Dunia Darurat Virus Corona, Menteri Kesehatan Terawan Malah Santai Hadapi Virus Mematikan ini: Lebih Besar Batuk Pilek yang Bisa Menyebabkan Kematian!

Rabu, 05 Februari 2020 | 10:00
KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari

Dunia Darurat Virus Corona, Menteri Kesehatan Terawan Malah Santai Hadapi Virus Mematikan ini: Lebih Besar Batuk Pilek yang Bisa Menyebabkan Kematian!

Suar.ID -Masyarakat dunia kini sedang dibuat khawatir dengan adanya virus Corona yang mulai menyebar ke berbagai belahan dunia.

Meski begitu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto malah santai menghadapai virus mematikan ini.

Ia punmenjelaskan perasaannya menangani penangkalan wabah Virus Corona di Indonesia ini.

Terawan mengatakan dirinya tidak merasa terbebani dan cenderung santai dalam menghadapi virus yang bermula di Kota Wuhan, China itu.

Baca Juga: Bikin Tepok Jidat, Ratusan WNI Wuhan Jalani Karantina Virus Corona Hingga Bikin Heboh Warga Natuna, 3 Pelajar dari China Ini Malah Bebas Pulang Tanpa Lalui Karantina

Dikutip TribunWow.com dari kanal YouTube OPSI METRO TV, Selasa (4/2/2020), mulanya Terawan mendapatkan pertanyaan dari host acara, soal perasaan yang dirasakannya saat menangani Virus Corona.

Terawan ditanyakan apakah dirinya merasa pusing menangani virus yang telah menewaskan ratusan orang tersebut.

Menanggapi pertanyaan itu, Terawan justru menjawab sebaliknya.

Ia mengakui tidak merasa terbebani selama mengatasi dan menangani wabah Virus Corona di China.

Baca Juga: Momen Bahagia Harus Dikorbankan, Gara-gara Virus Corona Dokter Ini Lakukan Pernikahan Kilat Tanpa Tamu Undangan

Selama doa dan usaha maksimal telah dilakukan, Terawan menjelaskan tidak perlu merasa terbebani dan panik mengatasi virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

"Ya nyaman lah," kata Terawan.

"Nyaman karena kita ikhlas, bekerja ikhlas, berserah, memberikan yang terbaik, pasti akan diridhai oleh Tuhan," tambahnya.

Terawan kemudian menceritakan soal kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) dari China yang telah dievakuasi dan ditempatkan di Natuna untuk pengamatan lebih lanjut.

Baca Juga: Disebut sebagai Anak Durhaka Meskipun Tetap Bakal dapat Warisan dari KD, Aurel Hermansyah Menuliskan Curahan Hatinya di Media Sosial: Aku Lelah...

Para WNI tersebut semuanya dalam status yang sehat berdasarkan keterangan Terawan.

"Kondisinya sehat, sehat sekali," katanya.

Selama mengikuti prosedur organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), Terawan mengatakan tidak perlu ada rasa takut yang berlebihan.

"Kan tetap diobservasi selama 2 minggu, jadi kita tidak pernah lengah," terangnya.

Baca Juga: Tak Banyak Disorot, Ternyata Ini Sosok Suami Pertama Nikita Mirzani, Tak Kalah Mentereng dengan Dipo Latief

Alasan Santai Hadapi Virus Corona

Di tengah hebohnya dunia internasional karena wabah Virus Corona, Terawan justru mengatakan tidak perlu khawatir soal virus itu.

Alasan dirinya mengatakan demikian adalah kecilnya kemungkinan seseorang untuk tewas karena terkena Virus Corona.

"Karena saya tahu angka kematiannya hanya 2 persen, kecil sekali," kata Terawan.

"Lebih besar batuk pilek yang bisa menyebabkan kematian."

Baca Juga: 'Istri Saya Ini Dajal, Tadi Saja Mau Keluar Taringnya', Seorang Suami Tega Tusukkan Pisau Berulang Hingga Videokan Aksi Sadisnya Itu

"Jadi Corona ini angka kematiannya boleh dirilis di semua media maupun di WHO adalah 2 persen, lain dengan SARS, MERS yang tinggi sekali, atau H1N1 (influenza)," tandasnya.

Info terakhir terkait jumlah kasus wabah Virus Corona di seluruh dunia, kini telah menembus angka 20.000 kasus orang yang positif terinfeksi virus mematikan tersebut.

Korban wabah Virus Corona kini juga telah tembus angka 400 jiwa.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun oleh South China Morning Post, Selasa (4/2/2020), berikut adalah rincian detil kasus dan korban dari Virus Corona:

Baca Juga: Tak Ada Kapoknya, Polwan Cantik 2 kali Kepergok Selingkuhi Kepala Unit Polres Hingga Bertemu di Kamar Hotel

Kasus Positif Virus Corona:

  • China - 20,467 Kasus
  • Hong Kong- 17 Kasus
  • Macau - 10 Kasus
  • Taiwan - 10 Kasus
  • Negara Asia Lainnya - 112 Kasus
  • Eropa - 26 Kasus
  • Amerika Utara - 15 Kasus
  • Australia - 12 Kasus
  • Negara lain - 7 Kasus
TOTAL KASUS : 11943 kasus di seluruh dunia

Baca Juga: Enggak Ridho Anak-anak Tumbuh dengan Budaya K-pop, Pria Ini Bangun Gedung Kesenian Megah di Desanya, Begini Pertunjukan Pertamanya

Korban Tewas Virus Corona:

  • China - 425 Jiwa
  • Hong Kong - 1 Jiwa
  • Negara Asia Lainnya - 1 Jiwa
TOTAL KEMATIAN: 427 Jiwa

Baca Juga: Kisah Memilukan Seorang Pria Paruh Baya Tinggal Selama 10 Tahun di Sebuah Goa, Tidur di Sela Bebatuan dan Harus Melawan Dinginnya Udara Pantai

Lihat videonya di bawah ini mulai menit awal:

(Anung Aulia Malik)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul "Menkes Terawan Ungkap Alasan Santai Hadapi Virus Corona: Lebih Besar Batuk Pilek Penyebab Kematian".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya