Ini yang Kita Butuhkan, Masker Buatan Indonesia yang bisa Cegah Virus Corona dan sudah Diekspor ke Banyak Negara Maju Ini bisa Dicuci sampai 30 Kali! Segini Harganya

Jumat, 24 April 2020 | 17:15
Warta Kota

Pekerja tengah menyelesaikan produksi masker dan alat pelindung diri (APD) di Pabrik Tekstil PT Pan Brothers Tbk, Banten, Senin (20/4/2020).

Suar.ID -Indonesia diberitakan mengimpor alat pelindung diri (APD) dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan APD para tenaga medis kita menyusul terus bertambahnya pasien virus corona di berbagai rumah sakit rujukan Tanah Air.

Ternyata, ada perusahaan nasional yakni, PT. Pan Brothers Tbk yang mampu memproduksi masker kain dan baju hazmat yang dapat diandalkan untuk mencegah virus Corona.

Masker medis buatan perusahaan ini dapat dicuci sebanyak 30 kali itu, telah diproduksi sebanyak 10 juta lebih.

Perusahaaan ini akan memproduksi 100 juta masker setelah berhasil memasarkan pula APD hazmat.

Baca Juga: Kesal Ditegur Karena Tak Pakai Masker, Pria Ini Nekat Bacok Satpam Komplek, Aksinya ini Bahkan Sampai Terekam CCTV!

Vice Chief Executive Officer PT. Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto mengatakan, APD produksi Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan APD yang diproduksi negara-negara lainnya seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Anne mengaku perusahaannya mendapatkan order pembelian APD berupa masker dan hazmat, dari berbagai negara maju, misalnya saja dari Amerika Serikat, Jepang, Singapura, India dan China.

"Permintaan dari empat benua."

"Ada yang langsung ke perusahaan kami, ada juga melalui pemerintah,"

"Namun rencana kami utamakan produksi untuk dalam negeri, jadi 20 persen ekspor dan 80 persen dalam negeri," kata Anne kepada WartaKotaLive.Com, Tribun Network, di kantornya di Tangerang, Banten, beberapa hari lalu.

Baca Juga: Bikin Netizen Berlinang Air Mata, Viral Potret Pemulung yang Melakukan Hal Positif Ini di Tengah Wabah Virus Corona

Awal bulan Maret, jauh sebelum Indonesia sibuk dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dan physical distancing, Anne sudah mulai mewajibkan seluruh pegawainya memakai masker.

Baik pegawai kantor dan pegawai pabrik diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah berkegiatan.

"Kira-kira itu 1 Maret 2020 ketika Presiden mengumumkan tentang pasien pertama Covid-19," ungkap Anne.

Kemudian, perusahaan ini membangun divisi usaha baru, yakni divisi masker.

Pan Brothers dan jaringan telah memproduksi 10 juta masker kain yang dapat dicuci.

Warta Kota
Warta Kota

Vice Chief Executive Officer PT. Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto.

Baca Juga: Perusahaannya sedang Loyo karena Wabah Virus Corona, Ruben Onsu malah Kena Tipu saat Belanja Online Ini

Di luar produksi itu, perusahaan telah menyumbangkan 100 ribu lembar masker kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Masker dapat dicuci yang diproduksi PBRX terdiri atas tiga jenis yaitu masker kain biasa, masker dengan lapisan anti-virus dan anti-mikroba; jenis ketiga masker yang dilengkapi anti-virus, anti-mikroba, dan lapisan air.

Masker jenis ketiga diklaim mampu menangkal virus Corona.

Semua masker ini bukan produk untuk tim medis, melainkan untuk masyarakat umum.

Baca Juga: Ingatkan Kematian, Pocong di Lamongan Gentayangan Malam-malam untuk Lakukan Ini kepada Warga yang Keluar Rumah Tanpa Masker Selama Wabah Virus Corona

Publik dapat memesan produk masker dan APD Pan Brothers, minimum pembelian masker sebanyak 5.000 pieces dengan harga satuan sesuai dengan jenis maskernya yakni Rp 3.000/pcs untuk tipe 1, Rp 7.000/pcs tipe 2 berharga puluhan ribu tipe 3, yakni masker kain yang dapat menangkal virus Corona dijual Rp 15.000/pcs.

