sedang Tidur di Kamar, Wanita Ini Mendadak jadi Terkenal, Namun Akhir Kisah Hidupnya Berujung Malang

Ledakan itu mengirimkan gelombang kejut besar mirip awan jamur dan merusak bangunan dari pelabuhan.

Termasuk bangunan milik mantan Perdana Menteri Saad Hariri dan biro CNN di pusat kota Beirut.

Awan merah menggantung di atas kota setelah ledakan ketika tim pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian untuk mencoba memadamkan api.

Sejumlah besar orang terluka dalam ledakan itu, kata pihak berwenang, dan rekaman video dari tempat kejadian menangkap korban luka yang terhuyung-huyung melalui jalan-jalan di ibukota.

Baca Juga: Memperingati Hari Anak Nasional, Mendikbud Nadiem Makarim Memberikan Pesan bagi Seluruh Pelajar di Indonesia: Belajar bisa Dimana saja

Menteri Kesehatan Lebanon memerintahkan semua rumah sakit di daerah itu untuk bersiap menerima korban luka-luka.

Menurut saksi mata, rumah sejauh 10 kilometer ikut mengalami dampak kerusakan.

Seorang warga Beirut yang beberapa kilometer jauhnya dari lokasi ledakan mengatakan jendelanya telah hancur oleh ledakan.

Baca Juga: Terpaksa Jual Rumah Senilai Rp 3,5 Miliar Karena Jatuh Miskin dan Terpaksa Jualan Kopi di Penjara Demi Bertahan Hidup, Sosok Pedangdut ini Langsung Sumringah Saat Ditemani Sosok Cantik ini Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-40

"Apa yang saya rasakan adalah gempa bumi," kata Rania Masri kepada CNN.

"Apartemen itu bergetar secara horizontal dan tiba-tiba rasanya seperti ledakan dan jendela dan pintu terbuka. Kacanya pecah. Begitu banyak rumah yang rusak atau hancur," kata dia.

Sementara dikutip dari dari usatoday, beberapa stasiun TV lokal melaporkan ledakan itu di pelabuhan Beirut di dalam area tempat kembang api disimpan.

"Jika itu kembang api, seperti yang dikatakan beberapa sumber berita - itu adalah kembang api besar," kata koresponden CNN Beirut Ben Wedeman.

Baca Juga: Remuk Redam Dicerai dan Anak dalam Kandungannya Tak Diakui Enji, Ayu Ting Ting Bongkar Caranya Bangkit dan Kini Hidup Sangat Mapan

Dia mengatakan dia "tidak pernah merasakan hal seperti itu ... [Saya] sudah berada di sekitar blok dan melihat ledakan yang cukup besar ... dan ini lebih besar."

Kepala biro Washington Post Beirut Liz Sly melaporkan "orang-orang yang berdarah, puing-puing menumpuk di semua bagian,"

Baca Juga: Kini Sedang Mesra-mesranya, Denny Darko Beberkan Hubungan Billy Syahputra dan Amanda Manopo tak akan Sampai ke Pelaminan karena Hal Ini: Amat Disayangkan

(Rizal Setyo Nugroho)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Detik-detik Ledakan Besar Guncang Pesisir Beirut, Lebanon".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya