Percayalah tidak ada Hantu di Tempat Tinggalmu, Ini Alasan Ilmiah kenapa Kita Sering Mendengar Suara-suara Aneh saat Berada dalam Kamar, ternyata Pertanda Baik

Kamis, 06 Februari 2020 | 20:00
Kolase Depositphotos dan Literate Ape

Ilustrasi tidak bisa tidur di malam hari karena takut hantu.

Suar.ID -Setiap malam, terkadang mungkin kamuterbangun secara tiba-tiba karena mendengarsuara kelerengbergulir di lantai atas, meskipun kadang-kadang juga terdengar sepertipeniti yang dijatuhkan di lantai.

Kamusudah tinggal di kos/kontrakan/apartemen selama setengah tahun dan kini suara-suara itu mulai membuat kamu gelisah.

Haruskah kamu khawatir?

Apakah ada hantu yang tinggal di tepat di atas tempat tinggalmu?

Baca Juga: Gara-gara Lakuakan Hal Tak Terpuji ini, TNI Siapkan Hadiah Uang Rp 1 Miliar Bagi Mereka yang Tahu Tempat Persembunyiannya!

Jikakamu naik ke atas dan mengetuk pintu malah cuma melihatkamar itukosong, apakahkamu sebaiknya menghubungi pengusir setan atau segera pindah saja?

Nah, tidak perlu khawatir, karena jikakamu mendengar kelerengbergulir di lantai atas, itu sebenarnya malah jadi hal yang baik!

Lho, kok bisa?

Baca Juga: Digoyang Tuduhan Suaminya Punya Simpanan Pramugari Junior, Ini Rahasia Iis Dahlia tetap Bergairah saat hubungan intim di Ranjang Meski Usia Mulai Menua

Yapsbenar, mendengar suara seperti itu berarti tempat tinggalmu memiliki pipa air yang berfungsi.

Jadi kamu bisatidur lebih nyenyak di malam hari tanpa harus khawatir terbangun karena air membanjiri tempat tinggalmu.

Sebenarnya, suara-suara itu terjadi karena fenomena yang disebut water hammer(kejut hidrolik), yang terjadi pada pipa air ketika aliran air tiba-tiba terputus.

Andy Piacsek, seorang ilmuwan di Acoustical Society of America menyarankan bahwa suara-suara ini mungkin berasal dari udara yang terperangkap di dalam pipa air.

Maria Ines Gul
Maria Ines Gul

Ilustrasi tidak bisa tidur di malam hari karena takut hantu.

Baca Juga: Dibilang Kodok dan Mukanya Dibilag Jelek sehingga Tak Layak Pimpin Jakarta, Tri Rismaharini pun Buka Suara: Coba Pikir Jika Itu Anak Kita

Ketika air mengalir atau ketika udara menghilang, suara yang terjadi kemungkinan akan berubah saat bergerak melalui bangunan.

Menurut Profesor Preston S. Wilson dari The University of Texas, jika ada pipa yang berjalan secara horizontal di ruang antara langit-langitdi kediamanmu dan lantai unit di atas kamarmu, begitu seseorang di suatu tempat di gedung apartemen dengan cepat mematikan keran atau menyiram toiletnya, efek water hammerini akanmenyebabkan pipa bergerak dari posisi biasanya.

Perubahan tekanan ini mengguncang pipa dan menciptakan suara dentang, yang akan terdengar seperti kelereng yang jatuh ketika suara tersebut melewati dinding beton.

Baca Juga: Bikin Mewek, Viral Video Wanita Antar Suami Menikah Lagi & Jadi Saksi Akad Nikah, Alasan Ikhlas Dimadu

Ketika pipa memantuldan jatuh kembali ke tempat asalnya, suara pun tercipta.

Siklusitu terjadi secara berulang beberapa kali, meskipun terkadangterdengar sedikit lebih kuat setiap kalinya.

Segera, setelah beberapa kali berdentang, gaya menjadi terlalu kecil untuk menggerakkan pipa sehingga suara tersebut berhenti sepenuhnya.

YoMeryl via Tumblr
YoMeryl via Tumblr

Ilustrasi mata di saluran pipa air.

Baca Juga: Sempat Bungkam di Awal-awal Pernikahan, Fadel Islami Akhirnya Akui Tak Tahan dengan Sifat Buruk Muzdalifah yang Ini, Bikin Jengkel Katanya

Selain water hammer, mendengar suara seperti kelereng jatuh mungkin ada hubungannya dengan gelembung udara yang terperangkap di pipa sanitasi yang mengalir di seluruh bangunan tempat tinggalmu.

Perubahan aliran air yang tiba-tiba dikarenakan air yang dicampur dengan gelembung sabun akan menciptakan kantong udara yang akan pecah dan bergema melalui pipa.

Namun, ini biasanya hanya menghasilkan satu suara.

Baca Juga: 'Senjata Baru' Nikita Mirzani, Siap Bikin Sajad Ukra Gantian Masuk Bui, Nyai Bocorkan Pesan Suara, Sebut Soal Lecehkan Aparatur Negara!

Karena suara-suara aneh ini telah diklarifikasi,semoga saja hal ini bisa membantukamu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Selain itu,kelihatannya hantu tidak bermain lagi dengan kelereng saat ini, kan sudah 2020 ya?

(Suar.ID)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : The University of Texas

Baca Lainnya