Patut Bangga! Inilah 5 Tempat Wisata Halal di Indonesia yang telah Diakui Terbaik di Dunia

Minggu, 29 September 2019 | 20:00
Kompas.com

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Suar.ID -Wisata halal di Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Baru-baru ini sajaIndonesia menorehkan prestasi di level internasional dengan diraihnya peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019.

Setelah lima tahun berfokus pada pengembangan pariwisata halal, Indonesia akhirnya mampu menunjukkan potensinya sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Pada 2019, akhirnya Indonesia menduduki peringkat pertama wisata halal dunia versi GMTI 2019, bersanding dengan Malaysia.

Baca Juga: Sempat Jadi Tren Wisata, Begini Rahasia Sang Pawang Bikin Trik Foto Selfie Bersama Monyet di Monkey Forest Ubud

Wisata halal Indonesia merupakan programutama Kementerian Pariwisata yangtelah dikerjakan cukup lama.

Indonesia pun berhasil mengungguli berbagai negara besar lainnya, seperti Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, dan Brunei Darussalam, yang berturut-turut menempati posisi di bawah Indonesia dan Malaysia.

Guna mendorong percepatan pengembangan destinasi pariwisata halal nasional berstandar global, Kementerian Pariwisata juga menyelenggarakan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) pada tahun 2018 dan 2019.

Mengutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan berbagai sumber lainnya, Jumat (27/9/2019), penilaian IMTI ini dilakukan langsung oleh CrescentRating-Mastercard yang bekerjasama dengan Indonesia.

Baca Juga: Lucinta Luna Kembali Berulah, Setelah Bikin Raffi Ahmad Jengkel, Kini Giliran Bopak Castello yang Dibikin Pingsan! Ternyata Ini yang Terjadi

Penilaian IMTI dilakukan menggunakan empat indikator utama yang telah ditetapkan oleh GMTI yakni: accessibility (aksesibilitas), communication (komunikasi), environment (lingkungan) dan service (layanan).

Hasil penilaian dari empat aspek utama tersebut secara otomatis akan menentukan destinasi wisata halal Indonesia sebagai prioritas.

Yang memasuki peringkat 5 besar destinasi wisata halal prioritas Indonesia 2019 secara berturut-turut diraih oleh Lombok (Nusa Tenggara Barat) dengan skor 70, Aceh dengan skor 66, Riau dan Kepulauan Riau dengan skor 63, DKI Jakarta dengan skor 59, serta Sumatera Barat dengan skor 59.

5. Sumatera Barat

Kompas.com
Kompas.com

Pantai Air Manis di Padang, Suamtera Barat.

Wisata halal Indonesia di Sumatera Barat menempati posisi kelima dalam destinasi halal terbaik di Indonesia.

Dengan menawarkan keunikan budaya dan juga wisata alam yang beragam, tentunya tidak mengherankan menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

Baca Juga: Kejam! Gara-gara Karyawannya Tak Penuhi Target Pekerjaan, Bos Studio Foto Ini Hukum Mereka Telan Telur Mentah hingga Muntah-muntah

4. DKI Jakarta

Kompas.com
Kompas.com

Kompleks Museum Fatahillah, Jakarta.

Ibukota Indonesia, DKI Jakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata halal Indonesia terfavorit dengan menempati posisi keempat.

Fasilitas yang memadai menjadi salah satu keunggulan dari Jakarta.

3. Riau dan Kepulauan Riau

Kompas.com
Kompas.com

Istana Siak Sri Indrapura di Pekanbaru, Riau.

Wisata halal Indonesia selanjutnya adalah Riau dan Kepulauan Riau.

Menempati posisi ketiga sebagai destinasi halal prioritas Indonesia, Riau dan Kepulauan Riau menawarkan berbagai keindahan dengan pulau-pulau dan budayanya.

Baca Juga: Terbongkar Sisi Lain Bebby Fey yang Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Pernah Nikah Muda dan Kini Sudah Menjanda Selama 8 Tahun

2. Aceh

Kompas.com
Kompas.com

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Bukan hal yang mengherankan ketikamendengar Aceh sebagai salah satu wisata halal Indonesia terbaik.

Destinasi wisata seperti Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, dan berbagai pantai cantik di Aceh menjadi bukti bahwa Aceh memang layak disebut sebagai salah satu wisata halal terbaik di dunia.

1. Lombok

Kompas.com
Kompas.com

Panorama Pantai Kuta, kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Wisata halal terbaik di Indonesia didapatkan oleh Lombok.

Banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan keindahan yang ditawarkan oleh Lombok.

Dengan berbagai penilaian yang dilakukan, yaitu melihat dari aspek aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, hingga layanan, Lombok berhasil menjadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Ario Kiswinar yang Kini Jadi CEO hingga Pesan Menyentuh Anggota TNI yang Pilih Pensiun Dini

Di luar peringkat 5 besar tersebut,Wisata halal Indonesia ini diikuti oleh berbagai daerah lainnya seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) yang tentunya tidak kalahkualitasnya dengan wisata halal lainnya.

Jadi, kaliantidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati destinasi wisata yang diakui oleh dunia.

Karena Indonesiatelah dinobatkan sebagai destinasi wisata halal nomor 1 di dunia dengan berbagai wilayah yang memiliki beragam budaya, keindahan alam, danjuga fasilitas yang akan membuat para wisatawan merasa nyaman dan dimanjakan.(Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Kompas.com, Kementerian Pariwisata

Baca Lainnya