Sedih Masih Banyak Jenazah Pasien Virus Corona yang Ditolak, Kades ini Sumbangkan Tanahnya Untuk Dijadikan Pemakaman Bagi Korban Virus Corona

Rabu, 15 April 2020 | 11:45
Kolase: facebook/Badar Roedin

Sedih Masih Banyak Jenazah Pasien Virus Corona yang Ditolak, Kades ini Sumbangkan Tanahnya Untuk Dijadikan Pemakaman Bagi Korban Virus Corona

Suar.ID -Belum lama ini sebuah video menjadi viral di media sosial.

Dalam video ini memperlihatkan seorang pria yang mengaku akan menyumbangkan tanahnya untuk makam pasien virus corona.

Pria ini diketahui adalah seorangKepala Desa di Wonosobo, Jawa tengah.

Video ini diunggah oleh sebuah akun Facebook Badar Roedin pada Sabtu (11/4).

Baca Juga: Kelaparan Karena Negaranya Terapkan Lockdown, Seorang Ibu di India ini Tega Lempar 5 Anaknya Sendiri ke Sungai Gangga!

Hingga Rabu (15/4/2020) pagi, unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 91.000 kali dan dibagikan lebih dari 1.500 kali.

Dalam unggahannya juga terdapat narasi sebagai berikut.

"Bismillahirrahmanirrahim, saya Badarudin kebetulan saya kades d Ds Talunombo , melihat berita d berbagai daerah di tv,Hp dll nya adanya penolakan terhadap korban dan Tenaga Medis oleh ganas nya covid 19,yang telah mengorbankan banyak manusia.

"Saya ikut andil menyediakan lahan yang nantinya digunakan untuk pemakaman korban, bagi korban ini semua bukan suatu kemauan namun keadaan yg memaksa."

Baca Juga: Meskipun Hasil Rapid Test Negatif Covid-19, namun Seorang PDP di Pasuruan ini Meninggal Dunia! Kok Bisa?

Berdasarkan narasi yang disampaikan, orang yang berbicara tersebut adalah Kepala Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, yang bernama Badarudin.

Penelusuran Kompas.com

Guna mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut, Kompas.com menghubungi pemilik akun Facebook tersebut, Badarudin.

Badarudin mengungkapkan, orang yang ada dalam video tersebut adalah benar dirinya sendiri.

Baca Juga: Reaksi Paula Verhoeven Dipanas-panasi Soal Hubungan Masa Lalu Baim Wong dengan Pedangdut Cantik, Raffi Ahmad: Pernah ke Apartemennya Loh

Ia mengaku ingin menyumbangkan lahan pribadinya tersebut karena prihatin melihat banyak jenazah pasien virus corona yang ditolak di beberapa daerah.

"Iya di video itu benar saya.

"Monggo bagi jenazah yang ditolak, bisa dimakamkan di lahan saya dan tidak dipungut biaya," kata Badarudin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut, tanah yang akan ia sumbangkan sebagai makam tersebut saat ini ditanami sayuran dan luasnya sekitar 2.500 meter.

Baca Juga: 24 Hari di Rumah terus selama Pandemi Corona, Tiba-tiba Penampilan Ruben Onsu Berubah jadi Semakin Macho: Gua Males Ngapa-ngapain

Apabila ada jenazah yang ingin dimakamkan di lahannya, ia pun menjamin bahwa masyarakat di desanya akan menerima secara terbuka.

"Saya jamin warga saya akan menerima. Tidak akan ditolak. Juga gratis," kata Badarudin lagi.

Adapun jenazah yang boleh dimakamkan di lahannya tersebut tidak hanya khusus dari Jawa Tengah, melainkan bagi seluruh wilayah di Indonesia.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Sapuran Polres Wonosobo Iptu Maryono juga membenarkan bahwa Kades Talunombo Badarudin mewakafkan tanahnya untuk para korban meninggal akibat Covid-19.

Baca Juga: Roy Kiyoshi Terawang Jennifer Dunn belum akan Bisa Keluar dari Dunia Kegelapan, Singgung Hijab sekadar Penutup Imej Buruk di Mata Publik

"Tanah tersebut berjarak 50 meter dari jalan raya, namun untuk menuju ke lokasi masih belum bagus," kata Maryono.

Lebih lanjut, secara pribadi ia pun merasa salut karena sebelumnya juga pernah menyumbang gajinya sebagai kepala desa.

Kemudian, yang kedua yakni mewakafkan tanahnya yang terbilang cukup luas ini.

Baca Juga: Mengaku tidak Takut Mati setelah Berpulangnya Lina Jubaedah, Teddy Malah Akui Sosok yang Memiliki Pekerjaan Ini dapat Membuatnya Berkeringat Dingin kala Bertemu: Jantung 3 Kali Lipat Berdebarnya

Sebelumnya sumbang gaji 1 bulan

FACEBOOK/TOPIK QMAS
FACEBOOK/TOPIK QMAS

Tangkapan layar video Kepala Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, Badarudin, yang akan menyumbangkan satu bulan gajinya untuk penanganan virus corona.

Sebelumnya, video Badarudin juga sempat viral di media sosial karena menyumbangkan gajinya selama 1 bulan untuk penanganan virus corona.

Badarudin menjelaskan, latar belakangnya membuat video tersebut semata-mata karena ingin membantu meringankan beban pemerintah dalam menangani wabah virus corona.

"Hanya ingin membantu pemerintah dengan menyumbangkan satu bulan gaji saya untuk meringankan beban negara," kata Badarudin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Lebih lanjut, gaji yang ia dapatkan sebagai kades selama satu bulan yakni sebesar Rp 4.000.000.

Baca Juga: Bocah Indigo Roy Kiyoshi Terawang Nasib Buruk Anak Ahmad Dhani, Ingatkan soal Dunia Kelam dan Obat-obatan: Jangan Sampai Dia salah Gaul

(Dandy Bayu Bramasta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Kades di Wonosobo Sumbang Tanah untuk Makam Pasien Virus Corona".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya