Awan Hitam Sepertinya Belum Ingin Meninggalkan Garuda, Belum Lama Kasus Penyelundupan Harley Mengudara, Kini Perusahaan Flag Carrier Tersebut Tertimpa Polemik Burung Kicau Bernilai Tinggi!

Jumat, 20 Desember 2019 | 19:15
Tribun Pontianak

Suar.ID -Burung kicau berjenis kacer seharga Rp 150 juta hilang di bagasi pesawat Garuda Indonesia.

Publik digegerkan dengan kabar hilangnya burung milik seorang anggota komunitas kicau mania dari Godbless Team Pontianak, sejak Rabu (18/12/2019).

Tak tanggung-tanggung, burung jenis Kacer yang hilang tersebut pernah di tawar oleh pecinta burung dengan harga ratusan juta rupiah!

Rendi Lesmana sang pemilik burung memutuskan terbang menuju kantor Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Dirut Utamanya Baru Saja Dipecat karena Banyak Masalah, eh Garuda Indonesia Kini Cari Dana 12,6 Triliun Buat Bayar Utang

Ia didampingi beberapa teman sesama pecinta burung berkicau untuk meminta kejelasan pertanggungjawaban dari pihak Maskapai Garuda Indonesia.

Dengan berbekal surat dari management Garuda di Pontianak yang menyatakan bahwa tidak ditemukannya kejanggalan di Bandara Supadio, maka pihaknya akan meminta kejelasan dari pihak Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta tentang kehilangan burungnya tersebut.

Rendy mengungkapkan bahwa pihaknya hanya berharap pelaku yang telah merugikan pihaknya ini ditemukan, kemudian ditindaklanjuti sesuai prosedur yang ada.

Lalu, pihaknya berharap ada itikad baik dari pihak Garuda Indonesia terhadap dirinya yang telah mengalami kerugian besar.

Baca Juga: Iis Dahlia Tak Terima Netizen Anggap Kemewahan yang Dia Punya dari Fasilitas Garuda Indonesia: Mereka Enggak Lihat Apa Setiap Hari Gue Kerja seperti Apa!

Sebelumnya, PT. Garuda Indonesia telah memberikan respon terkait dugaan hilangnya burung kacer senilai ratusan juta milik penumpang di bagasi pesawat.

Station Manager Garuda Indonesia Pontianak, Isman Kamanjaya memberikan komentar terkait burung kacer milik Rendy Lesmana yang hilang di bagasi pesawat.

Komentar ini dilontarkan setelah penumpang yang mengaku kehilangan burung kesayanganya mendatangi Kantor Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Supadio, Kubu Raya, Rabu (18/12/2019) siang.

Pemilik burung tersebut datang bersama puluhan orang yang diketahui sebagai komunitas kicau mania Pontianak.

Baca Juga: Meskipun Geram, Iis Dahlia Mengaku Tak Menyesal Suaminya Piloti Pesawat yang Selundupkan Motor Mewah Mantan Dirut Garuda, Kok Bisa?

Melansir dari Tribun Pontianak, pertemuan kedua belah pihak pun dimediasi oleh Polsek Bandara Internasional Supadio.

Namun sayang, dari hasil mediasi tersebut tidak ditemukan jalan tengah atau kesepakatan damai.

"Kesepakatan diambil setelah tidak terjadi kesepakatan kekeluargaan dari pihak kedua," ujar Station Manager Garuda Indonesia Pontianak, Isman Kamanjaya.

Menurutnya, pemilik burung yang kerap disapa Een akan tetap melanjutkan perkara hilangnya burung kacer tersebut ke ranah hukum.

"Pak Rendi akan menempuh jalur hukum," katanya singkat sembari berlalu menuju parkiran.

Baca Juga: Menteri BUMN Dibikin Geli dengan Anak Perusahaan Garuda ini, Rupanya Seperti inilah Website PT Garuda Tauberes!

Kronologi

Tribun Pontianak
Tribun Pontianak

Burung Kacer milik anggota komunitas Kicau Mania Pontianak dari Komunitas Burung Godbless Team bernama Rendy Lesmana yang biasa di sapa Een hilang saat penerbangan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Pontianak, Selasa (17/12/2019).

Burung kesayangan milik Een yang hilang tersebut berjenis Kacer yang diberi nama panggilan Bejat.

Diketahui, Een berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kontes kicau mania di kawasan Cibubur pada Kamis 12 Desember 2019 dengan membawa 8 ekor burung yang terdiri dari 3 jenis burung, murai 3 ekor, Kacer 2 ekor, dan burung love bird 3 ekor.

Baca Juga: Borok Dirut Garuda Kembali di Bongkar, Kali Ini Masalah Pelecehan Seksual yang Diungkap Pramugari Indonesia: Bapak Tahu Istri Saya, Kenapa Bapak Jual Istri Saya?

Kemudian, kembali ke Pontianak pada Selasa (17/12/2019) dengan penerbangan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia pada pukul 18.15 WIB.

"Kita berangkat jam 18.15, sampai Pontianak sekitar jam 8 malam, pas posisi burung keluar dari bagasi kita buka sungkupnya," jelasnya.

"Posisi burung sudah ndak ada, pas buka kerudungnya sampai abis, bagian atas sangkar udah rusak, dan kita langsung lapor ke pihak Polsek Bandara setempat, kita buat pengaduan, dan kita minta kepada pihak garudanya seperti apa," imbuhnya.

Kepada awak media, Een mengatakan bahwa ia telah mengikuti semua prosedur yang ada untuk membawa burungnya dengan penerbangan maskapai Garuda, dan burung-burung miliknya di masukkan ke dalam bagasi pesawat sesuai dengan prosedur.

Baca Juga: Ada PT Garuda Tauberes, Erick Thohir Dibikin Geli dengan Nama Cucu Usaha Garuda, Yunarto Wijaya: Mungkin Taugoreng Juga Ada

"Kita pergi menggunakan bagasi, pulang menggunakan bagasi, karena kita tidak mau burung ini stress, burung ini kan untuk kontes tingkat nasional, gak mungkin kita gunakan kargo, karena kita jaga stamina burung, kondisi burung jangan sampai stres," tuturnya.

"Untuk 8 (delapan) burung menggunakan 6 (enam) sangkar, kwitansi itu sekitar Rp 3.531.000."

"Khusus bagasi burung aja, karena bagasi pakaian kan gratis, dan untuk surat-surat lain lengkap, karantina kita penuhi, Semua persyaratan kita penuhi, kalau tidak lengkap kan pasti ditahan di bandara, ndak bisa masuk burungnya," jelasnya.

Een mengungkapkan bahwa kedatangan pihaknya pada siang hari ini merupakan lanjutan atas langkahnya pada Selasa (17/12/2019) sebelumnya sesaat setelah ia sampai ke Pontianak dengan menggunakan pesawat Garuda, pihaknya langsung mengecek keberadaan burung-burungnya.

Baca Juga: Di Acara Pesta Perpisahan, Diduga Gundik Eks Dirut Garuda Indonesia Ini Mengaku Hendak Dilamar, eh Kini Pulang Sendirian

Namun, ketika pihaknya mengecek sangkar burung setelah turun pesawat, ia bersama teman temannya mendapati 2 sangkar burungnya telah rusak, dan satu di antara burungnya telah hilang.

"Sangkar yang kedapatan rusak itu 2 (dua) tapi yang ilang 1 (satu) burung, yang satunya sangkarnya udah rusak, tapi Alhamdulillah burungnya masih ada," ungkapnya.

Kerusakan sangkar burung milik Een terlihat pada bagian atas sangkar, dimana terdapat beberapa batang bagian sangkar terlepas dari tempatnya.

Een mengaku burung yang sudah di peliharanya hampir 4 (empat) tahun itu telah ditawar oleh seseorang dengan harga 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah), namun tak ia lepas kan karena itu merupakan burung kesayangannya.

Baca Juga: Semua Borok Ari Askhara Terbongkar, Sosok Ini Juga Blak-blakan Soal Manipulasi Laporan Keuangan Garuda, Memang Sudah Lama Bermasalah

"Tawarin terakhir seratus lima puluh juta. Dan kalau kerugian ini tidak bisa dinominalkan, karena ini burung kesayangan, berprestasi lagi," ungkapnya.

Selanjutnya, setelah beberapa waktu pihaknya tidak dapat menemui perwakilan Garuda di Bandara, rombongan di arahkan ke Polsek Kawasan Bandara menemui pihak Garuda untuk melakukan mediasi.

Een akan melanjutkan prosesnya ke pihak berwajib dengan melaporkan kehilangannya ke Polres kawasan Bandara Internasional Sukarno-Hatta.

"Hari ini kita sudah di mediasi oleh pihak Polsek Bandara, mediasi dengan pihak Garuda, kemungkinan besar, untuk laporan ke Pidananya,"

"Kita akan ke Polres Cengkareng, nanti berdasarkan surat hasil pemeriksaan Garuda di Pontianak, bahwa dari hasil pemeriksaan video-video di lokasi setempat memang tidak ditemukan adanya kejanggalan, bahwa kita kehilangan burung kita, minta surat kita dari Garuda untuk dasar kita ke Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Demi Cari Gundik dari Pramugari, Rupanya Beginilah Cara Dirut Garuda yang Diungkap Pramugari Senior ini: Sekelas Direksi yang Sudah DIcopot Bisa Keliling Garuda Training Center!

Een mengaku bahwa untuk saat ini, pihaknya masih belum puas dengan hasil mediasi yang ada, karena pihak maskapai Garuda di Pontianak melimpahkan hal tersebut ke Jakarta.

"Dari maskapai Garuda Pontianak, mereka melimpahkan ke Maskapai Garuda Jakarta, karena dari pemikiran mereka kehilangannya dari sana, jadi nanti nunggu hasil dari sana, gimana tanggapannya dari Garuda Jakarta gimana,"ujarnya.

"Belum selesai yang pasti belum puas, kita tetap tempuh lagi jalur hukum, kita berangkat ke Jakarta, Kita pokoknya sampai tuntas, biar kedepannya kawan kawan yang bawa burung kemana istilah itu ndak ragu itu, kalau ada apa-apa istilahnya pertanggungjawaban dari maskapai ada, selama inikan beberapa kali kejadian, hilang tenggelam, ndak ada kejelasan," katanya.

Pihaknya pun berharap pihak Garuda dapat kooperatif terkait kehilangan burung kesayangannya ini.(Ferryanto/Tribun Pontianak)

Artikel ini telah tayang di Tribun Pontianak dengan judulTak Puas Hasil Investigasi, Pemilik Burung Kacer Rp 150 Juta Pastikan Datangi Kantor Pusat Garuda

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribun Pontianak

Baca Lainnya