Adapun hazmat (pakaian pelindung diri dokter dan paramedias) dapat dicuci dan dilengkapi lapisan tahan air.

Untuk pemesanan Hazmat dapat dicuci (washable) dijual seharga satuan Rp 750.000/pcs, sedangkan untuk hazmat disposable minimum pemesanan 1.000 pcs.

Baca Juga: Lagi Asyik Bagikan Nasi dan Masker ke Warga, Tiba-tiba ada Kakek Santuy yang Asal Nyelonong Masukkan Tangan ke dalam Mobilnya, Andre Taulany Langsung Bertindak Tegas!

Dapat Dicuci Sampai 30 Kali

Warta Kota
Warta Kota

Vice Chief Executive Officer PT. Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto.

Masker tipe tiga sudah diproduksi PT. Pan Brother secara bertahap.

Saat ini mereka masih menunggu sertifikasi dari berbagai Kementerian agar lolos dan dapat diedar ke pasaran.

Baca Juga: Beredar Video Kesibukan di RS Mengurus Pasien Corona Mendadak Heboh Gegara 1 Sosok, Masker Dibuka Ternyata Ariel NOAH, Ini Faktanya

"Namun kain dari masker tipe tiga kami sudah lolos sertifikasi dari Balai Test Kementerian Perindustrian."

"Sekarang tinggal tunggu test lain dan semoga bisa segera launching," kata Anne.

Masker tipe tiga itu disebut mengandung cairan kimia yang diolah ke kain masker, dan tetap ramah terhadap tubuh manusia.

Cairan kimia itu disebut dapat menangkal virus Corona.

Baca Juga: Mengaku Polisi, Pemuda Layangkan Tendangan ke Pria Paruh Baya Gara-Gara Diingatkan untuk Memakai Masker, Begini Kronologi Lengkapnya

Selain itu masker tersebutjuga tidak perlu diganti empat jam sekali.

Pengguna dapat memakai masker seharian setelahnya baru dicuci dengan detergen.

"Masker ini dapat dicuci sampai 30 kali."

"Jadi sampai 30 kali pemakaian cairan kimia antivirus corona itu masih berfungsi," tutur Anne.

Baca Juga: Dosen unsoed ini Buat Masker Canggih yang Akan Menyala Jika Lewat Daerah yang Memiliki Pasien virus Corona, Begini Cara Kerjanya...

Setelah 30 kali pencucian masker tipe tiga itu akan berubah fungsinya menjadi masker kain pada umumnya.

Jika sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah, Anne berencana memproduksi 100 juta masker kain antivirus Corona.

“Target kami menuju produksi 100 juta washable maskers, serta ke depan target 300 juta masker, lalu 1 juta washable hazmat, dan 10 juta disposable hazmat,” ujar Anne Patricia Sutanto.

"Indonesia jadi punya medical grade persembahan dari Pan Brothers untuk Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Masuk Area Komplek Wajib Menggunakan Masker, Pria ini Tak Terima Saat Ditegur dan Malah Nyolot Cari Perkara, Netizen: Gak Punya Etika Ih!

Selain memiliki antivirus Corona, masker itu juga dirancang agar ramah terhadap kebiasaan masyarakat.

Masker itu memiliki dua pengait yakni di telinga dan di kepala. Sehingga ketika telinga sudah mulai perih ketika memakai masker, maka pengait di kepala tetapbisa diandalkan.

"Jadi masker ini juga bisa digantungkan di leher, karena masker saat ini harus dipakai masyarakat selayaknya kebutuhan sandang pada umumnya," tutur Anne.

Anne berharap masker produksinya segera dapat dipasarkan.

Baca Juga: Tampar Hingga Sempat Ancam Akan Bunuh Perawat Rumah Sakit, Satpam Ini Kini Cuma Bisa Tertunduk dan Minta Maaf Setelah Ditangkap Polisi

Hal itu menurutnya akan menjadi solusi sementara warga dunia dalam menghadapi wabah Covid-19 selagi para ilmuwan mencari vaksin atau antivirus Corona.

"Sehingga diharapkan dengan masker ini, kita bisa beraktivitas normal seperti sebelum virus Corona mewabah di dunia," ujar Anne.

(Warta Kota/Desy Selviany)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Warta Kota

Baca Lainnya