Jelang Hut OPM, TNI Lacak Keberadaan Sosok yang Paling Bertanggung Jawab dalam Penembakan di Nduga

Jumat, 29 November 2019 | 12:30
Facebook

Suar.ID-Menjelang 1 Desember yang diketahui merupakan hari jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM), aparat keamanan meningkatkan pengamanan di Papua.

Melansir dari Kompas.com, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis langsung turun ke lapangan pada hari Rabu (27/11/2019).

Kedatangan kedua tokoh tersebut diharapkan akan memberikan rasa aman bagi masyarakat di Papua.

Selama di Papua, kedua tokoh direncanakan akan melakukan sejumlah kegiatan hingga 1 Desember.

Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan, pihaknya telah mengetahui keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang pemimpinnya merupakan sosok yang paling bertanggung jawab dalam penembakan di Nduga.

Baca Juga: Bos KKB Papua Iris Murib yang Terkenal Sadis Takluk di Tangan Polisi saat sedang Rencanakan Aksi Besar-Besaran! Inilah Deretan Aksinya yang Mengancam Keutuhan NKRI

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Pengamanan di Papua ditingkatkan

Kompas.com
Kompas.com

Menurut Eko, pihak TNI akan terus mendukung kepolisian dalam upaya menjaga kestabilan keamanan di Papua jelang 1 Desember.

Bahkan empat batalyon yang berada di Jayapura dan Mimika akan menggelar latihan tempur.

Seluruh petugas dalam posisi siap untuk ditempatkan ketika ada gangguan keamanan.

"Ketika nanti situasinya perlu dikerahkan, itu bagaimana komando dari atas," kata Eko.

Baca Juga: Malang Betul Nasib Tukang Ojek Ini, Ditembak Kepalanya oleh KKB Papua dan Belum Melihat Anak Keduanya Sejak Dilahirkan

2. Agenda Panglima TNI dan Kapolri di Papua

Tribun Papua
Tribun Papua

Menurut Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM. Kamal, Kapolri bersama Panglima TNI bakal berada di Papua hingga 1 Desember 2019.

"Panglima dan kapolri ada kegiatan ke Wamena dan Timika, di sana akan ada doa bersama dan kemudian Minggu kembali ke Jayapura," ujar AM. Kamal, di Jayapura, Rabu (27/11/2019).

Sementara itu, kehadiran Panglima TNI dan Kapolri, ia yakini mampu memberi dampak positif bagi masyarakat dan kesiapan aparat keamanan jelang 1 Desember mendatang.

"Di Wamena, Panglima dan Kapolri akan lebih memberi penguatan pada aparat keamanan," ujarnya.

Baca Juga: Tembaki Helikopter hanya demi Tunjukkan Eksistensi Kelompok, Perbuatan Onar Anggota KKB di Pedalaman Papua Layaknya Gengster

3. Polri pastikan jumlah personel cukup di Papua

Antara
Antara

Kepolisian RI (Polri) memastikan bahwa jumlah personelnya mencukupi dalam pengamanan wilayah Papua menjelang ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang diperingati setiap 1 Desember.

"Cukup, cukup," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai rincian jumlah personel yang dikerahkan, Argo kembali menegaskan bahwa jumlah personelnya mencukupi.

"Cukup, pokoknya cukuplah," tutur dia.

Baca Juga: KKB Papua Kembali Bikin Ulah, 1 Anggota Polri Ditemukan Sudah Tak Bernyawa 1 Lagi Selamat Setelah Sembunyi di Semak-semak

4. Jelang HUT OPM, TNI lacak keberadaan Egianus Kogoya

Kompas.com
Kompas.com

Sosok Egianus Kogoya (dilingkari) yang dianggap oleh TNI/Polri sebagai orang yang paling bertanggungjawab terhadap berbagai aksi penembakan di Kabupaten Nduga, Papua.

Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan, pihaknya telah mengetahui keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

"Kita sudah tahu," kata Eko, di Jayapura, Rabu (27/11/2019).

Eko menjelaskan, pekan lalu, kelompok Egianus diketahui berada di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, untuk menghadiri acara kedukaan.

Setelahnya aparat terus memantau pergerakan kelompok tersebut untuk mempersempit ruang gerak mereka.

Eko mengklaim bahwa pihaknya telah mengetahui jalur-jalur tradisional yang biasa digunakan kelompok Egianus.

"Untuk pengejaran tetap sifatnya dengan kepolisian. Kita sudah mapping dimana kerawanan arah gerakan dari kelompok yang dimungkinkan akan melakukan aksi ataupun tindakan," ujar dia.

(Michael Hangga Wismabrata/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul4 Fakta Jelang HUT OPM di Papua, Egianus Kogoya Terlacak hingga Kunjungan Kapolri dan Panglima TNI

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya