Meskipun Berpotensi Mematikan, Negara Ini Justru Gemar Menyajikan Jamur Beracun di Restoran Berbintang!

Sabtu, 25 Juli 2020 | 12:00
Wikimedia

False Morel

Suar.ID - Gyromitra esculenta atau False Morel, adalah jamur Musim Semi yang mengandungracun dan karsinogen gyromitrin.

Hal inilah yang membuat jamur ilegal untuk dijual dan dimasak diberbagai belahan dunia.

Namun di Finlandia, jamur ini malah dianggap sebagai sebuah kelezatan yang tak ternilai.

Jamur False Morel secara historis telah dikonsumsi di Eropa utara selama berabad-abad, tetapi ketika ilmu kimia dan obat-obatan berkembang, jamur ini menjadi terlarang karenamengandung gyromitrin dalam jumlah kecil.

Gejala yang terkait dengan konsumsi racun dan karsinogen iniantara lain: membuat sakit kepala parah, muntah, mual, pusing yang ekstrem, diare, kerusakan pada hati, bahkan kematian.

Penjualanfalse morel di negara-negara seperti Swedia dan Norwegiasangat ilegal tahun lalu, tetapi di Finlandia banyak orang masih memakannya dengan penuh semangat!

Baca Juga: Awalnya Wanita Hamil ini Lahap Makan Sup, Namun Tak Lama Ia Hanya Bisa Terdiam Saat Temukan Tikus Mati di Makanannya, Pihak Resto Bukannya Minta Maaf Malah Tawari Gugurkan Janinnya: Kami Menawarkan Rp 43,3 Juta untuk Menggugurkannya

Great Big Story baru-baru ini menampilkan video yang menarik tentang popularitas False Morels di Finlandia, yang dapat dikonsumsi bila diolah dengan benar.

Banyak orangmengklaim bahwa gyromitrin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Jadi wajar bilabanyak orang tidak boleh memakannya secara teratur dan harus mengolah jamur ini secara benar bila akan dikonsumsi.

Falsemorel pertama-tama harus dibilas dengan banyak air dingin (satu liter untuk setiap 50 gram jamur) selama beberapa jam.

Jamur-jamur ini harus direbus dalam banyak air selama sekitar sepuluh menit, minimum lima menit.

Baca Juga: Sungguh Menjijikkan, sedang Asyik Menyantap Sup, Wanita Hamil Ini Syok Melihat Tikus Mati di dalam Hotpot, Pihak Restoran Malah Menawarkan Pelanggannya untuk Aborsi!

Selama langkah ini, orang yang memasak harus berhati-hati untuk tidak menghirup asap dari panci, karena asap dari jamur dilaporkan dapat membawa gyromitrin juga.

Setelah mendidih, jamur harus dikeringkan dalam saringan dan dibilas dengan air dingin lagi.

Kemudian langkah tadi harus diulangi sebelum false morel dapat dikonsumsi atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Bahkan setelah melalui semua langkah ini, masih ada jejak gyromitrin dalam jamur.

Wikimedia

False Morel

Menurut Nordic Recipe Archive, "Seseorang seharusnya tidak pernah tinggal di ruangkecil bersama dengan false morel yang segar, seperti di dalam mobil atau di ruangan yang berventilasi buruk."

"Orang-orang diketahui menderita sakit kepala dan mual yang disebabkan oleh asap false morel yang beracun ketika bepergian di dalam mobil dengan sekeranjang jamur di samping mereka."

Pada satu titik, diyakini bahwa mengeringkan false morel dapat membuat mereka aman untuk dikonsumsi, tetapi penelitian telah menemukan bahwa itu juga salah.

Baca Juga: Punya Masa Lalu yang Kelam, Mantan Artis Cilik ini Ngaku Pernah Hamil di Luar Nikah Hingga Terpaksa Menjanda di Usia Muda, Kini Beginilah Nasib Mantan Personil Trio Kwek Kwek Setelah Jadi Ibu dari 5 Anak...

Oleh karena itu, jamur kering harus diproses dengan langkah-langkah yang benar dan aman.

Keracunan gyromitrin dapat menyebabkan berbagai gejala gastrointestinal dan neurologis,kerusakan hati, kerusakan ginjal, menyebabkan kejang atau koma, dan dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan kematian.

Meskipun bahaya yang ditimbulkan oleh jamur false morel sangat nyata, negara Finlandiamalah menggunakanjamur berbahaya ini di restoran bintang Michelin dan bahkan dijual sebagaiproduk kalengan di supermarket.

Namun penjualanjamur-jamur beracun ini diatur secara ketat oleh pihak berwenang: tanda-tanda peringatan harus ditempatkan di lorong tempat mereka dijual, dan kemasannya harus berisi instruksi pemrosesanmemasak yang benar.

(Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : YouTube

Baca Lainnya