Bikin Shock, Pria yang Kesehariannya Ngemis di Jalanan ini Rupanya Seorang Miliyuner, Kekayaannya Bisa Capai Rp 1 Miliar!

Kamis, 28 Mei 2020 | 10:30
Pixabay

Ilustrasi - Bikin Shock, Pria yang Kesehariannya Ngemis di Jalanan ini Rupanya Seorang Miliyuner, Kekayaannya Bisa Capai Rp 1 Miliar!

Suar.ID -Sebuah kisah menjadi viral tepat setahun yang lalu.

Kisah tersebut menceritakan seorang pengemis yang ternyata adalah seorang miliyuner.

Pengemis bernama Legiman tersebut berasal dari Pati, Jawa Tengah.

Bukan tanpa sebab, Legiman yang sehari-harinya bertahan hidup sebagai pengemis di Kawasan Simpang Lima Pati, ternyata adalah seorang milyuner di kampung halamannya.

Baca Juga: Tak Sadar Ungkap Kejahatannya Sendiri, 5 Pria Rekam Hingga Sebar Video Aksi Mereka Perkosa Seorang Gadis saat Dalam Kondisi Mabuk

Tak tanggung-tanggung, kekayaan Legiman si pengemis milyuner di kampung bisa mencapai miliaran Rupiah.

Ya, seorang pengemis bernama Legiman (52) terjaring operasi penertiban Pengemis, Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT).

Ia diciduk oleh oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati di Kawasan Simpang Lima Pati, Jawa Tengah, Sabtu (12/1) petang.

Baca Juga: Cerita Konyol Maling Apes Tak Sadar Mencuri di Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19, Ketangkap Basah Rekaman CCTV, Begini Nasibnya

Usai ditangkap bersama PGOT lainnya, Legiman di bawa ke kantor Satpol PP untuk dimintai keterangan.

Dikutip dari Tribun Jateng, Selasa (15/1) rupanya Legiman bukan baru sekali ini saja kena jaring operasi Satpol PP.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Kabupaten Pati, Udhi Harsilo Nugroho usai memintai keterangan Legiman ia amat terkejut.

Baca Juga: Raffi Ahmad Tiba-Tiba Kunjungi Keluarga Olga Syahputra Usai Billy Dikabarkan Jual Rumah Kakaknya, Bagikan THR Uang Segepok: Ini 10 Juta Buat Bapak dan Ibu

Nyatanya Legiman bukan pengemis kere, dirinya punya harta kekayaan sebesar Rp 1 miliar!

"Setelah kami interogasi, yang bersangkutan mengaku memiliki rumah senilai Rp 250 juta, tanah senilai Rp 275 juta, dan tabungan di bank sejumlah Rp 900 juta," ungkap Udhi.

Legiman yang berdomisili di Perumahan Ngawen, Margorejo, Pati, saat di razia kedapatan membawa uang tunai sebesar Rp 695 ribu.

Uang tersebut rupanya hasil mengemis dalam satu hari.

Baca Juga: Kerap Tampil Bersama Hingga Pamer Kemesraan di Media, Atta Halilintar Grogi Ditanya Anang Hermansyah Soal Keseriusan dengan Aurel: Semoga Bisa Berkeluarga

"Minggu lalu dia sudah pernah tertangkap. Kami hitung hasil mengemisnya, dapat Rp 1.043.000. Malam ini, kami hitung perolehannya Rp 695.000," tambah Udhi.

Legiman lantas mengaku jika hari itu tidak hujan dirinya bisa mendapatkan lebih dari Rp 695 ribu dalam sehari.

"Dia bilang, berhubung hujan, jadi sepi," kata Udhi.

Udhi kemudian mengatakan jika Legiman dan PGOT lainya bisa kena hukuman jikalau tak menaati Peraturan Daerah No.7 Tahun 2018.

Baca Juga: Rafathar Akhirnya Buka-bukaan Kenapa Dia Sering Marah-marah kepada Baim Wong dan Teman-teman Ayahnya, Pengasuhnya Ini yang Jadi Tempat Curhat

"Baik yang meminta-minta maupun yang memberi dikenakan denda Rp 1 juta. Jangan dikira pengemis-pengemis itu orang yang tidak berpunya," tuturnya.

Kompas
Kompas

Legiman si Pengemis Kaya

Sebelum ditangkapnya Legiman, pada Sabtu (12/1) Satpol PP Kabupaten Pati sudah mengamankan tiga pengemis di perempatan Lawet Jalan Panglima Sudirman.

Baca Juga: Ketahuan Diam-diam Ambil Uang Tanpa Sepengetahuan Sang Istri, Raffi Ahmad Kena Semprot Nagita Slavina: Nggak Bisa, Itu Uang Aku Semua!

Salah satu dari ketiganya bahkan membawa kartu ATM dan Buku Tabungan Bank.

"Ada juga yang memiliki kartu ATM dan buku tabungan," ujar Udhi Harsilo Nugroho.

Udhi melanjutkan jika ketiga pengemis itu baru beberapa jam meminta-minta namun sudah mendapat uang puluhan ribu rupiah.

"Baru beberapa jam mengemis, masing-masing mereka mendapat Rp 25.500, Rp 35.000, dan Rp 59.500," ujar Udhi.

Baca Juga: Hadapi Peningkatan Jumlah Kasus Corona di Indonesia, Pakar Menilai Kebijakan Jokowi tak jelas seperti Main Tebak-tebakan: Ga ada Dasarnya

(Seto Ajinugroho)

Artikel ini telah tayang di Gridhot.ID dengan judul: "Cerita Legiman Si Pengemis Kaya, Jika Sedang Apes Sehari Bisa Kantongi Rp 695 Ribu".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya