Pernah Bayangin Kalau Motor Harian Kita Dipasangi Rem Motor MotoGP? Begini Hasilnya Ketika Dipraktekkan Secara Langsung, Dijamin Bikin Dompet Jebol!

Senin, 23 Desember 2019 | 06:30
Box Repsol

Suar.ID -Siapa sih yang tak kenal MotoGP?

Ya, sebagai ajang balap motor dengan kasta tertinggi di dunia, tentu saja motor dalam ajang MotoGPmemilikikomponen yang luar biasa.

Jadi tidak mengherankan apabilakomponen tersebut memang merupakankomponen yang dibuatkhusus untuk motor di ajang MotoGP,yang berarti bukan barang produksi massal.

Jadi memang tidakberlebihan kalau menyebut komponen tersebut sebagai part yang spesial.

Baca Juga: Andrea Iannone Kepergok Gunakan Doping, Rider Senior Ini beri Tanggapan Menohok pada Pengawas MotoGP: Masih Banyak Pembalap yang Lain!

Nah mungkin pernah ada yang kepikiran nih, bagaimana kalaukomponen dari motor yang dipakai di ajang MotoGP dipakai di motor harian ya?

Mungkin ada beberapa dari kita yang memimpikan hal tersebut ada dalam motor yang kita tunggangi sehingga dapat membayangkan sensasi yang dirasakan oleh Marc Marquez maupun Valentino Rossi ketika membalap.

Eh tapi jangan kaget ya, ternyata komponen tersebut malah banyak yang enggak cocok diterapkan di motor harian!

Salah satunya adalah kampas rem dan cakramnya.

Baca Juga: MotoGP Musim 2020 Belum Dimulai, Namun Valentino Rossi Sudah Beri Pujian Kepada Sosok Ini, Hasil Tesnya Tidak Main-Main!

Untuk performa tinggi dan bobot ringan, ada piringan cakram MotoGP yang memakai material karbon.

Untuk mendapatkan kinerja yang optimum,piringan cakram karbon butuh suhu kerja di angka 200 - 800 derajat Celcius.

Karena membutuhkan suhu kerja yang tinggi tersebutlah, makanya piringan cakram karbon ini hanya dipakai saat balapan kering saja.

Nah, yang bikin makin tercengang, piringan cakram karbon hanyadapat dipakai untuk 1.000 km saja!

Baca Juga: Baru saja Umumkan Pensiunnya, Kini Jorge Lorenzo Malah Balik ke Paddock MotoGP! Mau Jadi Rider Lagi?

Coba bandingkan dengan piringan rem besi, yang melekat di kebanyakan motor harian yang bisa digunakan hingga lebih dari 50.000 km.

Nah, mari kita coba beralih kekampas rem.

Kampas rem MotoGP, juga memakai material karbon yangmemiliki masa pakai sangat singkat.

Kampas rem MotoGPmemiliki durasi pakai hingga 900 km saja.

Baca Juga: Mengejutkan, Pembalap yang Pernah Berjaya dengan Ducati dan Suzuki Ini Terbukti Menggunakan Doping! Karier Balapnya di MotoGP Terancam Berakhir

Sebagai perbandingan, kampas rem motor harian berbahan organikdapat dipakai hingga 7.000 - 9.000 km.

Coba bayangkan kalau kedua part itu dipakai di motor harian.

Wah, bisa-bisa malah harus ganti setiap bulan nih!

(GridOto)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Gridoto

Baca Lainnya