Sosok Pemerhati Anak yang sering Dijadikan Meme Ini Mengusulkan Sekolah Cuma 3 Hari ke 'Mas Mendikbud': Saya Dulu Matematika Paling Tinggi Dapat Empat, Alhamdulillah Masih Hidup

Jumat, 06 Desember 2019 | 19:15
Kolase Kompas.com dan Tribunnews

Suar.ID -Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto mengkritik kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia.

Menurut Kak Seto, kurikulum yang ada sekarang ini membebani siswa karena terlalu menjejali anak didik dengan pengetahuan akademik.

Padahal, kata Kak Seto, masing-masing anak memiliki potensi berbeda.

Karena itu Kak Seto mendukung wacana perubahan kurikulum pendidikan di era Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Baca Juga: PB Djarum pun Pamit setelah Dituding KPAI Melakukan Eksploitasi Anak, Komentar Kak Seto: Kok Kayak Anak Kecil yang Sedang Ngambek

Melansir dari Kompas.com, Kak Seto mengatakan bahwa kurikulum yang baru harus bisa menghargai setiap potensi dan dinamika yang dimiliki masing-masing anak.

Tidak melulumendidik anak dengan pengetahuan akademik.

"Saya dulu matematika paling tinggi dapat empat. Alhamdulillah masih hidup karena disalurkan matematika itu jadi nyanyi, olahraga, bela diri, dan sebagainya," kata Kak Seto di Mapolres Metro Jakarta Utara, Rabu (4/12/2019).

Kak Seto mengatakan kurikulum yang ada saat ini sangat membebani anak-anak sebagai siswa.

Baca Juga: Gabung Empat Grup Arisan, Iis Dahlia Bisa Sampai Dapat Uang Ratusan Juta, Ternyata Segini yang Disetorkan Tiap Bulan

Mereka harus banyak buku ke sekolah, jam pelajaran yang begitu panjang, pekerjaan rumah (PR) hingga bimbingan belajar.

Hal tersebut membuat siswa stres dan menganggap hari tidak bersekolah adalah hari yang menyenangkan.

Kak Seto lantas berharap stigma itu bisa berubah di kepemimpinan mantan bos Gojek tersebut.

Tribunnews
Tribunnews

Baca Juga: Seorang Suami Siksa istrinya 3 Jam Non Setop Sampai Tulang Rusuk Patah di Depan Anak Balitanya yang Menangis Histeris

"Kami dukung kurikulum untuk anak, bukan anak untuk kurikulum. Sekolah untuk anak bukan anak untuk sekolah," ucap Kak Seto.

Sebelumnya Kak Seto juga menyoroti kurikulum yang ada saat ini, yang menurutnya memicu terjadinya tawuran sebagai sarana hiburan seperti yang terjadi di Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 24 November 2019 lalu.

"Anak zaman sekarang sekolah bawa koper, buku seabrek abrek. Pulang-pulang masih banyak PR. Akhirnya, teler. Akhirnya meledak. Meledaknya macem-macem, ya geng motor, ya LGBT, segala macem," kata Kak Seto.

Baca Juga: Masih Ingat Kasus Suami Siksa Istrinya 3 Jam Non Setop? Beginilah Kelanjutan dari Kasusnya

Usul Sekolah 3 Hari

Kak Seto mengatakan, dalam kurikulum baru yang sedang dirancang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, sekolah cukup tiga hari saja.

Usulan itu disampaikan Kak Seto bukan tanpa dasar.

Melansir dari Kompas.com, sekolah tiga hari itu sudah ia uji coba selama 13 tahun di homeschooling miliknya yang ada di Bintaro, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Peyek Cetar Syahrini Setoples Rp 200 Ribu Kena Komplain, Begini Penjelasan dari Aisyahrani

"Nah kami sudah membuat percobaan sekolah selama 13 tahun ini. Sekolah seminggu hanya tiga kali. Per hari hanya tiga jam. Tapi lulusannya yang masuk Kedokteran ada di UI, Gajah Mada, dan Undip. Kemudian USU dan Unhas. ITB IPB ada," kata Kak Seto di Mapolres Metro Jakarta Utara, Rabu (4/12/2019).

Kak Seto datang ke Polres Metro Jakarta Utara saat memberi pandangannya terkait tawuran maut di Sunter.

Adapun, polisi menetapkan tiga tersangka baru terkait tawuran yang berujung tewasnya Herly Suprapto (27) di Jalan Sunter Kangkungan, Sunter Jaya, Tanjung Priok.

Terkait usulannya memotong jam pelajaran sekolah, Kak Seto menilai anak-anak tak hanya berprestasi di bidang akademis.

Baca Juga: Tanda Tangan Petisi Setop Izin FPI Tembus Lebih dari 200 Ribu Orang!

Siswa-siswa binaannya di sekolah tersebut juga banyak yang jadi pengusaha hingga atlet yang sudah berlaga di kancah Internasional.

"Ada yang tuna rungu, putranya Mbak Dewi Yull, lulus diundang ratu Elizabeth di London karena mampu memotivasi sesama tuna rungu," ujar Kak Seto.

Sebagai pembanding, Kak Seto juga memiliki sebuah sekolah formal bernama Mutiara Indonesia Internasional yang bekerja sama dengan Universitas Cambridge di Inggris dan telah berjalan sejak 1982.

Dari kedua sekolah tersebut, homeschooling Kak Seto yang kegiatan belajar mengajarnya hanya 3 hari justru menerbitkan lulusan yang lebih memuaskan.

Baca Juga: Viral Foto Lawas Kak Seto Salami 2 Bocah SD: Mereka Rupanya Kini Menjadi Penyanyi Papan Atas Indonesia!

Menurut Kak Seto, hal itu bisa terjadi lantaran anak-anak merasa senang saat bersekolah.

"Begitu tanya, anak-anak senang enggak sekolah di sini?, 'Seneng banget, Pak'. Itu yang penting. Kalau zaman now begitu dengar, anak-anak hari ini guru mau rapat. Horeee bebas dari penjara rasanya," tutur Kak Seto.

Kak Seto menjelaskan, di sekolahnya itu proses belajar mengajar dibangun secara efektif dengan memanfaatkan diskusi antar sesama.

PR yang diberikan pun harus memicu kreativitas si anak.

Baca Juga: Roger Danuarta Unggah Foto Bersama Dimas Seto, Kolom Komentarnya Dibanjiri Warganet

Dengan sedikitnya waktu di sekolah, kata Kak Seto, anak-anak bisa meluangkan waktunya bersama keluarga serta mengembangkan minat dan bakat mereka.

Jadi anak-anak tidak jadi "robot" yang diharuskan menerima setiap pelajaran yang ada tanpa mempertimbangkan bakat terpendam mereka yang beda antara satu dan lainnya.

"Nah ini yang saya harapkan idenya Mas Menteri baru. Pokoknya gaya (kurikulum) milenial," pungkas Kak Seto.(Kompas.com)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya