Peduli Tubuhmu: Kenali Baik-baik, Ini 7 Tanda Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi, Akibatnya Bisa Sangat Fatal

Senin, 20 Juli 2020 | 11:05
News Medical

Peduli Tubuhmu: Kenali Baik-baik Tandanya, Ini 7 Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi, Akibatnya Bisa Sangat Fatal

Suar.ID -Peduli tubuhmu!

Termasuk peduli dengan kondisi tubuh yang tak terhidrasi dengan baik atau dalam istilah populer dehidrasi.

Kita tahu.air membentuk 60% dari tubuh manusia dan dibutuhkan untuk membantu menjaga berat badan yang sehat, membersihkan racun dari tubuh, dan menghasilkan cairan tubuh seperti air liur.

Air juga berkontribusi pada fungsi usus yang teratur, kinerja otot yang optimal, dan kulit yang tampak muda dan tampak muda.

Namun, tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi dan gejala-gejala buruk, termasuk kelelahan, sakit kepala, kekebalan yang melemah, dan kulit kering.

Mungkinkah masalah kesehatan Anda disebabkan oleh tidak minum cukup air?

Berikut ini tujuh tanda yang menunjukkan Anda mungkin perlu mulai minum lebih banyak air untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan kesehatan.

1. Napas buruk

Air sangat penting untuk produksi air liur dan membantu membilas bakteri sehingga Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Kurangnya air menghambat produksi air liur dan menyebabkan bakteri menumpuk di lidah, gigi, dan gusi, berkontribusi pada bau mulut.

Jika Anda mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, namun terus menderita bau mulut kronis, mungkin Anda tidak minum cukup air.

Buat janji dengan dokter Anda jika bau mulut berlanjut setelah meningkatkan asupan air Anda untuk menyingkirkan penyebab mendasar lainnya seperti penyakit gusi, diabetes tipe 2, dan masalah hati atau ginjal.

2. Kelelahan

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan kehilangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh.

Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan penurunan volume darah yang memberikan tekanan berlebih pada jantung untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke organ, termasuk otot.

Kekurangan air dapat menyebabkan Anda mengalami periode kelelahan dan energi rendah saat tubuh Anda mencoba berfungsi tanpa air yang cukup.

Jika Anda terus-menerus merasa lamban dan lelah meskipun tidur nyenyak di malam hari, Anda mungkin perlu meningkatkan asupan air.

3. Penyakit yang sering menyerang tubuh

Air membantu membersihkan racun, limbah, dan bakteri dari tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga Anda menjadi lebih jarang sakit.

Jika sepertinya Anda selalu sakit, Anda mungkin perlu mulai minum lebih banyak air agar tubuh Anda bebas dari racun dan berfungsi pada tingkat optimal.

Karena kekurangan air juga menyebabkan kelelahan, Anda mungkin cenderung kurang aktif secara fisik, faktor risiko lain untuk kekebalan yang melemah.

4. Sembelit

Air meningkatkan pencernaan yang baik dan buang air besar secara teratur dengan menjaga feses Anda tetap lembut dan menggerakkannya dengan mudah melalui saluran pencernaan.

Tidak meminum cukup air dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan air dari feses untuk mengkompensasi kehilangan cairan, menyebabkan feses menjadi lebih keras dan kencang yang lebih sulit untuk dilewati.

Jika buang air besar tidak teratur dan jarang, cobalah minum lebih banyak air untuk melonggarkan tinja, meredakan sembelit, dan kembung.

5. Kesehatan kulit buruk

Air melembabkan dan menumbuhkan sel-sel kulit untuk membuat kulit Anda terlihat lebih cerah, bersemangat, dan lebih muda, melansir dari healthcareassociates.

Namun, kekurangan air dapat menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya, yang menyebabkan kulit kering, terkelupas, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

Air bahkan membantu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya dengan membilas racun berbahaya dari tubuh.

Jika produk kecantikan dan perawatan kulit gagal memperbaiki penampilan kulit Anda, minumlah lebih banyak air untuk mendapatkan penampilan yang lebih muda dan untuk mengurangi atau memperbaiki masalah kulit.

6. Mengidam gula

Dehidrasi mengganggu kemampuan tubuh untuk mencapai penyimpanan glukosa untuk energi dan dapat memicu keinginan untuk makanan yang tinggi gula dan karbohidrat.

Mengidam yang tidak biasa dan mendadak untuk makanan manis seperti cokelat, donat, kue, dan permen mungkin mengindikasikan bahwa tubuh Anda sangat membutuhkan air, bukan makanan.

Jika Anda mengalami mengidam gula atau rasa lapar meskipun baru-baru ini Anda makan, cobalah minum lebih banyak air untuk merehidrasi tubuh Anda dan tetap mengidam.

7. Kencing berkurang

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, ginjal mempertahankan cairan sebanyak mungkin untuk mempertahankan fungsinya.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan buang air kecil, salah satu tanda paling umum dari asupan air rendah.

Kekurangan air dapat menyebabkan urin Anda menjadi lebih gelap warnanya, bau lebih kuat, dan penampilan lebih gelap.

Anda juga mungkin menghadapi risiko infeksi saluran kemih yang lebih tinggi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk membuang racun dan bakteri.

Anda akan tahu Anda minum cukup air ketika Anda mulai buang air kecil lebih sering dan urinnya lebih jernih, warnanya lebih ringan, dan jauh lebih tidak berbau. (ktw)

Artikel ini adalah bagian dari kampanye #pedulitubuhmu yang dibuat Intisari. Nantikan infografis-infografis menarik berisi fakta-fakta kesehatan di akun Instagram @pedulitubuhmu.

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel ini sudah tayang di Intisari dengan judul Peduli Tubuhmu: 7 Tanda Tubuh Ketika Anda Tidak Minum Air yang Cukup

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya