Sosok Pengumpul Dana untuk Aksi Demo Dibebaskan, Ananda Badudu Beri Kesaksian Memilukan Soal Mahasiswa yang Ditangkap

Jumat, 27 September 2019 | 14:37
Kolase instagram/anandabadudu

Sosok Pengumpul Dana untuk Aksi Demo Dibebaskan, Ananda Badudu Beri Kesaksian Memilukan Soal Mahasiswa yang Ditangkap

Suar.ID -Sejak Senin (23/9/2019), mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia melakukan aksi demontrasi turun ke jalanan.

Para mahasiswa menyuarakan aspirasinya menolak sejumlah rancangan RKUHP dan UU KPK hasil revisi, RUU Permasyarakatan dan RUU lainnya yang dinilai kontroversial.

Bahkan aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR RI berlangsung hingga Selasa (24/9/2019) dan Rabu (25/9/2019).

Diberitakan GridPop.ID sebelumnya, rupanya dibalik aksi mahasiswa di DPR pada 23 - 24 September 2019 tersebut, ada sosok Ananda Badudu, yang menjadi pengumpul dana ratusan juta untuk mendukung aksi tersebut.

Baca Juga: Waduh, Eks Vokalis Banda Neira Diciduk Polisi! Ternyata karena Diduga Melakukan Hal Ini

Berdasarkan pantauan pada pukul 14.00 WIB Selasa (24/9/2019), donasi yang dikumpulkan telah mencapai Rp157.491.520 dari target dana Rp50 juta

Lewat situs tersebut, Ananda Badudu turut menuliskan bagi masyarakat untuk berkontribusi melalui donasi dana yang akan digunakan untuk makanan, minuman, dan sound system mobile (mobil/gerobak komando).

Tak hanya itu, Ananda Badudu juga menuliskan lima tuntutan mahasiswa.

1. Batalkan UU KPK, RUU KUHP, Revisi UU Ketenagakerjaan, UU Sumber Daya Air, RUU Pertanahan, RUU Pertambangan Minerba, UU MD3 serta sahkan RUU PKS, RUU Masyarakat Adat dan RUU Perlindungan Data Pribadi.

2. Batalkan hasil seleksi calon pimpinan KPK

3. Tolak dwifungsi

4. Selesaikan masalah Papua dengan pendekatan kemanusiaan

5. Hentikan Operasi Korporasi yang merampok dan merusak sumber-sumber agraria, menjadi predator bagi kehidupan rakyat. Termasuk mencemari Udara dan Air sebagai Karunia Tuhan Yang Maha Esa. Seperti Halnya Kebakaran Hutan yang saat ini terjadi di Sumatera dan Kalimantan serta Pidanakan semua pihak yang terlibat.

Baca Juga: Tak Rela Anaknya Ikut Demo di Kantornya Sendiri, Seorang Ibu Menangis Minta Anaknya Pulang

Berdasarkan laporan Kompas.com, Ananda Badudu turut mengajak rekan musisi untuk menunjukkan sikap atas permasalahan bangsa sata ini.

Ananda Badudu menilai, beberapa masalah seperti revisi UU KPK dan RKUHP yang dinilai janggal dan tak berpihak pada kepentingan publik.

Untuk itu, Ananda Badudu memutuskan untuk menggalang donasi di Kitabisa.com untuk mendukung aksi mahasiswa di Gedung DPR/MPR.

"Saya juga lewat (situs) Kitabisa ingin mengajak musisi lain untuk bersikap dan urun usaha lah gitu, bersikap dan beraksi," imbuh Ananda Badudu.

Tak hanya menggalang donasi, Ananda Badudu juga turut ikut aksi tersebut.

"Karena bikin lagu doang enggak cukup saat seperti ini," aku Ananda Badudu.

KOMPAS.com/M ZAENUDDIN
KOMPAS.com/M ZAENUDDIN

Viral Momen Haru dalam Aksi Demo Mahasiswa, Dari Makan Sebungkus Berdua Sampai Ditraktir Es Kucir oleh TNI

Namun kini, Ananda Badudu dikabarkan ditangkap aparat Polda Metro Jaya, Jumat (27/9/2019) pagi.

Dikutip dari Kompas.com, hal tersebut dibenarkan Wakil Koordinator Kontras Feri Kusuma, kolega yang melakukan pendampingan terhadap Ananda ketika penangkapan.

Baca Juga: Cuek Disebut Pencitraan, Setelah Aksi Bagi-bagi Nasi Kotak, Awkarin Ajak 'Mulung Bareng' Sampah Sisa Demo, Banjir Pujian

"Iya (Ananda Badudu ditangkap, ini lagi (di) Resmob," kata Feri ketika dihubungi, Jumat pagi.

Feri mengatakan, penangkapan Ananda terkait uang yang dihimpun Ananda melalui media sosialnya dan disalurkan untuk demonstrasi mahasiswa penentang RKUHP dan UU KPK hasil revisi di depan Gedung DPR/MPR, Selasa (24/9/2019) dan RAbu (25/9/2019).

Ananda diketahui menginisiasi penggalangan dana publik untuk mendukung gerakan mahasiswa melalui situs crowdfunding, kitabisa.com.

Kendati demikian, Feri mengatakan bahwa pihaknya sedang mengecek lebih lanjut mengenai dugaan tindak pidana beserta pasal yang disangkakan.

"(Ditangkap karena mentransfer dana ke mahasiswa) itu masih dugaan. Kami belum lihat surat penangkapannya. Ini masih kita cek," tutur dia.

Ananda juga sempat mengunggah informasi mengenai penangkapan dirinya di akun media sosial Twitter.

"Saya dijemput polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa," tulis Ananda di akun Twitternya, @anandabadudu, Jumat.

Awalnya, Ananda Badudu menunjukan sisi dalam ruangannya dan terdengar beberapa orang berbincang di luar.

Selanjutnya, Ananda Badudu bertanya keperluan orang-orang tersebut datang ke tempat tinggalnya pada waktu Jumat subuh.

Beberapa pihak yang akan membawa dirinya berusaha untuk menyuruh Ananda Badudu berhenti merekam kejadian tersebut.

Suasana menjadi tegang, namun Ananda Badudu tetap merekam kejadian di depan tempat tinggalnya itu.

Baca Juga: Viral Kisah Haru Seorang Polisi Bayari Denda Tilang Pelanggar karena Alasan Ini

kolase Insta Story instagram.com/anandabadudu
kolase Insta Story instagram.com/anandabadudu

Detik-detik Ananda Badudu dijemput polisi

Pada unggahan lainnya, terlihat seorang petugas menunjukan kartu identitasnya dan menunjukan surat penangkapan.

Ia terlihat memperjelas surat tugas yang dibawanya tertulis Ananda Badudu.

Di sisi lain, terlihat petugas yang lain tetap berupaya agar Ananda Badudu berhenti merekam penangkapan tersebut.

kolase Insta Story instagram.com/anandabadudu
kolase Insta Story instagram.com/anandabadudu

Detik-detik Ananda Badudu dijemput polisi

Dikutip dari Kompas.com, Ananda Badudu telah dipulangkan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Ananda hanya diperiksa sebagai saksi tentang aliran dana kepada mahasiswa yang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI pada Selasa (24/9/2019) dan Rabu lalu.

Ananda keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat pukul 10.17 WIB. Saat keluar, Ananda mengatakan pembebasan dirinya merupakan bentuk jaminan hukum yang hanya dapat dinikmati segelintir orang.

Ananda mengenakan pakaian putih bertuliskan "Are You HeforShe?".

Baca Juga: Awet Berumah Tangga dengan Hotman Paris, Ternyata Begini Cara Agustianne Marbun Hadapi Suaminya Saat Ketahuan Main Serong dengan Artis Senior

"Saya salah satu orang yang beruntung punya privilege untuk bisa segera dibebaskan. Tapi di dalam saya lihat banyak sekali mahasiswa yang diproses tanpa pendampingam, diproses dengan cara-cara tidak etis. Mereka butuh pertolongan lebih dari saya," ujar Ananda sambil menahan tangis.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sebelumnya mengatakan, musisi dan eks wartawan itu, diperiksa sebagai saksi aliran dana kepada mahasiswa yang menggelar aksi demo di depan Gedung DPR RI.

"Diklarifikasi sebagai saksi," kata Argo saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat. (Veronica Sri Wahyu Wardiningsih)

Artikel ini telah tayang di GridPop dengan judul Dibebaskan Usai Dibekuk Polisi, Ananda Badudu Beri Kesaksian Memilukan: 'Saya Salah Satu Orang yang Beruntung Punya Privilege untuk Bisa Segera Dibebaskan, tapi...'

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : GridPop

Baca Lainnya