Mantan Presiden Amerika Serikat yang Pernah tinggal di Jakarta Ini Undang 18 Pemuda Indonesia Ikut Bersamanya, Wah Ada Apa Ya?

Sabtu, 23 November 2019 | 21:00
Martin Bureau

Suar.ID -Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengundang 18 pemuda asal Indonesia untuk dididik menjadi calon pemimpin.

Mereka terpilih untuk masuk dalam Obama Foundation Leaders: Asia-Pacific, komunitas global lintas sektor yang terdiri dari 200 pemimpin muda dari 33 negara.

Para perwakilan Obama Leaders dari Indonesia akan bergabung dengan peserta dari negara lain dari seluruh penjuruAsia Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia pada 10-14 Desember 2019 mendatang.

Melansir dari CNN,pertemuan tersebut akan mengawali program kepemimpinan yang berlangsung selama satu tahun.

Baca Juga: Seolah Ejek Donald Trump, Angela Merkel Beri Sambutan Hangat ke Barack Obama

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Barack Obama dan Michelle Obama itu akan diisi workshop peningkatan keterampilan, pelatihan pengembangan kepemimpinan, sekaligus peluang untuk saling menjalin hubungan dan berjejaring.

Mereka juga akan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan ke dalam berbagai skenario dengan menggunakan pendekatan kreatif yang berbasis nilai dalam memecahkan masalah. Juga terlibat dalam kegiatan pelayanan masyarakat.

Para pemuda itu akan mendapatkan masukan dan bekal tentang berbagai topik seperti kemajuan dan peluang di wilayah Asia-Pasifik.

Usai pertemuan itu mereka akan meneruskan pembelajaran jarak jauh secara online selama satu tahun melalui webinar (seminar online) dan serangkaian kuliah virtual.

Baca Juga: Ira Koesno yang Masih Melajang di Usia 49 Tahun: ‘Saya Pilih Kangmas Obama…!’

Salah seorang Obama Leaders dari Indonesia, Jerry Winata, mengatakan, lebih dari setengah populasi dunia menetap di Asia dan Pasifik.

Karena itulah, kawasan ini menjadi sangat penting secara politis, ekonomis, dan lingkungan.

Itu sebabnya, setiap perubahan dan dinamika yang terjadi di kawasan Asia Pasifik akan turut memengaruhi situasi global.

Menurut Jerry, kebanyakan negara di kawasan Asia Pasifik termasuk negara berkembang yang menghadapi dilema orientasi pembangunan antara pertumbuhan ekonomi versus perlindungan lingkungan hidup.

"Saya sangat bersemangat untuk menjalin hubungan dengan 200 pemimpin muda dari wilayah Asia-Pasifik untuk mencari jalan yang lebih terang untuk pembangunan berkelanjutan," ujar pria yang telah lama berkecimpung di ranah pembangunan itu.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : CNN

Baca Lainnya