Punya 5 Anak dan Terdesak Himpitan Ekonomi, Ibu ini Nekat Narik Ojol Sambil Bawa Si Bungsu yang Masih 3 Tahun: Tapi Mau Gimana Lagi, Anak-anak Saya Butuh Makan dan Susu

Senin, 27 Januari 2020 | 12:45
Instagram/dramaojol.id

Punya 5 Anak dan Terdesak Himpitan Ekonomi, Ibu ini Nekat Narik Ojol Sambil Bawa Si Bungsu yang Masih 3 Tahun: Tapi Mau Gimana Lagi, Anak-anak Saya Butuh Makan dan Susu

Suar.ID -Setiap orang tua pasti rela melakukan apapun demi memenuhi kebutuhan sang anak.

Bahkan saat didesak kondisi ekonomisekalipun.

Seperti yang dialami oleh Liana atau kerap dipanggil Nana (34) ini.

Ia rela membanting tulang demi memenuhi keluarganya.

Baca Juga: Masih Ingat Kisah Guru Honorer yang Dihadiahi Motor dan Sepatu Oleh Wali Muridnya, Ternyata Begini Fakta Sebenaranya di Balik Kisah Pilu Itu

Pasalnya penghasilan sang suami, Yasin (42), sebagai penjual asongan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, lama kelamaan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kelima anaknya yang mulai tumbuh dewasa.

Tercatat tiga dari lima anaknya kini sudah duduk di bangku kelas 7 SMP, kelas 1, dan 2 SD.

Hal ini membuatnya tak bisa berdiam diri lagi.

Apalagi dulunya Nana adalah seorang wanita karier yang bekerja sebagai Sales Promotion Girls (SPG) di salah satu mal.

Baca Juga: Stok Makanan Kian Menipis dan Hanya Bisa Berdiam DIri di Kamar Gara-gara Virus Corona, WNI Mahasiswa ini Minta Segera Dievakuasi, Begini Cerita Pilunya...

"Ya dulu apa aja saya lakoni. Sampai sempat berhenti kerja karena anak-anak masih pada kecil,"

"Jadi berapapun penghasilan suami saya dari berjualan asongan di Terminal Kampung Rambutan selalu saya cukup-cukupin.

"Sebab kan paling banyak banget penghasilan suami cuma Rp 100 ribu perhari," kata Nana seperti yang dikutip Grid.ID dari Tribun Jakarta.

Baca Juga: Dianggap Rasis Gara-gara Ucapkan Hal Ini, Anak Iis Dahlia Kena Semprot Salah Seorang Selebgram: Seenak Udel Bilang Gak Enak Dilihat!

Tak melupakan perannya sebagai ibu, Nana pun mulai bekerja sebagai pengupas bawang dan dilanjut dengan berjualan minuman di Terminal Kampung Rambutan sejak 2013.

Namun sayangnya, pekerjaan itu hanya bisa dilakoninya selama satu tahun lantaran ada larangan suami istri dilarang berdagang bersama di Terminal Kampung Rambutan.

"Nah tapi saya enggak lama jualan minumannya.

"Pas di tahun 2014 keluar peraturan suami istri enggak boleh dagang bareng kan.

Baca Juga: Bandingkan Perlakuan Dirinya dengan Mantan Suami Lina, Teddy Mengaku Bisa Membahagiakan Ibunda Rizky Febian, Teddy:

"Saya enggak tahu itu peraturan siapa, jadi saya memilih mengalah dan kupas bawang lagi," terang Nana.

Hingga pada akhirnya tahun 2017, ia mendapatkan sebuah ide untuk bekerja sebagai driver ojek online (ojol).

"Yah (re: Ayah), cari modal aja, usahin utang, pinjam juga enggak apa-apa, buat bikinin Nana SIM aja," ucap Nana kala itu ke suaminya.

Baca Juga: Sunda Empire Ancam Semua Negara Termasuk Indonesia Untuk Segera Daftar Ulang, Begini Reaksi Presiden Jokowi

"Emang mau ngapain?" balas suaminya, Yasin.

"Nana mau Gr*b (ojol) aja," sahut Nana.

"Emang berani?" tanya Yasin.

"Berani. Ya sudah lilahi taala aja, kita kan niatnya buat anak. Kalau ngandelin (mengharapkan) penghasilan ayah aja enggak cukup. Kasian anak-anak," jelas Nana.

Baca Juga: Hasil Autopsi Lina Belum Keluar, Teddy Diam-diam Sudah Siapkan Bukti Dirinya Tak Bersalah dalam Kematian Sang Istri

Dari situ, sang suami mulai mengizinkan dan mencari meminjam uang ke tetangga sebanyak Rp 2 juta untuk modal awal.

Selanjutnya, Nana memberikan penjelasan kepada lima anakanya agar mau dititipkan ke sang nenek, Isah, tiap kali ia hendak narik ojol di jalanan ibu kota.

"Jadi kan anak pertama saya sudah kelas 7 SMP, M Haffiz, kemudian kelas 2 SD, Kayana Isnaina, kelas 1 SD, Nuriska Salsabila, Rizki (6) dan Nayaka (3)," kata Nana.

"Nah saya kasih pengertian ke mereka kalau saya mau kerja. Saya bilang kamu saya tinggal sama nenek dulu selama saya kerja. Akhirnya anak saya yang ke-4 dan ke-5 pasti saya titipin kalau saya nge-bid," lanjutnya.

Baca Juga: Lebih Lengket ke Ayah Tiri Ketimbang Sule, Putri Delina Dituding Kena Pelet, Begini Curahan Teddy: Kalau Saya Sendiri Nggak Bikin Berat, Biarin Nanti Orang Tau Sendiri!

Sayangnya, usia Isah yang tak muda lagi membuatnya tak lagi bugar untuk menjaga cucu-cucunya.

Alhasil, beberapa kali Nana terpaksa membawa si bungsu yang masih berusia 3 tahun sembari mencari penumpang.

"Nah namanya sama nenek-nenek kan, kalau dia sakit si bungsu ikut saya kerja. Jadi sudah sering juga saya kerja bawa anak," katanya.

Beruntungnya, si bungsu cukup anteng dan tidak rewel ketika ikut Nana bekerja.

Baca Juga: Ibu RT Tempat Lucinta Luna Tinggal Buka Suara, Bongkar Fakta tentang Artis yang Diduga Pemilik Nama Asli Muhammad Fatah

Meski sebenarnya Nana juga tak tega membawa anaknya itu ketika harus mengantarkan penumpang.

"Namanya orang tua pasti enggak tega. Makanya kalau nenek saya sakit, si bungsu saya bawa sampai siang. Setelah kakaknya pulang sekolah dijagain sama mereka. Tapi mau gimana lagi, anak-anak saya masih butuh makan dan susu," ungkap Nana.

Saat ini dalam satu hari, penghasilan bersih Nana bisa berkisar antara Rp 30 hingga 50 ribu dari usahanya bekerja dari pagi hingga malam.

"Penghasilan kotor palingan Rp 100 ribu. Tapi kan dikurangi segala macamnya. Paling ke saya sisa Rp 30 ribuan aja. Nah tapi uang itu lumayan untuk beli beras dan ongkos anak sekolah," tandasnya.

Baca Juga: Tumpangi Pesawat Pribadi, Legenda NBA Kobe Bryant Alami Kecelakaan, Semua Penumpang Tak Ada yang Selamat Termasuk Sang Putri

Viral

Kisah perjuangan hidup Nana sendiri sebenarnya pernah viral di media sosial setelah salah satu penumpang membagikan pengalamannya diantar Nana bersama si anak bungsu.

Dalam postingan akun Instagram @dramaojol.id yang diunggah pada Jumat (24/01/2020) kemarin, sang penumpang merasa kagum dengan perjuangan hidup Nana.

Apalagi dengan sopan, Nana meminta izin kepada sang penumpang kalau ia harus membawa serta sang anak.

"Oh iya sebelum tadi saya naik motornya ibu ini bilang 'Kak maaf ya saya bawa anak', becek mata saya rasanya, gimana bisa nolak," ungkap sang penumpang.

Baca Juga: Sebelumnya Sempat Sebut Teddy Hendak Rebut Harta Warisan Rp 10 Miliar, Kini Paranormal Kejawen ini Malah Duduk Satu Meja Layaknya Sudah Berdamai dengan Suami Lina, Ada Apa Ya?

Namun di saat yang bersamaan dia juga merasa sedih dan kasihan karena sang anak yang duduk di bangku depan tak dipakaikan helm.

Akhirnya sewaktu sang penumpang turun ia meminta Nana untuk memakaikan anaknya helm.

"Kasihan kena angin kenceng dan demi keselamatan. Akhirnya dipakaikan helm. Anaknya lucu banget pas dipakein diem aja nurut," ungkap sang penumpang lebih lanjut.

Baca Juga: Pernah Kabur dari 'Pulau Kematian', Begini Kondisi Aktor Johny Indo sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir

(Arif Budhi Suryanto)

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judul "Didesak Kebutuhan, Ibu 5 Anak Terpaksa Narik Ojol Sambil Bawa si Bungsu 3 Tahun: Lilahi Ta'ala Aja, Niatnya kan Buat Anak".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya