Kini Jadi Menteri Pertahanan, Inilah 5 Fakta Menarik dari Prabowo Subianto yang Jarang Diketahui Orang: Salah Satunya Sangat Mencintai Buku

Sabtu, 14 Desember 2019 | 09:00
Kompas.com

Prabowo Subianto

Suar.ID - Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) periode 2014-2019 Ryamizard Ryacudu mengucapkan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Menhan pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Kami berhadap selalu diberikan hidayah dan kekuatan dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai Menteri Pertahanan," ucap Ryamizard saat Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menhan dari Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo Subianto di kantor Kementertian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Pasalnya, menurut dia, Menhan mengemban tugas dan amanat yang sangat luar biasa, yakni menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan negara, dan menjaga keselamatan bangsa.

Di kesempatan yang sama, Prabowo pun mengucapkan terima kasih kepada Ryamizard Ryacudu dan seluruh jajaran Kemhan yang menyambut kedatangannya dengan baik.

Baca Juga: Jika tidak Direkomendasi oleh Partai yang Mengusung Ayahnya Menjadi Presiden, Partai Menhan Prabowo Siap Menampung Gibran dalam Pilwakot Solo 2020! Simak Calon Wakilnya

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf yang telah meluangkan waktu turut menyambut saya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (25/10/2019).

Prabowo mengatakan, meski masa jabatan sebagai Menhan telah berakhir, dia yakin Ryamizard akan terus mengabdi kepada bangsa dan negara.

Tak hanya itu, menurutnya, Ryamizard akan terus menyuarakan cintanya terhadap Tanah Air Indonesia dan kepada Merah Putih, yang akan dijunjung dan dipertahanankan sampai titik darah penghabisan.

"Terima kasih kepada Bapak Ryamizard, saya yakin (beliau) akan terus berperan dan mengabdi untuk Republik Indonesia," ucap Prabowo.

Baca Juga: Beginilah Reaksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas Peristiwa Ledakan Granat Asap di Monas yang Melukai 2 Anggota TNI

Banyak yang belum tahu, ternyata Prabowo Subianto yang kini telah menjabat sebagai Menhan memiliki fakta-fakta menarik yang jarang diketahui orang lho!

Berikut fakta menarik yang jarang orang ketahui orang tentang Prabowo yang diungkapkan oleh akun anonim di situs Quora:

1. Prabowo sangat mencintai buku.

Dalam keluarganya dikenal sebagai anak yang paling doyan membaca buku.

Dari koleksi perpustakaan milik pribadi di kantor maupun di rumahnya, Prabowo paling menyukai buku sejarah dan militer.

Saat ke luar negeri, dia selalu banyak membeli buku.

Buku dalam bahasa asing pun ia lumat.

2. Prabowo menguasai banyak bahasa.

Prabowo, selain menguasai bahasa Inggris, dia juga menguasai bahasa Prancis, Jerman dan Belanda.

Penguasaan bahasa ini wajar karena Prabowo, pada masa kecilnya dihabiskan di luar negeri.

Singapura, Inggris, Hongkong, Swis dll.

Baca Juga: Sempat Marah-marah, Sosok Ini Mengaku Selamatkan Prabowo yang Terlantar Tak Punya Kewarganegaraan

3. Dilantik jadi Komandan Kopasus pada usia 44 tahun.

Pesan ayahnya waktu itu: "Sing eling dan jangan lupa daratan, sekarang kamu pengabdi rakyat dan jangan sekali-kali rakyat menjadi pengabdi kamu."

4. Punya otak yang cemerlang.

Saat berusia 16 tahun (SMA) di American School di London, UK, dia terkenal rewel di kelasnya.

Untuk itu dia "dihukum" dengan dinaikkan kelasnya ke satu level lebih tinggi.

Hasilnya, dia lulus lebih muda ketimbang teman-temannya.

Kemudian, selepas SMA diterima sebagai mahasiswa di 3 universitas di Amerika Serikat, salah satunya Universitas Colorado.

Baca Juga: Beginilah Kisah KKB Timor Timur yang sempat Lawan Pasukan Prabowo, Rupanya Sosok Inilah yang Jadi Tujuan Tentara Indonesia Kala Itu

5. Profesional saat menjabat Danjen Kopassus.

Prabowoberhasil membereskan pasukannya dari kegiatan-kegiatan yang tidak efisien.

Misalnya mengefisienkan latihan-latihan dan melarang perwira-perwiranya main golf.

Padahal, permainan ini digemari oleh para Jenderal.

Nyatanya, semua tunduk pada Prabowo.

Dia juga sangat memperhatikan kesejahteraan anggotanya.

Saat menjadi Danjen Kopassus, fakta menunjukkan bahwa kesejahteraan anggota Kopassus lebih baik ketimbang tentara lainnya.

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : quora, kompas

Baca Lainnya