Temukan Ide Brilian untuk Hilangkan Titik Buta di Mobil, Gadis Remaja Ini Langsung dapat Hadiah Rp 360 Juta!

Senin, 13 Juli 2020 | 20:30
Kolase Good Times

Alaina Gassler berhasil menemukan solusi untuk menghilangkan titik buta di mobil.

Suar.ID -Alaina Gassler yang berusia 14 tahun dari West Grove, Pennsylvania, Amerika Serikat memahami betapa problematis titik butaketika berbicara soal mengemudi.

Jadi, dia menciptakan prototipe luar biasa yang mengubah titik buta tidak terlihat dan dengan demikian, menghilangkan titik buta seutuhnya.

Desain pilar-A dalam mobil memainkan peran besar untuk mendukung kaca depan dan melindungi penumpang jika terjadi tabrakan.

Ironisnya, kadang-kadang juga menyebabkan kecelakaan karena menciptakan titik buta.

Baca Juga: Viral Mobil Listrik Murah asal China: Harganya cuma Rp 13 Juta-an dan Fitur-fitur Hebatnya Bikin Melongo!

Itulah yang Alaina sadari ketika dia melihat ibunya tidak suka menyetir Jeep Grand Cherokee keluarga mereka karena pilar-A-nya yang menyebabkan titik buta.

Titik buta adalah area jalan yang tidak terlihat oleh pengemudi dari posisi duduk biasanya saat mengemudi.

"Ada begitu banyak kecelakaan mobil dan cedera serta kematian yang bisa dicegah dari pilar yang tidak ada di sana," kata Alaina dalam video Society for Science.

"Dan karena kita tidak bisa melepasnya dari mobil, saya memutuskan untuk menyingkirkannya tanpa harus secara langsung menyingkirkannya."

Baca Juga: Majikannya Dikenal Berhati Malaikat, Suteng hampir Menangis Diberi Hadiah Mobil oleh Ashanty, Tapi Keberatan dengan Syaratnya: Boleh Saya Jual Enggak?

Dengan menggunakan webcam, proyektor, adaptor cetak 3D, dan kain reflektif, Alaina mengubah pilar-A mobil menjadi tidak terlihat dengan menampilkan gambar titik buta ke pilar-pilar.

Pertama, dia memasang webcam ke pilar-A.

Kemudian, sebuah proyektor yang melekat pada atap di dalam mobil digunakan untuk menampilkan gambar dari webcam.

Selanjutnya, ia menggunakan kain reflektif untuk menutupi pilar-A gunamemungkinkan cahaya dari proyektor memantulkan kembali ke sumber cahaya dan menghentikan cahaya memantul ke berbagai arah.

Good Times
Good Times

Baca Juga: Seorang Sopir Truk yang Terguling Menangis karena Minyak Mentah Tumpah ke Sungai dan Takut Dimarahi, Reaksi Bosnya Tak Terduga!

Alaina juga dengan pencetak 3D mencetak bagian khusus untuk membiarkan proyektor fokus dari jarak dekat.

Berkat idenya yang menyelamatkan jiwa dan inovasinya, Alaina dianugerahi Hadiah US $25.000 (Rp 360 juta) oleh Samueli Foundation.

Hadiah ini adalah penghargaan tertinggi dalam Broadcom MASTERS, kompetisi sains dan teknik terbaik di AS untuk siswa sekolah menengah.

Menurut Alaina, dia tidak berharap bisa mengalahkan 29 pesaing lainnya di Broadcom MASTERS.

Baca Juga: Kini Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara karena Nekat Membakar Mobil Mewah Idolanya, Pije Masih Bersikeras Mengaku sebagai Fans Berat Via Vallen: Jangan Mentang-mentang Fans bisa Berbuat Seenaknya!

"Saya memiliki keyakinan bahwa saya mungkin memenangkan salah satu hadiah kategori STEM, karena saya merasa seakan saya berhasil dengan baik dalam kategori teknik,"

"Tetapi begitu mereka mencapai pengumuman untuk hadiah utama, saya kehilangan harapan," kata Alaina kepada CNN.

"Ketika nama saya dipanggil, saya mulai gemetaran karena saya sangat tak menyangka."

Good Times
Good Times

Baca Juga: Nahas, usai Nekat Membakar Mobil Mewah Idolanya, Pije Terancam Divonis Hukuman 12 Tahun Penjara, Via Vallen: Pinter Polisinya

Alaina juga mengatakan bahwa sementara memenangkan hadiah utama adalah salah satu pencapaian terbesarnya sejauh ini, dia bangga bahwa penemuannya dapat membantu saudaranya untuk mengemudi lebih aman

"Ketika saya melakukan penelitian, saya menemukan bahwa ada lebih dari 840.000 kecelakaan mobil terkait blind spot per tahun dan itu hanya di AS, yang membuat proyek ini secara signifikan penting bagi saya," katanya.

Siswa baru sekolah menengah di Avon Grove Charter School tersebut berharap untuk merancang prototipe yang lebih unik dan mematenkan ide sebelum mengirimkannya ke perusahaan otomotif seperti Tesla.(Ervananto Ekadilla/Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : CNN, Good Times

Baca Lainnya