Pemandangan Langka, Patung Kristus Penebus di Brasil Disinari Bendera Negara yang Terpapar Virus Corona

Minggu, 22 Maret 2020 | 17:00
Kompas

Patung Kristus Penebus di Brasil

Suar.ID - Ikon Brasil, Patung Kristus Penebus, dilaporkan dihiasi dengan bendera negara yang terpapar virus corona.

Patung setinggi 38 meter yang berlokasi di Rio de Janeiro ini juga memperlihatkan tagar #praytogether dalam berbagai bahasa.

Uskup Agung Orani Joao Tempesta menggelar misa di kawasan Patung Kristus Penebus selama perhelatan acara, dan meminta umat Katolik mendoakan yang sakit.

Situs Gunung Corcovado, tempat patung itu berdiri dan menarik dua juta pengunjung setiap tahunnya, ditutup selama sepekan sejak Selasa (17/3/2020).

Baca Juga: Dunianya Seketika Runtuh, Jennifer Dunn Terancam Pidana Lantaran Pernikahannya dengan Faisal Harris Dianggap Zina Karena Lakukan Hal Ini

Institut Chico Mendes memerintahkan adanya penutupan taman nasional itu sebagai bentuk langkah pencegahan dari wabah virus corona.

Berdasarkan data Sabtu (21/3/2020) dilansir Daily Mail, Brasil melaporkan adanya 970 kasus penularan Covid-19, dengan 11 di antaranya meninggal.

Rio de Janeiro memasuki masa krisis, di mana pemadam kebakaran turun ke jalan dan melalui pengeras suara, meminta pengunjung pantai untuk pulang.

Gubernur Rio Wilson Witzel menerbitkan dekrit.

Dia meminta agar restoran hingga bar mengurangi kapasitas mereka sebanyak 30 persen selama 15 hari.

Baca Juga: Dokter Handoko Sempat Kelelahan Saat Bantu Merawat Pasien Corona, Begini Curhatan Beliau Pada Ganjar Pranowo: Mesti Ada Terobosan!

Dia juga meminta agar kapal dan bus mengurangi jumlah penumpang menjadi setengah, menutup pusat perbelanjaan, dan meminta warga agar menjauhi pantai.

Dekrit tersebut juga berisi imbauan agar sekolah diminta belajar dari rumah, dan segala aktivitas yang membutuhkan pertemuan agar ditiadakan.

Maurilivia Gomes, turis asal Negara Bagian Goias mengatakan, dirinya sudah melakukan langkah pencegahan di tengah waswas dan ketakutan.

"Kami akan tetap berusaha menikmati momen ini. Karena tentunya kami tidak bisa hanya berdiam di hotel selama empat hari setelah jauh-jauh datang ke sini," kata dia.

Di tengah upaya pemerintah lokal untuk mengantisipasi penyebaran, Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengaku skeptis dengan tingkat keparahan wabah.

Kepada radio lokal, Radio Tupi, dia menuturkan saat ini orang-orang terjebak dalam histeria.

Baca Juga: Alami Kenyataan Pahit Dua Kali Gagal Bina Rumah Tangga Hingga Diusir Anak Tirinya, Artis Cantik Ini Kini Pilih Menyendiri Urus Anak Semata Wayangnya

Menurutnya, itu yang menyebabkan akhir dunia.

"Negara seperti Brasil, misalnya, hanya bisa selamat dari wabah ini jika sejumlah orang yang terinfeksi sembuh dan menciptakan kekebalan," ujar dia.

Bagi kebanyakan penderita Covid-19, gejala yang ditimbulkan ringan hingga menengah, seperti mengalami batuk atau demam.

Namun bagian sebagian lainnya, seperti lanjut usia dan pemilik penyakit bawaan, virus corona tersebut bisa memberi masalah serius.

Puncaknya adalah kematian. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Patung Kristus Penebus Brasil Disinari Bendera Negara yang Terpapar Virus Corona"

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya