Viral di Sosmed: 3 Pemuda Papua Minta Mundur dari Pendidikan Militer, Begini Penjelasan TNI

Minggu, 29 Desember 2019 | 08:30
Facebook Manuel Matemko

Tiga pemuda papua yang minta mundur dari pendidikan militer

Suar.ID - Belakangan ini, sebuah video mengenai tiga pemuda papua yang minta mundur dari pendidikan militer viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Manuel Matemko pada Kamis (26/12/2019).

Dalam video berdurasi 7 menit 16 detik itu, tampak tiga orang pemuda berseragam loreng duduk bersila di hadapan sang perekam yang diketahui merupakan seorang komandan.

Awalnya komandan tersebut menanyai salah seoarang pemuda bernama Yohanes.

Baca Juga: Setelah Membunuh 3 Prajurit Kopassus hanya dalam 1 Bulan, Jenderal TNI Ini Minta KKB Papua Dimasukkan ke Daftar Teroris sehingga dapat Diburu seperti Fretilin! Begini Tanggapan Menkopolhukam Mahfud MD

"Terus, niat sekarang bagaimana?" tanya sang komandan.

"Siap! Sekarang niat sama, pulang," jawab Yohanes.

"Tapi pakai baju loreng rasa bagaimana?" tanya sang komandan lagi.

"Siap! Rasa tidak mau. Saya niat pulang," jawab Yohanes.

Setelah bertanya kepada Yohanes, sang komandan kemudian bertanya pada Tamius Tabuni.

Baca Juga: Jenderal Bintang Empat TNI Ini Ngakak Dengar Alasan Prajuritnya Masuk Marinir, Terungkap Beginilah Alasannya!

"Ya, kalau Tamius Tabuni? waktu datang ke sini pakai baju loreng bagaimana?" tanya sang komandan.

"Siap. Saya tidak senang," jawab Tamius.

Usai mendengar jawaban Yohanes dan Tamius, sang komandan tampak memberi motivasi dengan mengatakan bahwasannya menjadi tentara merupakan karunia dari Tuhan.

"Tapi setelah lulus? Kan Tuhan kasih pekerjaan. Lulus itu semua maksud Tuhan. Kita manusia tidak punya apa-apa, tidak tahu. Tuhan punya maksud untuk kita jadi tentara. Itu luar biasa. Itu karunia dari Tuhan. Bagaimana betul tidak Yohanes?" jelas sang komandan.

Ditanyai seperti itu, Yohanes tampak membenarkan. Namun demikian, Yohanes tetap punya pandangan sendiri.

"Siap komandan! Begitu juga tapi kalau tempat yang sudah diizinkan, berarti dia kerjanya rajin. Kalau tempat Tuhan kita tidak diizinkan masuk tetap begitu. Ada yang pemalas-pemalas, ada yang mengundurkan diri, begitu. Pendapat saya. Tuhan itu begitu, menurut pendapat saya," ujar Yohanes.

Setelah bercakap dengan Yohanes, sang komandan lalu beralih untuk menayai pemuda lainnya yang bernama Denius.

"Kalau Denius masih lanjut to?" tanya sang komandan.

Baca Juga: Dikenal sebagai Komandan KKB Papua yang Halu dan Suka Cari Perhatian, Gusby Waker Kepergok Membohongi Rakyat Indonesia! Pernyataannya Langsung Dibantah Tegas Pusat Penerangan TNI

"Saya harus minta izin ke orangtua dulu," jawab Denius.

"Nanti kita telepon saja," ujar sang komandan memberikan pilihan.

Walau diberi pilihan untuk menelepon, Denius rupanya tetap ingin meminta izin orangtuanya secara langsung.

"Siap. Biar saya jalan saja komandan. Orangtua juga tinggal di kampung, jadi mungkin tidak mengerti kalau saya masuk sini juga saya khawatir dan takut. Jadi, saya harus jalan kasih penjelasan boleh bisa mengerti. Kalau saya telepon saja, masih kurang percaya gitu komandan," jelas Denius.

"Jadi saya harus bilang ke orangtua baik-baik. Kalu tidak diizinkan orangtua tetapi saya ikut, bahaya juga Komandan. Kalau orangtua bilang tidak bisa, tetapi kita ikut saja, itu bagaimana ya. Nah kalau orangtua kasih izin, itu jalan," sambungnya.

Menaggapi kabar mengenai tiga pemuda papua yang minta mundur dari pendidikan militer, TNI memberikan penjelasan dalam sebuah press release.

Dikutip dari Instagram @infokomando, Sabtu (28/12/2019), TNI menjelaskan bahwa setiap proses pendidikan militer akan berlaku hukum seleksi alam.

Bagi mereka yang memiliki jiwa yang kuat, tahan menderita dan teguh pada pendirian akan sukses dalam menjalani pendidikan dan kokoh dalam mengemban segala tugas dan tanggung jawab seberat apapun tantangan yang dihadapinya sebagai seorang prajurit kesatria.

Namun, bagi mereka yang bermental lemah, cengeng dan pengecut serta penakut dengan sendirinya akan tersisi dan terseleksi.

Baca Juga: Ditangkap, Dirudapaksa, Lalu Disiksa, Inilah yang Diterima Etnis Uyghurs di Kamp Pendidikan Ala China, Sungguh Mengenaskan!

Sebab, hanya orang-orang yang bermental baja yang mampu menghadapi berbagai tantangan.

Perlu juga ditegaskan bahwa dalam rekrutmen anggota TNI tidak ada unsur paksaan bagi siapapun, mungkin saja ada dorongan dari personel TNI di wilayah atau dari pihak manapun, tetapi bukan berarti dalam bentuk paksaan apalagi ancaman.

Setiap calon TNI akan mengajukan lamaran secara sukarela, dan akan menandatangani surat kesanggupan mengikuti pendidikan dan melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI serta siap ditempatkan di manapun di seluruh wilayah NKRI.

Setiap peserta akan menjalani serangkaian tes yang sangat ketat. Sistem seleksi yang dihadapi tidak hanya pada masa rekrutmen. Seleksi akan terus berjalan, baik dalam pendidikan maupun dalam penugasan sebagai prajurit TNI kelak.

Khusus di Papua, TNI membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra putri Papua untuk mendaftar sebagai anggota TNI.

Perlu diketahui, khusus untuk orang Papua, standar tes akan diturunkan tanpa mengabaikan stadar pokok yang sudah ditetapkan.

Artikel ini telah tayang di GridHot.ID dengan judul: Minta Mundur dari Pendidikan Militer, 3 Pemuda Papua Akui Tak Senang Pakai Seragam Loreng, Begini Penjelasan TNI

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya