Pasar Hewan Wuhan Disebut sebagai 'Biang Kerok' Virus Corona, Ternyata Inilah Alasan Orang China Suka Makan Hewan Liar

Jumat, 24 April 2020 | 10:30
Pinterest

Ilustrasi pasar hewan di wuhan

Suar.ID-Wabah virus corona (covid-19) disebut berasal dari pasar hewan liar di Wuhan, China.

Perlu diketahui, pasar tersebut menjual berbagai jenis hewan termasuk hewan liar yang tak lazim untuk dimakan.

MelansirDaily Expresspada Kamis (23/4/20), pasar itu dilaporkan menjual sekitar 75-120 spesies satwa liar dan eksotis.

Seperti tikus, berang-berang, trenggiling, ular, anjing hingga kelelawar.

Baca Juga: Dituding jadi Biang Keladi Covid-19, Laboratorium di Wuhan Bantah Manipulasi Virus Corona hingga Kontak dengan Pasien Nol, WHO Angkat Bicara

Satwa liar dan eksotis itudiyakini sebagai inang dari virus corona sebelum akhirnya menular ke manusia, ungkap Profesor Peter Li, seorang ahli politik domestik di China.

Sementara itu, Profesor Li mengatakan, bukan hal mengejutkan jika China memang memiliki ketertarikan pada hewan-hewan liar.

"Hewan di bagian bawah sering direndam dengan segala jenis cairan, kotoran hewan, nanah, darah, dan apapun cairan dari hewan itu," katanya.

Baca Juga: Nasib Tragis Pria Berjuluk Big Dad, Punya 42 Istri, 156 Anak dan 250 Cucu, Pria Ini Meninggal karena Kanker Prostat

Kemudian, Li juga menjelaskan asal usul pasar hewan dan alasan mengapa orang China gemar makan satwa liar hingga kini.

Ternyata semua itu berawal 50 tahun lalu pada saat di mana kelaparan melanda Tiongkok.

"Alasan semua hewan ini ada di pasar adalah karena keputusan yang dibuat pemerintah Tiongkok beberapa dekade lalu," katanya.

"Pada tahun 70-an, Tiongkok berantakan, kelaparan yang menewaskan lebih dari 36 juta jiwa, rezim komunis yang mengendalikan semua produksi pangan, gagal memberi 900 juta penduduk China,"Jelasnya

"Pada tahun 1978, di ambang kehancuran, rezim menyerahkan kendali ini dan mengizinkan pertanian swasta," imbuhnya.

"Sementara perusahaan besar semakin mendominasi produksi makanan populer seperti daging babi, unggas dan lainnya, petani kecil beralih menangkap hewan liar untuk bertahan hidup," sambungnya.

Baca Juga: Seret ART ke Polsek karena Mencuri, Majikan Justru Terancam Dibui, Kekejamannya Terbongkar Usai Polisi Curigai Hal Ini

chinadaily.com.cn

Wuhan pasar hewan liar

Menurut Li, proses hukum inilah yang mempercepat pertanian satwa liar di Tiongkok.

"Pada awalnya, kebanyakan rumah tangga petani, memelihara penyu di halaman belakang rumah," katanya.

"Sangat penting bagi pemerintah untuk mendorong orang mencari nafkah melalui kegiatan produksi apapun. Jika Anda bisa mengangkat diri dari kemiskinan, apapun yang Anda lakukan tidak apa-apa," tambahnya.

Kemudian tahun 1988, pemerintah membuat keputusan dalam bentuk perdagangan satwa liar di Tiongkok.

Undang-Undang itu mengatakan hewan sebagai sumber daya yang dimiliki negara, dan melindungi orang dari pemanfaatan sumber daya alam liar.

UU ini akhirnya mendororong domestikasi dan pembiakan hewan liar.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 24 April 2020: Cancer Bad Mood, Aquarius Tentukan Keputusan dengan Matang

"Itu adalah masalah hukum yang menghancurkan, mengatakan satwa liar sebagai sumber daya alam berarti, itu adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk kepentingan manusia," ujar Li.

"Peternakan lokal kecil berubah menjadi operasi skala industri dan populasi yang lebih besar berarti hewan hewan ini semakin banyak, semakin banyak pula membawa penyakit. Para petani membawa banyak jenis hewan liar, yang artinya lebih banyak virus di peternakan," imbuhnya.

"Meski demikian, hewan-hewan ini kemudian disalurkan ke pasar untuk mencari keuntungan," jelasnya.

"Hewan-hewan ini terancam punah, diperdagangkan Tiongkok, hingga pada akhirnya pemerintah China mulai menerapkan aturan ketat," paparnya.

Pada tahun berikutnya, China mulai menerapkan undang-undang untuk melindungi hewan yang terancam punah, sayangnya praktik ini terlanjur menjadi budaya di China.

Sementara penjual satwa liar mempromosikannya hewan liar memiliki kandungan khusus yang memiliki manfaat bagi tubuh, dan tentu saja bisa melawan penyakit.

Saat ini mayoritas orang Tiongkok sebenarnya sudah tidak memakan satwa liar.

Mereka yang mengonsumsinya adalah orang kaya dan penguasa dalam minoritas kecil.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul"Inilah Alasan Orang China Gemar Makan Hewan-Hewan Liar, Semuanya Berawal dari Kisah Tragis yang Dialami China Pada 50 Tahun Lalu Ini"

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya