Bukan ke Jokowi atau Iriana, Gibran Minta Restu Kepada Sosok Ini Sebelum Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Ekspresinya Jadi Sorotan

Kamis, 12 Desember 2019 | 16:15
Kompas.com

Suar.ID -Demi mendapatkan restu, Gibran Rakabuming Raka, Rabu malam (11/12/2019) secara khusus berkunjung ke kediaman eyang putrinya, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, di kawasan Kampung Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Gibran datang mengenakan kemeja putih polos dan celana warna gelap.

Sementara ibunda Jokowi, Ny. Sudjiatmi Notomiharjo, berkerudung dan berbalut busana warna hijau muda menerima kedatangan cucunya.

Sebagai nenek, tentu Sudjiatmi Notomihardho merestui.

Baca Juga: Susul Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution Mantap Maju sebagai Calon Wali Kota Medan, Inilah Sepak Terjang Sang Menantu Presiden sebelum Terjun ke Dunia Politik

Sang nenek menepuk-nepuk pundak Gibran Rakabuming sembari memberikan nasihat dan petuah agar Gibran tidak hanya berusaha tapi juga berdoa.

Sekretariat Presiden/Agus Suparto
Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Momen ini seolah mengulang hal sama yang terjadi beberapa waktu lalu.

Momen tersebut terjadiketika ayahanda Gibran, Joko Widodo, meminta doa restu kepada Sudjiatmi Notomihardjo, untuk maju sebagai calon Walikota Solo, beberapa tahun silam.

Melansir dari Kompas.com, aksi peluk cium haru cucu dan nenek ini diabadikan fotografer kepresidenan, Agus Suparto.

Baca Juga: Sangat minimalis, ternyata begini kondisi ruang tamu Gibran yang dipakai menjamu Gubernur Ganjang Pranowo

Sudjiatmi tak hanya menasihati.

Sang nenek beberapa kali menepuk-nepuk pundak cucunya.

Sekretariat Presiden/Agus Suparto
Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Ia juga mencium kening Gibran Rakabuming, isyarat memberikan persetujuan, doa restu sekaligus dukungan yang terbaik untuk ayah dari cicit tercinta, Jan Ethes.

Baca Juga: Nama Putri Pertamanya Dapat Cibiran 'Aneh', Gibran Rakabuming Raka Keluarkan 'Jurus' yang Sama Seperti Saat Hadapi Nyinyiran untuk Jan Ethes, Manjur?

Tanggal Mendaftar Bakal Calon Walikota Solo Dipilih Hari Baik Berdasar Kalender Jawa

"Kedatangan Gibran (ke rumah ibunda Jokowi) bermaksud memohon doa restu untuk maju sebagai calon Wali Kota Surakarta pada pilkada tahun depan," tulis keterangan pers .

Kediaman Sudjiatmi diketahui terletak di Kampung Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta.

Sebelumnya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Bambang Wuryanto mengatakan, Gibran akan mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo ke DPD PDI-P Jawa Tengah pada Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: Usai Bikin Penasaran, Akhirnya Gibran Ungkap Arti 'La' pada Nama La Lembah Manah Cucu Ketiga Jokowi, Makin Terdengar Indah!

"Mas Gibran ini sudah memberikan kode kepada kami, besok akan mendaftar, yaitu Kamis tanggal 12 Desember," ujar Bambang di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Rabu.

Bambang mengatakan, pada Kamis nanti, akan banyak bakal calon yang mendaftarkan diri.

Sebab, tanggal itu dianggap hari baik berdasarkan kalender Jawa.

"Kamis Legi besok yang daftar pasti banyak karena itu hitungannya hari baik. Itu hari baik untuk mendaftar karena 13 dibagi 4 sisa 1, maka itu dulu arahnya utara, bagus untuk mendapatkan jabatan," kata dia.

Baca Juga: Rumah Sakit Dekat Rumah Terpilih Jadi tempat Persalinan Menantu Presiden, Berapa ya Kira-kira Biaya yang Harus Dikeluarkan Gibran Rakabuming Raka?

Dia mengatakan, dengan faktor tersebut, akan banyak pendaftar yang mendatangi langsung Kantor DPP PDI-P Jawa Tengah.

"Saya sebagai orang Jawa bisa menjabarkan, saya pastikan besok di Jawa Tengah pendaftaran di DPD ini puncaknya ada di Kamis legi besok," kata dia.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka telah menyatakan diri untuk mendaftar sebagai calon wali kota Surakarta di Pilkada Solo 2020 melalui DPD PDI-P Jawa Tengah pada hari terakhir.

"Hari terakhir, Mas," kata Gibran, melalui pesan WhatsApp, kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Baca Juga: Lari-larian Dekati Jokowi, Gibran Rakabuming Malah Dihadang Paspampers, Jasnya Sampai Ditarik, Ternyata Anak Presiden

Meskipun begitu, diketahuiGibran awalnya dikenal sebagai seorang yang antipolitik.

Bahkan, suami dari Selvi Ananda itu beranggapan bahwa sebagai seorang pengusaha dia bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat tanpa harus terjun ke dunia politik.

Namun, beberapa tahun terakhir, ayah Jan Ethes Srinarendra tersebut berubah pikiran.

Dengan latar belakang sebagai seorang pengusaha, Gibran ingin menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat Kota Surakarta.(Dian Erika Nugraheny/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulBukan ke Jokowi, Gibran Minta Restu ke Eyang Sebelum Daftar Calon Wali Kota

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya